Dan untuk kesekeian kali nya saya akan membahas tentang rembesan oli di cvt, ini udah lama tapi foto fotonya baru ketemu jadinya baru sempet di bikin karena masalahnya dulu udah satu paket , krena lupa dan lupa jadinya baru bisa di update sekarang,heheheh gapapa kan, ya gapapa lah yang penting bisa berguna postingannya bagi semua x-ride semua, tp sebelumnya silahkan cek lagi postingan saya sebelumnya .
udah kaya film aja ada Part 1 Part 2 nya ya sobat,hahaha, ini semua karena ga semua terjadi satu waktu bgt kajadian baru di bikin tutorialnya, dan ini bagian akhirnya, lalu apa bedanya dengan postingan yang sebelumnya??? nah untuk postingan kali ni yang kita ganti adalah O ring nya sobat, yang da di cover crangecasenya, komponen ini termasuk awet sih ga kaya seal oli yang sering minta ganti, cuman kalau sobat xride masih mengalami maslaah rembesan oli maka salah satu caranya adalah dengan mengganti komponen ini juga, kaya gimana sih bentuknya nih tak kasih liat
O ring yang sudah rusak bisa di liat dari bentuknya tuh udah rada gepeng dan karetnya udah mengeras jadi daya tahannya udah menurun sehingga menyebabkan oli remebes. susah klo diceritain klo diliatin langsung mah keliatan bedanya sama yang masih baru, nah klo punya saya ini sih bermasalah karena pernah ke keringan Oli, "kalau pembaca setia pasti tau kejadiannya kapan, masih satu set ceritanya sama yang kamaren ko" jadi intinya karena kekeringan oli banyak masalah yang di timbulkan dan banyak part2 yang minta di ganti .
nah buat yang mau ganti sendiri saya kasih sedikit Tutorialnya dan silahkan persiapkan peralatan tempur dan komponen penggantinya !!!
yang
harus di persiapkan pertama kali adalah komponen penggantinya yaitu
O Ring Cover Crangcase dan Seal Oli Kruk as yang bisa di beli dengan Harga dibawah sepuluh ribuan, (buat seal oli memang gampang dicari cuman untuk Oring kemungkinan harus inden disebagian dealer), lalu jangan lupa
beli juga Oli mesin karena kapasitas Oli mesin sudah pasti berkurang,
dan yang tidak boleh di lupakan adalah persipakan juga Kunci-kunci untuk
membongkar CVT dan carian pembersih, kalau saya lebih senang
menggunakan carian yang biasa di gunakan untuk membersihkan Injector
karena tinggal semprot dan sisa-sisa Oli langsung rontok.
Untuk Kunci - kunci yang harus di sediakan sbb:
- T8
- T10
- Kunci Shock 17mm
- Kunci pas 12 mm (Untuk Mengganti Oli)
- Tracker pembuka Pulley ( Jika ada)
- Oben Mins
- Tang
Perlengkapan lainnya :
Langkah Kerja :
yang harus di lakukan pertama kali adalah membongkar CVT seperti yang tutorialnya sudah yang posting DI SINI
yang harus di lakukan pertama kali adalah membongkar CVT seperti yang tutorialnya sudah yang posting DI SINI
Setelah
komonen CVT di bongkar kita Fokuskan pengerjaan ke bagian
crangcase/blok mesin sebelah kiri yang bocor tadi. disini bisa kita
lihat rembesan oli mesin .
Oli rembes di bagian bwah crangcase
Oli yang rembes masuk ke Rumah Roller
Step 1 :
yang
pertama kali harus di lakukan adalah Buka baut block cover crangcase
dengan menggunakan Kunci T 8 ada7 baut di sana, 2 baut panjang dan 5
buat pendek
setelah baut di buka semua tarik secara perlahan cover penutup Cruk as ,
setelah kompnen ini terlepas selanjtnya adalah melepaskna seal oli dengan menggunakan obeng Min
Cover Crangcase/ penutup Kruk As
Bagian luar Seal Oli yang sudah Jelek
Bagian luar Seal Oli yang sudah Jelek
Untuk Membuka Seal Oli ini bisa menggunakan Obeng Minus atau di tekan pun bisa karena kompnen ini tidak terlalu susah untuk membukanya
Selanjutnya jika Seal Oli sudah terlepas dari bagain Cover Crangcase Kruk as, Lap dengan kain bersih bagian Lubangnya agar sisa Oli yang rembes Hilang dan tidak menimbulkan efek yang serupa (Bocor Dikemudian Hari) ,
Kana Sela oli baru , Kiri Seal Oli lama
Jika
Seal Oli sudah di lepas , selanjutnya tinggal pasang O ring dan seal Oli yang baru
Cukup Menekan dan ratakan dengan Lubang yang ada di Cover Kruk as, pada
pengerjaan ini tidak perlu menggunakan alat bantu cukup ratakan dengan
tangan saja.
Seal Oli baru sudah terpasang
O Ring Lama
Langkah
Selanjutnya adalah melepas PIN yang menempel di as Kruk as agar
mempermudah pemasangan Cover Crangcase yang sudah di ganti Seal Oli nya,
caranay gamapang ko cukup tarik saja pake tangan, jangan lupa setelah
terlepas lap juga bagian pin ini dengan kain bersih.
Pin As Kruk as
Setelah terlepas kemudian pasang PIN ditengah tengah Seal Oli yang sudah di pasang tadi
Setelah PIN terpasang, selanjutnya pasang kembali COver Crangcase Kruk as ke posisi semula ,
Jangan lupa Lap Sisa sisa Oli yang berada di Carangcase CVT untuk mengindari Oli nyiprat ke pulley
Lalu pasang baut nya lagi , Ingat Posisis Baut yang panjang di taruh di bagian kiri paling atas dan bagian bawah paling kanan .
Jangan lupa Juga Untuk Membersihkan Komponen Pulley Rumah Roller dengan menggunakan kain bersih dan Alkohol untuk Menghilangkan Sisa sisa Oli yang masuk ke area ini .
Setelah
baut Cover Crangcase di pasang dan Pulley di bersihkan lalu rakit
kembali CVT , Jangan lupa untuk mengganti Oli karena sebelumnya Oli
mesin sudah di keluarkan . Kenapa harus ganti Oli??? karena biasanya klo udah rembes maka kapasitas oli akan berkurang jadi sangat di saran sekalian diganti olinya agar tidak ada kejadian yang tidak di inginkan dikemudian hari.