Tuesday, December 22, 2015

Bore Up X-ride 150 cc By:TMC

nah ini dia postingan yang di tunggu tunggu, kali ini saya akan membahas tentang Bore UP X-ride dari standar menjadi 150cc, ya walaupun mungkin kebilang telat juga nyicipin Bore Up, tapi ga da salahnya nih dijadiin Reverensi buat yang lain yang pengen ningkatin performa motornya..

intro:
ya selama ini untuk meningkatkan performa motor saya hanya berexperiment di area cvt aja namun ternyata peningkatan performa motor cuma segitu gitu aja alias engga terlalu banyak bantu, dan sudah banyak juga dana yang di habiskan buat nyari tarikan yang enak di motor, walaupun teman teman lain udah nyarain buat bore up dari dulu namun karena keterbatasan dana dan karena ga sabaran akhirnya banyak duit terbuang tapi performa motor ga terlalu berubah. ya akhirnya saya pun punya kesempatan buat Buat Bore up.

Dan Paket bore up yang di pilih saya yaitu dari TMC  saya Pilih paket bore up ini karena selain murah paket bore pup dari TMC ini menggunakan part genuine alias blok asli x-ride , ada alasan kenap aga milih paket bore up dari Kawahara atau CLD , beberapa pengalaman dari teman yang udah pake katanya klo nanti over size bakal susah nyari seher, dan klo mau over size lagi bloknya semakin tipis jadi rentan oleh karen itu saya pilih paketan ini. nah buat isi paketanya like this :



Bore up kit 58 by TMC :
- Blok piston set+seher sonic (630k) (packing bawah+packing atas)
- cld c2 265* + bearing (355k)
- per klep noname (150k)
- injector kawahara 6hole/lubang (350k)


Untuk Pemasangan langsung di tangani sama yang mpunya TMC nya Bro Rhendy . dan suatu keberuntungan juga pas hari itu dateng juga bro Lele Balap jadi motor sekalian tuh di porting Polish .


 Tahap pengerjaan di akukan denga membuka semua body x-ride biar gampang buka tuh blok mesinnya

TB dan Head dilepas, hati hati klo mau ngerjain sendiri harus nunggu mesin dingin dulu ya, hahaha .

nah ini foto foto mesin yang udah di bongkar, masih banyak kerak di head dan siap di bersihin sekalugus di porting pholis sm Bro Lele Balap.





 Setelah proses pembongkaran seluruh bagian mesin, ya sesi selanjutnya adalah Porting Polish sekalian bersihin kubah di head yang sudah mengerak oleh bro Lele Balap



  

bisa di lihat di foto di atas bagain dari intake sama pembungan  udah di portpol tampak bagian nya lebih halus selain di Portpol di head, 


untuk Kelp dialusin pinggangnya atau istilah kerennya itu  Back cut valve  untuk meringankan Klep dengan tujuan agar buka tutup Klep menjadi ringan sehingga terhindar dari Floating/kelp telat ngebalik. dan keuntungnya dengan melakukan ubaha ini membuat bukaan gas masuk dan keluar semakin lancar dan tentunya ga bikin kelp Floating/telat balik dan keuntungan lainnya karena klep sudah lebih ringan maka ga perlu lagi per klep yang lebi keras otomatis putarankem akan lebih ringan dan engga lagi membebani putaran mesin secara signifikan. dan untuk memperlancar klep ga lupa juga di skir klep. 


Bisa dilihat hasilnya mengkilap semua.... 





 selanjutnya pemasangan Piston/Seher untuk ukuran Seher yang digunakan yaiutu ukuran 58 menggunakan seher honda Sonic dan dengan ukuran seher ini di dapatkan  kapasitas mesin 152cc, dibuletin jd 150cc, wow...!!!



