Saturday, May 10, 2014

ECU ( Electronic Control Unit) Menurut Saya

ECU ( Electronic Control Unit) adalah Otak dari motor injeksi dimana seluruh sumber daya motor di atur di alat ini. ECU sendiri terbagi menjadi 2 bagian pertama bagian Hardware kedua bagian Software, ecu bisa bekerja jika ada software , jika di ibaratkan ECU itu seperti komputer dan system operasi, dimana keduanya saling berkaitan, jika komputer mengalami masalah di system operasi nya maka kinerja komputer pun tidak akan sempurna kdang hank,mati sendiri, dll dan untuk memperbaikinya maka kita harus mengupgarde system operasi itu agar komputer beroperasi normal kembali, hal ini sama seperti di ECU jika komponen ini mengalami masalah pada software nya maka akan berakibat ke kinerja motor kita, salah contoh motor bisa mati mendadak yang di akibatkan setingan Stasioner/langsam yang tidak stabil , oleh karena itu jika mengalami kendala semacam ini maka kita wajib untuk RE-Programing Software ECU dari motor kita agar kinerja motor kembali normal, Software dari ECU ini ibarat Services pack di System operasi yang selalu di update jika terdapat celah/masalah agar system operasi berjalan normal. sama halnya di ECU Software nya selalu dikembangkan agar motor bisa berjalan normal dan performa nya tetap bagus. 

apakah di dalam ECU memiliki Kernel? yah bisa saja dalam sofrware ECU itu terdapat KErnel seperti dalam System operasi, di mana kernel ini adalah inti dari system operasi yang mengelola sumber daya dari hardware komputer yang berfungsi mengatur tegangan, kinerja Processor, system management di dalam komputer, hal ini pun sama sperti ECU dimana ECU bisa mengelola seluruh sumber daya motor, membagi tegangan/mengatur kelistrikan, mengontrol sensor sensor yang tedapat pada motor Injeksi agar bekerja sempurna. 


Meninggikan SHock X-ride bagian 2


kembali lagi masalah manjangin shock depan X-ride  sama seperti Postingan yang lalu di blog ini, kali ini pun materi postingan blog di dapat langsung dari Bro Rhendy dari CAKAR

oke langsung aja nih dibaca postingan bro Rhendy di grup CAKAR
pasti pada mau donk manjangin shock bagi yang mau pake velg 17 dengan dana yang murmer?? oke kali ini saya mau share pengalaman manjangin shock dengan dana minim tp hasil ga beda jauh sama yang udah pake shock supra X 125 yang katanya lebih tinggi dari varian ass shock yang ada selain FU & KLX :hammer  setelah di cari cari dan liat review panjang ass shock semua motor di mbah google...akhirnya sayapun nyari ass shock yg menurut si mbah lebih panjang..dan pilihan saya jatuh ke Supra/supra X/Supra Fit (keluaran lama) karena di banding-banding ass shock yang lain supra keluaran lama lah yg paling panjang berikut panjang ass shock menurut si mbah diameter ass nya sama 26mm :
  • Supra X 125 = 366mm
  • Shogun 125 R = 370 mm
  • Supra/supra X/Supra Fit = 386mm (beda 20mm dr supra X 125)
kita langsung saja menuju panjang suling...setelah beberapa nyari nyari info mengenai panjang mana suling X ride sama Supra...ada yg bilang panjang supra...ternyata setelah di bongkar shock x ride dan di bandingkan ternyata masih panjangan suling X ride  hanya saja perbedaan diameter suling punya supra lebih kecil di banding X ride.

oke langsung saja ke pemasangannya :
  1. ganti ass shock X sama supra 
  2. tetap pakai suling+persuling asli X ride (WAJIB PAKE FIBER SULING PUNYA SUPRA) karena diameter suling si X yang gede ga muat kalo tetep pake fiber aslinya si X karena diameter dalam Ass SHock Supra lebih kecil 1MM di banding si X *sayangnya ga punya foto Fiber suling yang dimaksud 
berikut foto foto hasil pemasangan dan perbedaan panjang dan pendek suling dan asshocknya ...cekidooott
Untuk dana yg dihabiskan tidak lebih dari 150k Plus ongkos pasang...*dengan catetan pake ass shock aftermarket..bukan yang ori.. pake ori ass shocknya saja 240k (sepasang) ass shock KW/Aftermarket 100k (sepasang)