Saturday, July 8, 2017

GANTI SENSOR O2, TARIKAN MOTOR KEMBALI ENAK

Kembali saya posting tentang Sensor O2 yang telah saya janjikan kemaren, untuk kali ini saya akan membahas hasil dari penggantian sensor O2 dengan yang baru karena sensor saya sebelumnya bermasalah.


nah dari kejadian tersebut tarikan motor bener kerasa kacau banget, wlpn kode errornya ga ada lagi, cek busi putih terus padahal udah di atur tuh setingan CO nya, ganti injector pun sama juga ga ketemu setingan yang pas, sering was was kalau motor di pake jarak jauh ngeri ngeri gimana gitu sampe akhirnya terpaska sementara motor "dirumahkan" dan pake motor lain, Kamen Rider Black a.k.a Aerox 155 VVA, ups tp saya ga bakal bahas tentang Aerox di mari,hahahaha, setalah lama Inden Sensor O2 nya akhirnya ada juga, dan pas pulang ke sukabumi langsung deh ganti,

nah buat ganti sendiri cukup merepotkan karena kita harus buka cover plastik yang menutupi mesin dan karena sempit susah jg buat lepasny. buat melepasnya kita bisa pake kunci pas 17mm. klo ga bisa sendiri mending di bawa kebengkel aja yah... oh iya buat harganya sendiri berkisar 222rb, perlu di ingat juga untuk sparepart ini biasany ga ready stok jd harus inden, dan jangan kaget juga klo misal nanti di kasih kode partnya engga 54P, tapi misal 1SH, sama aja ko , buat sensor O2 yamaha relatif semua sama. saya jg dapet bukan untuk x-ride tapi buat R15 klo ga salah,

Dan Setelah di bongkar Bagian coating ceramicnya (Zirconia Electrlyte)pecah sehingga membuat, protection cube nga melenting keluar, dan membuat pembacaan sensor error. Tegangan yang di hasilkan dr jumlah kandungan oksigen di dalam gas buang error, sehingga proses pembakaran yg sempurna tidak tercapai yg di akibatkan asupan bahan bakar tidak sesuai dengan kebutuhan mesin,
 
 






udah liat kan foto-fotonya di atas rada melenting tuh sensor lamanya, nah untuk penyebabnya sendiri saya tidak tau pasti kenapa bisa begitu mengingat bahan yang digunakan untuk sensor O2 ini mempunyai daya tahan terhadap panas yang cukup tinggi, saya tidak bisa berpraduga penyebab masalahnya dari mana yah mungkin karena sempet dulu mesin over heat karena oli kering dan sempet juga tuh sensor O2 longgar, dan karena pernah modifikasi juga tuh sensor buat pasang resistor, terus disambung lagi dan kabelnya putus(karena cuman pake kleman doank ga disolder). Selebihnya sih udah saya jelasin kerusakan sensor O2 dipostingan sebelumnya. klo masih pensaran penyebabnya silahkan buka kembali postingan saya kemaren.

Baca Juga : mengenal-lebih-dalam-tentang-sensor-o2

Trus apa yang dirasain setelah ganti sensor O2???

Hal pertama yang saya rasain suara knalpot lebih padet, lebih keras dari sebelumnya blar blar blar di knalpot tsukigi dan dirasa rasain emang buat tenaga ada perubahan wlpn blm signifikan, oke terus saya ganti dengan Knalpot KLX,,boommm suaranya makin ngebas, wlpn pas dipake jalan serasa ketahan , akhirnya saya balikin lagi deh tuh pake knalpot Tsukigi wah bener keluar lagi tenaga, walapun jadi lebih ngeri dipake dijalan karena suara knalpotnya jadi lebih keras, mungkin yah setelah ganti sensor O2 ini suplay bahan bakar ke mesin jadi bener sesuai kebuthan mesin lagi makanya ada perubahan baik dari mesin dan suara knalpot, dan komsumsi bahan bakar,  klo pake bahas inggrinyas sih begini

"When you have a BAD OXYGEN SENSOR, your vehicle will run less efficiently, it can sometimes have a poor idle, erratic jerking at steady throttle, hard starting problems, cause the check engine light to come on, and will cause high fuel consumption." 

yap setelah ganti konsumsi bahan bakar pun malah jadi lebih irit tuh bensin ga turun turun padahal udah dipake muter muter jauh dan yah offroad2an juga, yang biasanya tuh turunnya cepet banget oek fix ketemu permasalah selama ini, diakibatkan karena sensor O2 yang emang ga bener, 
perlu diketahui bahwa sensor O2 ini komponen yang jarang sekali rusak, kalau tidak ada kesalahan dari pengguna karena ada modifikasi di bagian sensor, sensor o2 ini masih bisa di bersihkan dengan cairan khusus pembersih sensor yang bisa di beli di toko automotif untuk melepas sisa sisa karbonnya,. sensor o2 yang rusak tidak bisa diperbaiki, jd kalau rusak harus ganti, kerusakan sensor O2 biasanya di tandai dengan nyala lampu mil sebanyak 24 kali, jika dengan alat Yamaha Diagnotis Tools tidak bisa di clear Errornya maka sudah bisa dipastikan sensor itu rusak, dan kalau pun bisa di hapus dan lampu tidak menyala kembali namun tidak ada perubahan pada tarikan motor maka bisa jadi sensor tersebut rusak, jadi rawatlah kendaraan ada sebaik baiknya dan jangan kebanyakan Experiment kaya saya , karena Experiment saya untuk kepuasan dan untuk mengatasi permasalahan yang ada dan untuk di sajikan di blog ini, terima kasih untuk pembaca setia blog saya.