Tuesday, January 23, 2018

CEK RUTIN DAN RAWAT MASTER CYLINDER REM AGAR KAMPAS TIDAK HABIS SEBELAH DAN DISK BRAKE AUS

Apakabar xrider semua??? baru bisa isi blog lagi nih setelah kemarin cuti dan menikmati hari hari menjadi seorang ayah baru, oke postingan kali ini saya akan berbagi pengalaman nih seputar rem depan yang mungkin sobat semua juga pernah merasanya juga, jadi kejadian ini udah sering saya alami dan lumayan menghabiskan dana yang tidak sedikit juga karena setiap 3-6 bulan itu pasti ganti yang namanya Diskbrake udah banyak bangke nya, ya kondisi disk brakenya kemakan sama kampasnya padahal sih rutin ganti kampas, awalanya saya mengira itu masalah kualitas diskbrake aja yang saya beli kurang bagus, atau karena kampas yang saya gunakan yang bikin diskbrake jadi kemakan, tapi klo di inget inget lagi dulu lama banget sampai setaun baru ganti, dan setelah di telisik lagi ouh ternyata masalahnya itu ada di master cylinder rem yang kurang perawatan, memang saya akui untuk komponen ini sih jarang banget "di perhatiin" paling cuman ganti kampas dan bersih doank, ga sampe full services karena saya anggap kinerja rem ga bermasalah, namun dari perkara ya ga full ngecek ini ternyata menimbulkan masalah lain, ada komponen lain yang minta "di perhatiin" lebih di master cylindernya, nah persalahnya itu ada pada as di braket master cylinder nya. karena dimakan usia komponen ini kehilangan daya "lumasnya" karena greaser/gemuk yang ada sudah mengering dan akhirnya korosi dan berkarat , nah ini yang menyebabkan pergerakan master rem jadi ga balance alias miring, seret pula dan mengakibatkan kampas rem abis sebelah dan lama kelamaan diskbrake juga kena, 

 
 

duh rugi besar kan jadi harus ganti diskbrake jg padahal cukup gampang kasih greasernya tuh tinggal belek aja tuh tutup karet yang ada di sisi master cylindernya terus di kasih greaser/gemuk lagi deh bagian atas as dan bawahnya, eh tapi ga bgt juga deh harus semua di lepas dibersihin dan dikasih lagi greasernya soalnya bagian bawahnya bakal susah klo dikasih greaser/gemuk jd tetep harus dibuka ya.






jadi gimana? udah jelaskan permasalahnya, ini masih salah satu penyebab dari diskbrake kemakan dan kampasnya miring, selain karena faktor velg yang speleng dan lain lainnya,  jadi usahakan rutin cek  komponen ini yah sobat agar tidak berdampak merogoh uang lebih dalam buat ganti semua komponenya , simpel namun jarang diperhatikan,,hahahaha, untung aja masih nyetok diskbrake racing dan kampas rem bendix, jd klo udah bgn yah ganti deh, biar aman sentosa di jalan.