Thursday, December 17, 2015

Pasanga 5 Roller buat nyari tarikan Awal

mungkin bagi para pembaca setia blog saya akan sedikit bertanya tanya dengan judul blog saya kali ini dan sedikit aneh juga dengan judulnya pasang 5 roller??? bukannya roller itu ada 6, ko cuma di pasang 5??? , nah bukantanpa sebab saya bikin postingan kali ini tp yah ini sedikit experiment yang udah saya aplikasiin sendiri dan memuaskan rasa penasaran aja  karena udah banyak juga, dan sempet sih ada yang bilang juga pas offroad dia pake 5 roller aja yah sekitar 2 tahun lalu lah , alesanya pada waktu itu dia ga dapet roller yang ukuran lebih ringan dari 6 gr, jd cuma di pakein 5 roller. dan baca juga artikel yang udah aplikasiin 5 roller ini bahkan sempet masuk tabloid motorplus juga , maka dari itu saya pun mencoba enaknya pasang 5 roller yang di bilang tarikan awal itu lebih enak dari pada pake 6 roller.

test begin..

saya tes di motor kesayangan saya RX-ROBO dengan spesifikasi sekarang. Ban depan 90/90 blakang 110/80 yang pasti ukuranya lebih besar dari sebelumnya, cvt masih seperti biasa ngandelin Pulley coakan dan per 1500rpm, dan filter udara standar, buat TB udah lepas kupu satu. buat roller di coba pake yang 8gr. terus gimana cara aplikasiinya pemasangan 5 roller ini , saya cuma elpas satu roller bagian depan sesuai arahan dari yang udah pake, wlpn katanya bisa juga lepas bagian belakang cuma blm smpt di cobain, buat lepas satu roller depan atau belakang ini nantinya akan berpengaruh pada akselerasi dan top speed . 

nahbuat percobaan pertama cuma di coba di dalem kota aja, kebetulan lagi di kampung halaman di sukabumi, pas tarikan awal buka gas dikit lebih enteng tuh motor sedikit nyentak nyentak yah mungkin karena bagian depan rollernya lebih enteng cuma 8x2=16 gram beda 2 gram dibanding pake roller 6 gram rata 3x6gr= 18gr, ya mungkin klo dapet roller yang 5gr bisa sama beratnya 3x5gr=15gr ,nah kenapa bisa kerasa lebih enteng jadi pas tarikan awal karena sifat roller yang terlontar pertama adalah yang bagian depan jadinya tarikan awal lebih enteng, kaya pake roller 5 gr atau 6 gr, memang suara agak sedikit meraung tpi asumsi saya pas pake karena pengaruh filter yang di pake nyang bisanya pake filter ferrox, tp dari segi tenaga jelas beda pas masih pake roller 6x 8gram rata , yah perbandingan aja pas bukaan seperempat doank dia udah naek ke 40kpj, dan buat naek ke 60 kpj pun cepet pas buka gas setengah. akslerasi meningkat selap selip pun oke wlpn kondisi ban lebih gede, cuman mentok mentoknya ada di angka 80 kpj doank, 

nah buat percobaan kedua saya pake pulang lagi ke jakarta, dengan melewati jalur cihideung , yang sering lewat jalur ini pasti tau lah kontur jalannya kaya gimana variasi anatara turunan dan tanjakan kaya gimana pasti apal, nah pas di cihideung ini lah keras banget enaknya di pake nanjak tu motor, nanjak itu bisa samep 60kpj, klo sblmnya sih paling 40kpjan doank, dengan tanjakan yang sama dan kondisi ban ukuran lebih kecil, enteng banget kerasanya . tapi tetep begitu ketemu jalan seudah lewat ramayana arah ke pom bensin Total ada track lurus pengenya sih bisa dapet lebih dari 80pkj tapi nihil tetep mentok di angka segitu doank. dan akhirnya ga tau deh nama jlanya apa yang jelas depan pabrik gooyear klo ga salah baca, saya mutusin buat pasang lagi 6 roller, pengen tau apa dengan 6 roller ini masih sama tarikan motor, dan 15 menit bongkar motor selesai semua komponen kesasang siap di gas, lagi, dan................. bamm,,, yang ane rasain langsung adalah tarikan awal kerasa lebih berat lagi balik lagi ke setingan awal, buat dapet 60kpj pun rada susah beda pada saat pasang 5 roller, pun demikian bgt ketemu track panjang lagi mau di coba lebih daro 80 kpj pun lebih lama durasinya dari pada sbeleumnya, wah ternyata pasang 5 roller itu lebih enak juga buat akselerasi wlpn top speed mentok di 80kpj tapi buat dapetnya lebih cepet, sampe berita ini di turunkan saya belum sempet lagi experiment pake 5 roller dengan ukuran lain, karena sebagian roller ketinggalan di rumah, tp klo menurut saya dengan menggunakan 5 roller ini akan lebih mempercepat akselerasi karena ukuran roller bagian depan jadi lebih ringgan sehingga memberikan dampak perubah akselerasi yang lumayan, ternyata ga salah yang waktu iru bilang "enakan pake 5 roller aja klo buat offroad lbh enteng," kerasa banget perubahannya di motor saya, tapi semua  ini hanya percobaan saya aja, ya klo mau di coba silhkan engga juga ga masalah, di emut emut dulu jangan langsung telen , ntar keselek. ya buat yang mau coba selamat berexperiment, kaya saya yang engga bosen bosen experiment.

oh iya tunggu yah minggu depan ada updatan menarik , bakal da perubahan besar di rx-robo , yang pasti bakal berhubungan dengan "kecepatanya" bakal   di uji di track onroad dan offroad, mumpung ada dana buat pengujian, so rajin rajin yah buka blog saya ,hehehe