Friday, January 29, 2016

Ganti O ring CVT Cegah Getar dan Tarikan NGeden (menghilangankan Greteg part 4)

udah lama ga ngeblog saking sibuknya pekerjaan nih,hehehe. oke kali ini saya akan kasih tutorial masih seputar penyebab getar di cvt, kali ni area yang akan saya bahas adalah Seal dan Oring d Secondary Sheave, kenapa saya bahas bagian ini karena jika kompenen O ring/ Seal di secondary Sheave ini sudah aus maka Greaser/gemuk akan Luber/keluar, nah kalau greser keluar akan mengani bagaian kampas otomatis dan mangkok sehingga akan menimbulkan getaran karena kampas otomatis tidak bisa menyerngrak sempurna ke mangkok makanya klo hal ini udah terjadi motor kesayangan kita bisa over heat di bagian cvt dan tarikan pun sering slip dan kurang sip lagi deh. nah kalau udah mengalami hal tersbut segera deh cek CVT nya. soalnya banyak banget imbasnya karean over heta bisa menjalar kemana mana, kampas otomatis bisa angus dan mangkok otomatis pun peyang, dan yang lebih parah lagi karena greaser banyak kebuang, komponen yang akan di serang lainnya yah kompone secondary Sheave biayana yg kena ntar ini area pin guide jadi sedikit gompal, wah udah deh ken abagian ini bisa kuras isi dompet. 

cek dulu yu komponen apa yang di ganti dan sekalian harganya biar ntar klo mau services d Bengkel ga di boongin.   

nah di cek dari web yamaha harga O ring dan seal ini cukup murah buat x-ride cuma 42 ribu untuk Seal dan O ring, harga ini beda jauh klo di banding harga O ring MIO yang harganya sampe100an ribu, jadi klo temanteman mau services di bengkel harus tau dulu nih harganyabiar ga di boogin sm mekaniknya.

oke sekrang nih tutotoril buat yang ingin ganti o ring dan sealnya sendiri yang pertama tama sediain dulu perlatan tempur  yang dibutuhkan,

1. kunci T 10 mm
2. kunci T 8 mm
3. kunci shock 17mm
4. kunci shcok 14 mm
5. kape / spatula
6. lap dan alkohol
7. greaser cvt
8. oring dan seal yang mau di ganti.
9.tracker CVT
nah buat cara bongkarnya bisa buka di :

Tutorial Bongkar CVT X-RIDE Sendiri
atau
disini juga bisa
dan di sini juga  karean wajib dan kudu banget klo ganti oring mesti ganti Greaser

oke lanjut lagi, seudah semua komponen cvt dibuka langsung aja fokus ke komponen yang akan kita ganti.

ini nih bagian secondary sheave yang akan kita operasi , nah buat buka dan ganti O ring kita harus buka dulu corng atau naa kerenya seat secondary spring alias buat dudukan per CVT. untuk buka coroang ini bisa pake kape atau spatula yang tipis, 



kalau udah di buka bisa di lihat kaya gambar di bawah ini. 


lepas ke tiga pin guide yang ada di komponen ini

kemudian Lepaskan kedua bagian dari Secondary Sheave nya ( SECONDARY FIXED SHEAVE COMP dan SECONDARY SLIDING SHEAVE) lalu bersihkan sisa-sisa Greaser yang sudah mengering, pembersihan bisa juga menggunakan Bensin agar Sisa-sisa greser yang mengering hilang semua dan jangan lupa untuk di lap agar sisa bensin tidak menempel di komponen ini,



selanjutnya kita buka deh kompoen yang mau di ganti mulai dari O ring kita lepas dari bagian SECONDARY FIXED SHEAVE . 

ini nih Oring udah ga bagus, ada sedikit baret, nah yang kaya begini yang bisa bikin Greaser keluar,  lewat celah celah corong/duduka per cvt dan akhirnya nibulin gejala getar ,


Next 

lepas bagian seal Cvt di bagian atas dan bawah  bagian SECONDARY FIXED SHEAVE, buatlepasnya bisa menggunakan bantuan obeng min, 





 kalau semua oring dan seal terlepas semua, saatnya bersih bersih kompoinen ini dari sisa sisa greaser yang nempel bisa kita cuci pake bensin seluruh bagian ini biar lepas tuh sisa greasernya , klo udah di berishin pake bensin jangan lupa lap sampe kering. kalau udha kering tinggal kita pasang aja kompone barunya O ring berikut sealnya , untuk pemasangan Oring ga terlalu susah tapi untuk pemasangan Seal ini yang lumayan susah haru ada tabahan papan kecil atau apa aja yang rata dan klo bisa jangan yang berbahan bukan besi karena bisa merusak seal, tapi klo lebih bagus sih punya palu karet lebih enak pas masangnya , nih biar jelas liat fotonya/ 



selesai sudah, Kemudian Bersihkan bagian permukaan Secondary Sheave yang bersinggunagn langsung dengan  Vbelt ( SECONDARY FIXED SHEAVE COMP dan SECONDARY SLIDING SHEAVE) .Menggunkan kain bersih dan alkohol, agar sisa Greaser yang pada saat membersihkan menempel hilang, agar pada saat setalah di pasang Vblet tidak Slip. 

jika sudah bersih kemudian pasang kembali bagian-bagian secondary Sheave ( SECONDARY FIXED SHEAVE COMP dan SECONDARY SLIDING SHEAVE) dan ke tiga pin ke tempat semula, Lalu beri sedikit  Greaser di ke tiga alur yang ada di komponen Secondary Sheave , INGAT jangan terlalu banyak untuk mengindari greaser "muncrat" yang akan menyebabkan CVT Slip.



Jika Ke tiga Alur sudah di beri Greaser kemudian pasang kembali Corong/Penutupnya (SEAT, SECONDARY SPRING), jika sudah beri sedikit Greaser di bagian Belakang Secondary Shave di bagian Laher bambu nya untuk memperlancar putaran.

*** jika keadaan kampas kopling dan mangkok kotor dan ada sisa sisa greser wajib bershkan juga bagian ini .
  • Bersihkan bagian Kampas Kopling ini menggunakan sikat kawat yang halus, hingga bagain kampas kopling yang mengkilap ini terasa kasar.   



  • Bersihkan Mangkok kopling menggunakan lap dan alkohol agar Residu/debu sisa gesekan kampas dan mangkok hilang. 


  • semua proses selesai silahkan rakit kembali semua komponen yang telah di bongkar tadi dan rasakan perbedaannya,
 selalu dingat agar selalu rutin cek komponen cvt, yah minimal setiap 3000-6000 Km, agar komponen tetap terawata dan awet.