 Blok silinder sudah terapasang senlajutnya pemasanga head dan semua komponen.. selesai..

setelah semua komponen di pasang kembali terus selanjutnya adalah mengetes mesin , begitu di starter untuk pertama kalinya terasa sekali perubahan di suara mesin , pun demikian di suara knalpot teras lebih padat beda dengan sebelumnya. dan begitu tes ride di sekitaran komplek rumah kang rendi widihh, ga udah ga perlu lagi betok dalem dalem dikit aja motor udah mau ngacir. cuman motor belum di paksain buat lewat 40kpj pas tes awal, ngeri motor masih baru, tapi begitu ketemu polisi tidur coba deh narik gas dikit, eh si motor mau loncat lagi.

nah karena waktu udah sore setelah selesai melakukan "transaksi" alias bayar Paketan Bore UP dan jasa pasang plus Porting Polish saya pun pamit pulang, perjalanan dari Cikarangan menuju Cempaka putih, di jalan ga berani betot betot gas masih ngeri selam perjalanan maksimal cuma 60kpj itu puntarikan gas cuma dikit belum sampe setengah, pengen sih nyusul nyusul orang tp masih tau diri motor harus reyen dulu karena udah beda kapasitas mesinya mesti penyesuaian dulu,hehehe.

Review awal .

setelah motor di bore up saya pun ke esokan harinya coba ajak jalan jalan keliling jakarta lewatin kebon jeruk dan lain sebagainya buat sekalian nayri bengkel resmi karena mau seting CO, dan akhirnya ketemu juga tuh bengkel resmi CO motor pun di seting ke 20+ , selesai di services mekanik langsung nanya motornya udah ubah cc ya, di ubah berapa, noken as ganti.bla bla bla. ya saya jawab aja jadi 150cc. anehnya ko bisa tau padahal saya ga bilang itu motor udah di BU, mungkin pas tes awal kerasa kali beda motor lebih nyentak...

nah terus timbul pertanyaan pakah motor BU itu Boros jawabnya engga

KONSUMSI bahanbakar. setelah melakukan Bore UP konsumsi Bahan bakar motor saya si RX-ROBO terasa lebih irit dari sbelumnya, setelah di bore up klo di hitung hitung itu 40-45km/Literan lah, beda jauh sama waktu masih standaran yang cuman 30-35km/liter aja, ya mungkin karena waktu standaran kemaren konidis motor udah ga sehat, bisa dilihat head sm piston aja ngerak banget, dan kondisi injector aja udah ga bagus,

Terus kenap bisa lebih irit, jawabnya simple karena tenaga motor udah lebih besar , jadi cukup tarik gas sedikit pun motor udah ngacir, beda dengan masih standaran motor mau naek misal 60kpj pasti mantening gas apalagi mau dapet lebi dari 60kpj misal ke 80 kpj sudah pasti gas di maen maenin wal hasil banyak bahan bakat yang terbuang sia-sia tapi tenaga ga dapet, di mesin boreup ga usah lagi maen maen gas buat dapet sgitu, cukup dikit aja gas motor udah ngacir, so ga ada bahan bakar yang terbuang sia sia pembakaran lebih sempurna.

kekurangan motor bore up adalah di getaran, yups ga bisa di pungkiri motor bore up itu bakaln sangar terasa sekali getarannya dari biasanya, pada awalnya motor say pun saaat 20kpj tuh terasa getar banget, setelahtanya sana sini dengan merubah roller yang lebih berat (saya pake 10gr rata) getaran pun mulai hilang dan semakin lama getaran di bawah 20kpj nyari ga ada, dan menurut beberapa mekakin motor bore up itu akan selalu ada getaran beda dengan motor standarna yang sangat minim getaran karena kubikitas mesin sudah besar jadi wajar getaran akan terasa lebih besar dari biasanya, tapi semua itu ga masalah. yah getaranya ga bakal sampe kaya naek bajaj ko.

so buat saya dengan mengeluarkan dana dibawah 2 juta buat bore up paketan ini cukup lumayan , motor jadi irit dan lebih galak,

BUKAN IKLAN YA 
untuk yang berminat dengan paketan bore up ini bisa hubungi aja Bro Rhendy Hubungi yang besangkutan buat sekedar tanya tanya dulu , masalah harga dan lainnya : 
BBM 74E6AE74
WA 08170025051