Thursday, January 25, 2018

MENGATASI REMBESAN OLI DIBELAKANG PULLEY /CVT PART 3

Dan untuk kesekeian kali nya saya akan membahas tentang rembesan oli di cvt, ini udah lama tapi foto fotonya baru ketemu jadinya baru sempet di bikin karena masalahnya dulu udah satu paket , krena lupa dan lupa jadinya baru bisa di update sekarang,heheheh gapapa kan, ya gapapa lah yang penting bisa berguna postingannya bagi semua x-ride semua, tp sebelumnya silahkan cek lagi postingan saya sebelumnya .


udah kaya film aja ada Part 1 Part 2 nya ya sobat,hahaha, ini semua karena ga semua terjadi satu waktu bgt kajadian baru di bikin tutorialnya, dan ini bagian akhirnya, lalu apa bedanya dengan postingan yang sebelumnya??? nah untuk postingan kali ni yang kita ganti adalah O ring nya sobat, yang da di cover crangecasenya, komponen ini termasuk awet sih ga kaya seal oli yang sering minta ganti, cuman kalau sobat xride masih mengalami maslaah rembesan oli maka salah satu caranya adalah dengan mengganti komponen ini juga, kaya gimana sih bentuknya nih tak kasih liat 


O ring yang sudah rusak bisa di liat dari bentuknya tuh udah rada gepeng dan karetnya udah mengeras jadi daya tahannya udah menurun sehingga menyebabkan oli remebes. susah klo diceritain klo diliatin langsung mah keliatan bedanya sama yang masih baru, nah klo punya saya ini sih bermasalah karena pernah ke keringan Oli, "kalau pembaca setia pasti tau kejadiannya kapan, masih satu set ceritanya sama yang kamaren ko" jadi intinya karena kekeringan oli banyak masalah yang di timbulkan dan banyak part2 yang minta di ganti .



nah buat yang mau ganti sendiri saya kasih sedikit Tutorialnya dan silahkan persiapkan peralatan tempur dan komponen penggantinya !!!

yang harus di persiapkan pertama kali adalah komponen penggantinya yaitu O Ring Cover Crangcase dan Seal Oli Kruk as yang bisa di beli dengan Harga dibawah sepuluh ribuan, (buat seal oli memang gampang dicari cuman untuk Oring kemungkinan harus inden disebagian dealer), lalu jangan lupa beli juga Oli mesin karena kapasitas Oli mesin sudah pasti berkurang, dan yang tidak boleh di lupakan adalah persipakan juga Kunci-kunci untuk membongkar CVT dan carian pembersih, kalau saya lebih senang menggunakan carian yang biasa di gunakan untuk membersihkan Injector karena tinggal semprot dan sisa-sisa Oli langsung rontok. 

Untuk Kunci - kunci yang harus di sediakan sbb:

  • T8
  • T10
  • Kunci Shock 17mm 
  • Kunci pas 12 mm (Untuk Mengganti Oli)
  • Tracker pembuka Pulley ( Jika ada)
  • Oben Mins 
  • Tang
Perlengkapan lainnya :
  • Lap bersih (Untuk Membersihkan Sisa Oli)
  • Contact Cleaner / cairan pembersih lainnya
  • Oli Mesin (jika kapasistas Oli mesin Berkurang lakukan penggantian Oli)
  • dan yang paling penting adalah O ring dan Seal Oli yang mau di ganti 

Langkah Kerja :
yang harus di lakukan pertama kali adalah membongkar CVT seperti yang tutorialnya sudah yang posting DI SINI

Setelah komonen CVT di bongkar kita Fokuskan pengerjaan ke bagian crangcase/blok mesin sebelah kiri yang bocor tadi. disini bisa kita lihat rembesan oli mesin .


Oli rembes di bagian bwah crangcase
Oli yang rembes masuk ke Rumah Roller 

Step 1 : 
yang pertama kali harus di lakukan adalah  Buka baut block cover crangcase dengan menggunakan Kunci T 8 ada7  baut di sana, 2 baut panjang dan 5 buat pendek 


setelah baut di buka semua tarik secara perlahan cover penutup Cruk as , 
setelah kompnen ini terlepas selanjtnya adalah melepaskna seal oli dengan menggunakan obeng Min





Cover Crangcase/ penutup Kruk As 

Bagian luar Seal Oli yang sudah Jelek 
Bagian luar Seal Oli yang sudah Jelek 

Untuk Membuka Seal Oli ini bisa menggunakan Obeng Minus atau di tekan pun bisa karena kompnen ini tidak terlalu susah untuk membukanya

Selanjutnya jika Seal Oli sudah terlepas dari bagain Cover Crangcase Kruk as, Lap dengan kain bersih bagian Lubangnya agar sisa Oli yang rembes Hilang dan tidak menimbulkan efek yang serupa (Bocor Dikemudian Hari) ,


Kana Sela oli baru , Kiri Seal Oli lama 

Jika Seal Oli sudah di lepas , selanjutnya tinggal pasang O ring dan seal Oli yang baru Cukup Menekan dan ratakan dengan Lubang yang ada di Cover Kruk as, pada pengerjaan ini tidak perlu menggunakan alat bantu cukup ratakan dengan tangan saja. 

Seal Oli baru sudah terpasang
 O Ring Lama

 Mumpung lagi di buka sekalian Kuras Oli mesin

Langkah Selanjutnya adalah melepas PIN yang menempel di as Kruk as agar mempermudah pemasangan Cover Crangcase yang sudah di ganti Seal Oli nya, caranay gamapang ko cukup tarik saja pake tangan, jangan lupa setelah terlepas lap juga bagian pin ini dengan kain bersih.


Pin As Kruk as 

 Setelah terlepas kemudian pasang PIN ditengah tengah Seal Oli yang sudah di pasang tadi


 Setelah PIN terpasang, selanjutnya pasang kembali COver Crangcase Kruk as ke posisi semula ,

Jangan lupa Lap Sisa sisa Oli yang berada di Carangcase CVT untuk mengindari Oli nyiprat ke pulley 

Lalu  pasang baut nya lagi , Ingat Posisis Baut yang panjang di taruh di bagian kiri paling atas dan bagian bawah paling kanan .
Jangan lupa Juga Untuk Membersihkan Komponen Pulley Rumah Roller dengan menggunakan kain bersih dan Alkohol untuk Menghilangkan Sisa sisa Oli yang masuk ke area ini .




Setelah baut Cover Crangcase di pasang dan Pulley di bersihkan lalu rakit kembali CVT , Jangan lupa untuk mengganti Oli karena sebelumnya Oli mesin sudah di keluarkan . Kenapa harus ganti Oli??? karena biasanya klo udah rembes maka kapasitas oli akan berkurang jadi sangat di saran sekalian diganti olinya agar tidak ada kejadian yang tidak di inginkan dikemudian hari.