Thursday, April 24, 2014

Menghilangkan bunyi decit di CVT

Sering kali pengguna motor matic dijengkelan dengant bunyi decit di area CVT , terutama pada saat tarikan gas awal atau pada saat motor mulai berakselerasi, apa sih penyebab bunyi decit tersebut, apa ada tikus di dalem cvt jadi keluar bunyi decit, ciit citt citt,,, hehehehe.. tentu saja bukan, bunyi decit ini di akibatkan karena bagian Secondary shave kotor, atau tepatnya berasal di bagian rumah kopling ganda ( mangkok ganda/mangkok kopling ).  hal ini terjadi karena CVT  sering di pake kerja keras / beban berat sehingga mengakibatkan panas yang berlebih di dalam CVT akibatnya bagaian kampas kopling menjadi licin bakan bisa sampai gosong, dan mangkok berubah warna jadi kebiru-biruan/pelangi  bahkan bisa jika di biarkan bisa membuat rumah kopling menjadi peyang dan pastinya membuat tarikan motor menjadi kurang greget lagi.


Seperti yang pernah saya ulas di postingan sebelumnya yang membahas bongkar-cvt-x-ride-sendiri dan menghilangkan-greteg-tarikan-awal-x-ride, pembersihan bagian CVT ini harus rutin di lakukan Standarnya setiap 6ribu kilometer, tapi lain soal kalau motor yang kita gunakan sering di gunakan untuk perjalan jauh/touring maka pembersihan atau bahkan sering di gunakan untuk offroad makan beban yang diterima cvt lebih berat sehingga kita harus rutin lagi membersihkan bagian tersebut, agar performa motor kesayangan kita tetap terjaga. 

Lalu bagaimana cara mengatasinya???

Gampang saja, jika ingin membersihkan sendiri yukk.. ikuti langkah-langkahnya :
Persiapan awal : 
  1. Sediakan Kunci-kunci , T8, T10, kunci Shok 14mm untuk buka mur dibagian secondary shave
  2. Tracker CVT (untuk tracker CVT bisa di beli di toko perkakas otomotif , klo ane bikin sendiri penamapakannya liat dibawah yah) Amplas halus, atau sikat kawat (buat bersihin kampas otomatis)
  3. Lap dan Alkohol (buat bersihin Mangkok Kopling) 
Langkah Kerja : 
  • untuk proses pengerjaan dimulai dari membongkar blok/crangcase cvt seperti postingan saya sebelumnya di SINI
  • Setelah bagian crangcase terbuka langkah selanjutnya adalah membuka bagian Secondary Shave(Mangkok Kopling ) dengan menggunakan Tracker dan kunci shock 14mm. untuk membuka bagian ini memerlukan extra tenaga, jika dibutuhkan minta bantuan orang lain buat menahan tracker. dan jangan lupa untuk mengunci rem belakang. 


  • Lepaskan mur dan Spacer

 
Kampas kompling yang bagian nya sudah licin 

  • Bersihkan bagian Kampas Kopling ini menggunakan sikat kawat yang halus, hingga bagain kampas kopling yang mengkilap ini terasa kasar.   



  • Bersihkan Mangkok kopling menggunakan lap dan alkohol agar Residu/debu sisa gesekan kampas dan mangkok hilang. 


  • semua proses selesai silahkan rakit kembali semua komponen yang telah di bongkar tadi dan rasakan perbedaannya, bunyi decit hilang dan tanaga motor kembali seperti sedia kala. 


Biasa dengan melakukan pembersihan bagian Kampas ini sudah bisa menghilangkan bunyi decit tapi ada kalanya bunyi decit ini timbul lagi maka Jika langkah diatas masih tidak membantu menghilangkan bunyi decit berarti  kita  harus mengikuti langkah selanjutnya , kita hanya perlu membeli Lem EPOXI ada banyak pilihan lem exposi di pasaran kalau saya menggunakan Merk Dexton yang lumayan muarah bisa di tebus dengan harga 10rb rupiah. 

untuk langkah langkahnya sebagi berikut:
  1. Campurkan kedua bagain jika ingin cepat kering maka campuran Hardener harus lebih banyak.
  2. Setelah lem epoxy tercampur ambil mangkok kopling dan tutup rongga dengan lem epoxy yang ada di bagian pinggir/ dalam dari mangkok cvt , seperti gambar di bawah 
  3. Setelah semua rongga tertutup tunggu kira-kira 5 menit sampai 10 menit agar lem Epoxy nya mengering.
  4. Jika sudah mengering tinggal pasang lagi mangkok CVT . 
Cara ini sudah pernah saya coba juga di mio dan hasilnya cukup memuaskan untuk menghilangkan bunyi decit di CVT, dan menghemat uang tentunya dari pada kita harus membeli part mangkok kopling X-ride yang di jual sekitar 90ribuan. Semoga tips kali ini berguna dan bisa mermanfaat. 



2 comments:

  1. Bro kalau di cvt ny kya gesekan besi dari apa ny ya?

    ReplyDelete
  2. Misi om..x ride ane setelah mesin nyala ban belakang lgsg muter..dan kasar banget suaranya..trus ane coba jalan malah slip ga mau jalan...mohon solusinya om

    ReplyDelete