Friday, January 20, 2017

PENYEBAB MOTOR XRIDE OLENG A.K.A GEOL GEOL

Wah sudah lama nih saya ga posting posting diblog ya maklum karena kesibukan kerja di awal Tahun jadi baru sempet menyisihkan waktu buat Posting lagi nih di awal Tahun 2017, oke kali ini saya kan membahas kembali nih permasalahan oleng alias geol geol di motor apalagi pada saat kecepatan tinggi akan terasa ngebanting dari belakang atau pada saat melewati jalanan yang tidak rata. sudah pasti permasalahan ini sering terjadi dan membuat ga nyaman klo lagi mengendarai motor dan ujung ujungnya bisa berakibat FATAL klo permasalahanya ga segera diatasi, oke langsung aja kita bahas satu persatu penyebab masalanya dari yang paling mudah sampai yang paling susah:

  • VELG 
Velg Belakang merupakan Komponen utama penyebab motor oleng pada saat motor jalan mau jalan pelan apalagi kenceng jika velg bermasalah alias speleng maka motor akan terasa oleng , untuk ngeceknya cukup mudah tinggal standar 2 dan putar ban belakang mau sambiln dinyalain dan di gas motor pun boleh maka akan terlihat speleng atau tidaknya velg belakang yang pasti klo motor sering ngehantem lobang kemungkinan velg speleng sangat besar so komponen ini lah yang pertama-tama harus di periksa klo motor terasa oleng atau geol geol pada saaat di kendarai
  • BAN 
Kondisi Ban motor yang sudah tidak baik bisa menyebabkan motor terasa oleng pada saat di kendarai hal ini disebabkan karena ban yang tidak presisi lagi bentuknya ban sudah getas sehingga membuat ban menjadi benjol-benjaol/bergelombang nah penyebabnya adalah ketika ban dalam keadaan kurang angin sering dipaksa dipakai lambat laun kondis ban pun bisa menjadi bergelombang selain itu karena usia atau memanbg kualitas ban yang tidak bagus yang membuat gan menjadi bergelombang , selain itu bisa juga karena pada saat pemasangan ban rotasi ban yang salah klo salah maka daya cengkram ban pun akan berkuarang dan akan mempercepat proses ke ausan dari ban sendiri oleh karena itu mesti di cek juga kondisi ban 
  • Bearing/laher Roda 
 Bearing atau disebut juga laher bisa menjadi biang masalah motor oleh baik itu laher roda depan maupun roda belakang, kebanyak permasalahnya adalah kondisi laher yang sudah dtidak bagus yang disebabkan oleh karat atau kondisi laher yang sudah oblak karean sering melibas jalanan yang rusak atau motor pernah masuk kedalam lubang pada kecepatan tinggi,  sudah pasti hal ini bisa menyebabkan motor menjadi oleng pada saat di kendarai, terutama hal ini akan terasa jika kondisi laher roda belakang yang sudah tidak bagus akan sangat terasa saat berjalan motor oleng. seimpelnya buan ngecek tinggal standar dua dan goyang goyang saja velg belakang maka akan terlihat jika laher sudah oblak, *(nanti ada tutorial penggantian Laher roda belakang)
  • Mur As Roda Belakang
Mur AS Roda Belakang, nah hal ini mungkin yang paling simpel buat dicek kenapa motor jadi oleng dan goyang goyang, mur as roda belakang yang kendur bisa berakibat velg belakang menjadi goyang karena tidak berada diposisi seharusnya, penyebabnya sih bisa bermacam macam mur bisa kendur karean faktor pas ganti ban atau pasang kampas baru ga kenceng atau bisa penyebab lain kabanyakan yang terjadi adalah pada saat ganti ban dengan ukuran besar lalu di asa ditambahin lagi ring agar ban tidak mepet ke box filter sehingga proses pengencangan mur menjadi berkurang, nah ada dampak buruknya loh klo mur ini longgar dan ga terditeksi atau bahkan sampe mur ini lepas selain motor jadi goyang, as roda pun bisa jd bengkok dan gerigi di velg pun bisa abis karena mur kendor posisi velg jadi gerak kanan kiri apalagi ketemu jalan jelek sudah lah komponen lain pun jdi korban, hal ini yang saya rasakan motor geol geol ga sadar klo ternyata masalhany itu dari mur wal hasil as roda belakng kondisinya sedikit lagi bengkok dan rasanya walaupun di jalan rata seperti berjalan di jalan yang tidak rata,  
  • Engine Mounting dan Dumper 
 Engine Mountingdan Dumper adalah komponen di motor yang berguna untuk meredam getaran dari motor jika kondisi sudah mengalami ke ausan atau bahkan pecah,
penggantian engine mounting ini tidak ada standar kapan/berapa lama usia motor harus di ganti, kalau motor udah kerasa goyang dumang harus cek deh komponen ini, cara ceknya cukup mudah ko tinggal tengok aja di bawah rangka keliat jelas tuh karet engine mounting masih bagus apa engga nih kaya motor saya contohnya engine mounting sudah aus keliata sekali ada celah besar antara mesin dan karet engine mounting ke  rangka nya. 
 kalau sudah sperti di atas yah ga ada kata lain selain ganti baru, untuk penggantian Engine mounting ini bisa saja ganti dengan bawaan/aslinya xride , harag cukup murah ko bisa di cek dipart katalog cuma 5ribu saja, jd kalu 2 cukup 10 ribu, , nah untuk pemasangannya sendiri mending di serahin aja deh sama bengkel soalnya lumayan susah harus ngelepas rangka dari mesin dan pengerjaanya pun cukup lama, yah paling kena sekita 45ribuan buat jasanya 
  • Dumper Shock belakang
  •  Bagian ini mungkin yang luput dari perhatian penyebab motor oleng , yup karena kompone ini tegolong lama untuk pemakaianya dan jarang sekali rusak, dumper shock breaker baik yang ada di shcok bagian atas atau yang berada di crangcase mesin memiliki "batas pakai" jika kondisi sudah rusak maka komponen ini pun wajib ganti. penyebab kerusak ya sudah pati motor sering lewatin jalan yang tidak bagus atau motor sering di pakai offroad wal hasil kondisi dumper shock bisa cepat rusak, dan saya pun mengalaminya , awalnya sih say kira permasalahan ini karena kondisi shock yang sudah tidak bagus di bagina anting2nya sehingga saya pun beli shock belakang yang baru. tapi ternyata sehabis ganti pun tetep aja motor bersa goyang dan setelah cek da ricek ternyata kondisi dumpernya yang memang sudah tidak bagus lagi sehingga kurang bisa meredam "gerakan/reborn dari shock breaker" untuk mengecek kondisi ya tinggal di muka saja shock breaker dan liat apakah masih bagus atau tidak kondisi dumpernya, tp untuk penggantian partnya memang sangat sulit karena ga umum di jual di bengkel bengkel,
     Nah Itulah Sekelumit penyebab motor menjadi oleng dan goyang goyang pada saat dikendarai, semuanya sudah pernah saya alami dan di perbaiki dari yang apling simpel sampai kondisi yang lumayan berat, walaupun kebanyakn untuk motor matic itu lebih sering penyebab motor jadi oleng ada ENGINE MOUNTING dan DUMPER , tapi tidak menutup kemungkinan komponen lain yang say apaparkan di atas menjadi penyebab dari motor oleng pada saat di kendarai, untuk penyebab lainnya belum pernah saya, untuk tutorial masing masing Insya Allah nyusul .