Friday, January 30, 2015

Ganti Mangkok Otomatis tarikan lebih "menggigit"

Kalau udah baca postingan tentang kampas otomatis nah ini lanjutannya...!!! 
Setelah ganti kampas otomatis emang tarikan motor enak lagi, tapi itu engga bertahan lama hanya 2 harian , abis itu motor kembali berat, "waduhhh kenapa lagi ini motor" setelah muter muter otak  dan buka buka dompet akhirnya mutusin buat ganti Mangkok kopling yang baru, ya udah deh walapun keadaan lagi cekak dibeli aja sapa tau abis ganti motor normal lagi, dan sehabis pulang kerja langsung berangkat ke Beres langganan Agung Mas Motor , karena udah kenal sama orang orang di sana,   di Bengkel Resmi Mangkok kopling sendiri bisa di beli dengan harga 97ribu, seudah beli langsung pulang kerumah dan Eksekusi untuk ganti mangkok koplingnya , nah untu proses penggantian sendiri menurut saya engga terlalu susah, cukup siapin aja peralatan yang biasa di pake buat bongkar cvt yang udah pernah saya bahas di postingan- postingan sebelumnya seperti :
Kunci T 8mm
Kunci T 10 mm
Kunci Shcok 14mm
dan tracker CVT 
Untuk proses pengerjaan nya sendir, setelah semua cover CVT di buka, langsung aja fokus pengerjaan ke bagian belakang cvt , kalau punya tracker kaya begini enak karena dipake buat nahan mangkok biar bisa di buka klo belum punya yah, harus di tangani sama bengkel, nah klo udah punya caranya tingga kunci mangkok cvt menggunakan tracker dan ambil kunci shok 14mm untuk buka mur di mangkoknya bagian traker di tahan pake kaki dan kunci Shock di tarik keatas,  

kalo udah kebuka lepas kan mur dan busing nya ekmudian lepas juga mangkok yang lama, 
Mur dan Bushing cvt


 Kalau udah di lepas langsung aja ganti mangkok lama dengan yang baru ,


 Pasang kembali Bushing dan mur ke tempat semula , kemudian kencangkan kembali mur menggunakan kunci shock 14 mm, dengan arah kebalikan dari cara ngebuka nya,


Kalau udah , yah tinggal pasang lagi cover cvt dan tinggal di cobain, udah pasti bakal ada perubahan yang signifikan, karena semuanya baru, yah intinya jangan sampe telat ganti komponen ini karena akibatnya bisa kaya saya mengeluarkan uang 2 kali gara gara telat ganti kampas dan akhirnya harus ganti juga mangkok koplingnya, 

ini perbedaan mangkok yang lama udah peyang dan yang masih baru.kiri yang lama- kanan yang baru 





Tarikan berat , coba cek Kampas kopling Otomatis

Beberapa waktu lalu saya mengalami masalah nih di tunggangan ke sayangan "RX-robo" , tarikan motor jadi berat banget, udah gunta ganti roller bersih bersih injector sama TB masih aja tarikan berat, setelah di pikir2 apa sih penyebabnya, baru ngeh kalau kampas Otomastis terakhir di cek sudah mulai tipis, (pemerikasaan terakhir tanggal 27-12-2014) , dari perhitungan awal kampas otomatis masih bisa di pake 1bulanan lagi,  tapi ternyata perhitungan saya itu salah besar begitu di cek 3 minggu kemudian kampas otomatis masih sama seperti terakhir di periksa , tapi di bikin shook begitu liat permukaan dalam dari mangkok kopling yang peyang parah dan ada alur bekas kampas kopling, ternyata kampas kopling yang tipis itu udah mulai makan korban. disini nih saya nyesel kenapa engga dari kemaren aja ganti kampas otomatisnya padahal kampas otomatis baru udah di persiapin, cuma karena males ganti wal hasil mangkok kopling juga ikutan kena dan harus di ganti, untung aja masih punya cadangan mangkok kopling yang masih layak pakai, jadi engga udah ngeluarin duit lagi buat beli mangkok kopling yang baru. untuk kampas kopling otomatis sendiri saya beli dengan harga 235ribu , selesai di ganti wah enak lagi deh tarikan motornya 

Nah ini nih mangkok kopling yang peyang garea gara telat ganti kampas




 Kalau yang ini perbedaan kampas yang udah tipis sama kampas yang baru.





 Oh iya untuk usia motor sendiri udah masuk ke 16 bulan , dengan kilo meter 15ribuan dan motor sering di pake offroad jadi wajar aja sudah saatnya ganti kampas kopling.