Monday, March 12, 2018

MENGATASI LANGSAM TIDAK STABIL DI MOTOR INJEKSI YAMAHA (LANGSAM TINGGI)

Sobat X-Rider kali ini saya kan memberikan satu tios yang saya rasa bermanfaat sekali buat sobat semua yang mengalami masalah langsam yang engga stabil atau langsam kegedean, kekecilan dsb, berbeda dengan motor karbu penyetelan langsam bisa dilakukan dengan menyetel nyatapi untuk motor Injeksi Langsam bisa di bilang Otomatis di stel oleh alat yang bernama ISC (IDLE SPEED CONTROL) dimana pengaturannya di sesuai dengan kondisi mesin pada saaat strat awal langsam akan besar namun setelah mesin mulai panas langsam akan mengecil dengan sendirinya, ini untuk kondisi ISC yang masih normal, namun untuk kondisi ISC yang sudah mengalami masalah hal ini bisa saja tidak berlaku, mau saat motor baru di nyalain atau kondisi mesin sudah cukup panas tetep aja langsam besar, atau langsam terlalu kecil jadi motor bakal matian terus saaat di nyalain, atau dan atau langsam yang memang tersa engga stabil turun naek, nah klo di bawa ke BERES sih biasanya di vonis ISC bermasalah dan kudu ganti TB satu set, tapi klo mekaniknya mahir bisa atasin masalah seperti ini tanpa harus ganti TB satu set, dan buat sobat semua nya yang mengalamin masalah seperti ini ga perlu bingung lagi karena saya punya sedikit solusinya, selain solusi yang pernah saya posting juga sebelum sebelumnya, cuman ini saya dapet ilmu baru yang bisa dipraktekan sendiri dirumah, kalau sobat mengalamin masalah seperti tersebut di atas caranya sangat mudah, cukup sediakan saja sedotan air mineral dan penggaris, untuk mengatasi masalah ini, dan juga dengan ini sobat bisa ngatur sendiri juga langsam motor mau lebih besar pas awal atau tetep standarannya, cara kerjanya jadi mirip ISC manual, namun tanpe menggangu kinerja lampu MIL alias lampu MIL ga akan kedip kedip seperti pake ISC manual, karena ISC bawaaan tetap dipake.

Sedotan Air mineral ini kita gunakan untuk mengganjal atu membuat gap/jarak dari ujung ISCnya, secara normal Gap/jarak ISC dan Kepalanya itu sebesar 3,5mm, ini bisa kita atur sendiri, namun kondisinya kadang klo udah error walaupun kita sudah atur jaraknya kadang malah terbuka terlalu besar lagi gap/jaraknya atau terlalu kecil sehingga membuat kondisi motor seperti yang sudah saya bahas diatas tadi,hemmm faham kan....!!!!

dengan mengganjal bagian ISC ini kita membuat agar ISC tidak akan menutup terlalu besar jadi gap/jaraknya tetap dijaga di range 3,5mm (ini untuk ukuran standarnya,jika kita ingin merubah ukuran bisa, mau lebih kecil atau lebih besar,) . dengan kondisi tersebut diharapkan langsam akan tetap stabil alias normal. 

caranya ga pake susah susah ko cukup kita lepas TB dari motor, atau cukup lepas Bagian ISC di TB dengan menggunakan Obeng Yang kepalanya Besar, (klo ada Obengnya yang pendek bisa lepas ISC tanpa harus lepas TB dr motor, tp klo ga ada yang tetep harus lepas semua TB agar gampang ngerjainnya).


Setelah Lepas ISC kemudian ambil sedotan kemudian ukur dan potong dengan panjang 3,5mm (ukuran standar), (ukuran di luar standar bisa di kecilin lagi biar langsam motor langsung besar, misal jadi 3mm, 2,5 mm, sesuai selera karena semakin kecil ukuran sedotan maka langsam akan semakin besar dan yang pastinya akan berpengaruh ke tarikan motor juga, mirip mirip seperti ISC manual klo menurut saya, CMIW)

Jarak ISC terlalu Rapat yang menyebabkan Langsam Menjadi besar pada saat motor dinyalankan


 
Kalau sudah di potong langsung deh dimasukin di batang ISC nya , (dalam gambar saya warnain merah agar bisa terlihat, krn klo bening ga keliatan di foto)


 Kalau sudah tinggal pasang lagi semua dan cobain deh perbedaannya.

silahkan koreksi/masukannya jika ada kesalahan

VIDEO nya Nyusul perbedaan sebelum dan sudah pasang ganjel ISC nya,