Wednesday, June 29, 2016

Tips Mengatasi Mur Karet Body X-ride yang Rusak dengan modal 10ribuan

Sudah hal yang umum terjadi pada saat bongkar pasang body X-ride Mur Karet Body sering sekali rusak dan klo udah rusak pasti di bikin galau dah... bukan karena harganya tapi karena susah dapetinnya rata rata harus indent baru ada tuh barang jarang sekali Bengkel Resmi nyediain tuh yang namanya Mur Karet , tapi sebenernya bisa saja sih kita subtitusi part ini dengan menggunakan Mur karet punya N-Max tapi sama sama susah juga, FYI selain N-Max Mur Karet ini juga masih bisa di subtitusi loh dengan Mur Karet Body Fairing milik Kawasaki Ninja, cuman harganya lebih mahal sekitar 13ribuan per satuannya, kalau x-ride kan cuman 8ribuan saja.  

Terus gimana solusinya klo barangnya ga ada semua???

Tenang sobat x-rider Indonesia , saya bakalan kasih tips murah meriah modal cuman 10ribuan buat mengatasi Mur Karet yang rusak ini. 

Bahan yang harus di sediain adalah selang bensin, kalau beli harganya cuman 10ribuan doank, kita butuhnya ga banyak-banyak ko, saya ja pake sisa pas bikin injector cleaner. yang selanjutnya yang dibutuhin adalah lem Besi atau lem korea murah juga dari harga 1000an-5000an jg ada, Peralatan yang di pake buat bikin cukup sediain Cutter atau Gunting, plus Baut yang seukuran sama Mur Karet.

Lanjut ke cara bikinnya:

  • Ambil Mur yang ada di dalem Karet yang udah pecah , terus bersihkan dari sisa sisa karet yang nempel.



  • Selanjutnya Selang Bensin  yang udah di beli, terus potong potong terserah mau pake Cutter Tau Gunting  sepanjang Mur Karet 


  • kalau udah di potong potong tuh selang bensinya dan murnya udah dibersihin juga selanjutnya , selang besin kita coak lubangnya pake cutter tujuannya biar mur bekas tadi masuk di lubang selangnya , coak aja sampe kira kira mur tadi masuk di lubang selang bensin . dikira kira aja yah sendiri . 


  •  kalau udah di coak siapin tuh baut yang sesuai ukuran murnya , masukin deh tuh mur kedalam lubang bensin yang udah dicoak tadi , baut tadi gunanya buat bantu masukin mur ke lubang selang bensin, soalnya pasi rada susah klo ga pake bantuan ini.


  •  kalua mur tadi udah masuk kasih deh sedikit lem besi atau lem korea di pinggir pinggir mur yang udah masuk di lubang selang tadi. biar makin kuat dan mur engga lepas 




ini perbadingan antara mur karet asli, dan bikinan 
  • nah langkah terkahir adalah bikin coakan di bagian atas selang besin (bagian bawah itu yang ada murnya), tujuanya biar nanti ada payungnya kaya karet mur asli pas di pasang .selesai deh tinggal dipasang 


Gimana gampang dan murah kan bisa sekalian ngabuburit kumpul bareng temen tuh bikinnya jadi modal yang di keluarin lebih murah juga kan. dan yang pasti bakalan lebih awet karena bahannya lebih bagus dari pada yang bawaan, dan dari pada galau galau nyari nyari tuh mur karet mending bikin sendiri kan, murah hemat kuat. hehehe

***Tambahan:(kemungkinan yang bakal terjadi) 
  • Buat Yang ga punya Mur bawaan bisa juga pake mur ukuran 8mm , tinggal penyesuaian aja pas masukin murnya ke dalam selang. 
  • Buat yang sudah jadi Mur karet bikinannya terus agak susah masukin Mur Karet kebody dari bagian atas, coba masukinnya dari body bagian bawah atau bagian dalem body , karena akan ada kemungkinan selang bensin yang udah di masukin tadi akan lebih lembung sehingga untuk masukin mur karet dari atas akan susah.