Tuesday, February 21, 2017

waspada banjir, apa yang harus di cek???

Oke guys.,. udah lama nih ga update blog kali ini saya akan membagi pengalaman yang baru beberapa saat terjadi. hihihi,, 

yups Jakarta lagi musim musimnya hujan dan tadi pagi pun mulai tergenang sebagian besar daerah dijakarta ya entah pa penyebabnya saya ga bakal basah itu, tapi yang saya akan bahas ini adalah penanganan motor setelah banjir. 

tadi pagi saat akan berangkat kantor dari cempaka putih menuju kelapa gading udah di hadang banjir arah ke cempaka mas, tadinya sih mau ambil jalur kanan tapi karena macet ya udah deh "nyobain" ngelewatin banjir, awalnya sih masih cetek tuh, masih di bawah cvt, tapi lama lama lama.. makin dalem kira kira dibawah box filter dalemnya., sampe motor geden segeden ngedennya, wah gawat klo udah begini maju kena mundur kena mana lagi pake knalpot Tsukigi jadi knalpot lebih rendah, mungkin klo lagi pake knalpot KLX saya berani lewatin sambil menguji ketangguhan x-ride. dan apalh daya terpasak motor dimatiin dan di dorong dan sialnya pas di dorong lebih dalem lagi hampir selutut untung ada yang nolongin buat naikin kepinggir jalan, nah itulah ceritanya mari kita lanjut penganganan pertama pas motor udah lewatin banjir,

hal yang pertama harus di lakukan adalah "jangan langsung menyalakan mesin" karena apa ??? karena mengindari water hamer akibat air yang masuk ke dalam box fillter. 
terus yang kedua, dibawah crankcase cvt ada niple kecil buat pembuangan air tuh. nah bagian itu dicabut pake tangan tau bantuan tang, currrr dah air yang masuk dalam cvtnya

sebahis itu , buka box fillter cek apakah ada airnya atau engga, klo ga ada berarti aman dah motor tapi klo ada iar kudu di keringin dulu biar ga masuk ke TB tuh airny, ga enak banget lah, 

klo udah di lakuin semua, kemudian coba nyalain mesin, semisal agak susah cek deh cop businya kali aja da air nyangkut, tapi hal ini saya lewatin karean menurut saya cop busi xride tuh udah bagus banget tahan terhadap genangan air. jd bisa dilewatin deh,

seudah dinyalain mesin geber beberapa saat biar vbelt ga slip lagi, dan nyalain motor selang 5menitan aja, pasti dari knalpot ngebul tuh karena ada sisa air yang masuk, kedalamnya mungkin klo knalpot yang lbh nungging ga bakal masuk.

klo udah enakan yah tinggal di bawa jalan deh,,,,

udah gitu aja??? yah engga lah nih beberapa komponen yang kudu di cek lagi klo abis nerjang banjir.

area cvt wajib yang namanya di bersihin dair sisa sisa air, karena beresiko  berkarat dan bikin tarikan motor jadi ga enak, untuk motor saya air masuk ke dalam secondary sheave bagian dalamnya jadi di crankcase pun basah yah cukup d keringkan aja dan jika perlu penggantian Greaser/gemuk CVT, 
selanjutnya wajib di cek adalah Oli gardan, karena bgt td dicek oli gardan udah berubah warna sedikit keputihan ,tandanya oli udah kecampur air,  olinya kudu ganti

terus cek juga oli mesin., klo oli mesin udah rada keputihan juga wah ganti aja deh karean bahaya banget, Alhamdulillah klo motor saya masih aman aman saja oli mesin sebahis ngecek dalemanya , masih merah merah gitu tanpa terlihat ada campuran airnya,.

mungkin bgt dulu cara pengecekan motor yang baru aja lwatin banjir kurang lebihnya maafin ye karean baru kali ini kena banjirnya jadi ditanganin sendiri aja. 

tips buat lewatin banjir,,, ntar di update deh ya,..,