Friday, October 14, 2016

Penyebab Knalpot nembak

Pasti kesel dan kaget jika tiba tiba pada saat motor diajak jalan terdengar bunyi ledakan alias si knalpot nembak nembak, udah pasti kita jadi pusat perhatian apalagi pas motor berhenti di lampu merah pas tutup grip gas tiba tiba duerrr. Kaget iya malu juga iya, dan ini yang sering saya alami. Lalu apa sih penyebab knalpot bisa nembak??? Dari pengalaman hasil tanya tanya sama ahlinya dan muter muter baca artikel terkait knalpot nembak, ada beberapa faktor penyebabnya, biasanya sih gejala nembak timbul karena campuran antara bahan bakar dan udara di dalam mesin tidak pas oleh sebab itu timbulah ledakan. Oke kita bahas satu persatu masalahnya yang sudah saya alami dari kelas simpel sampe boleh di bilang kelas berat hhahaha, ko sampe kelas berat??? ya karena emang klo gejala nembak susah sembuh sampe harus ngecek dbagian mesin. Yuukk ah cekidot penyebabnya.

1. Packing knalpot rusak.
Jika kita sering bongkar knalpot atau ganti knalpot, kadang kala jika tidak hati hati pada saat pemasangangan nya lagi maka packing knalpot bisa rusak yang membuat bibir knalpot dan packing tidak rapat hal ini lah yang akan membuat knalpot nembak, terus bagaimana cara mengatasinya. Cukup gampang tinggal ganti aja packing knalpot dengan yang baru harganya pun murah cuman 10ribuan, jika tidak ada bisa saja di ujung knalpot di kasih lem sealer yg tahan panas agar knalpot dan packingnya bisa menutup rapat.

2. Knalpot tidak sesuai dengan spek mesin.
Untuk kasus ini agak lumayan nih sobat, biasanya karena ingin tampil beda dan menambah tenaga motor maka knalpot di ganti, tapi perlu di ingat penggantian knalpot ga sembarangan loh ga bisa asal beli harus disesuaikan dengan spek mesin salah salah bukan hanya nembak tp bisa berakibat ke mesin juga, nah dari banyak pengalaman teman teman lain yang mesin masih standar tingting maupun boreup sering bermasalah pada saat ganti knalpot, sering bermasalahnya itu pada saat ganti knalpot bobokan hal ini di sebabkan karena bobokan knalpotnya ga bener oleh sebab itu klo mau bobok knalpot kudu ke yang ahli agar hasilnya memuaskan, lalu bagaimana dengan knalpot racing??? Biasanya setiap produk knalpot racing akan memberikan spesifikasi knalpotnya untuk mesin berapa CC, faham kan maksudnya? Iya biasanya produsen knalpot akan mencantumkan knalpot yg dibuat cocoknya untuk mesin berapa CC standarankah ,125,132,135 sampai 150cc keatas oleh sebab itu maka hrs disesuaikan dengan spek mesin. Tak lupa kalo knalpot sudah ganti wajib stel CO nya agar gejala nembak ga timbul dan tarikan motor pun tetep enak.

3. Setingan CO kurang pas.
Nah klo yang ini bakal berkaitan dengan hal diatas, iya kaitanya dengan knalpot, karena yg saya bilang tadi jika ada penggantian knalpot dr standar ke bobokan atau ke racing maka harus atur CO nya lagi, gejala nembak akan timbul jika setingan co salah. Jadi mesti bener nih nyeting CO dengan spek knalpot, simpelnya cocok atau tidaknya setingan CO dan knalpot bisa di lihat dari warna busi, jika hitam basah berarti co terlalu besar bensin terlalu banyak ke mesin dari pada udara jadi pada saat gas d tutup muncul lah letupan2 diknalpot. Oleh karena itu setinglah CO sesuai spek mesin dan knalpot, untuk motor standar dan knalpot standar jangan gede gede lah cukup di angka +5 saja dan ini pun udah cukup semisal motor standar ganti knalpot racing. Nah untuk motor BU pas pasing aja sm spek mesin nya karena setingan CO bakal beda sih, jd saya ga bisa matok enaknya dimana , klo saya sih pernah coba di spek 150cc injector kawahara CO enak di angka +18 dan +20 knalpot KLX, spek 125 injector standar enak diangka +13, bisa jg di angka +7 - +8 di mesin 125cc, dan skrng dimesin 132cc injector nmax enak nya di angka +8 - +9, klo itu di motor saya , makanya akan jadi ribet klo spek mesin beda jd kudu ngulik sendiri CO nya biar knalpot ga nembak.

4.ada kebocoran di klep.
Nah klo ini udah tingkat advance soalnya klo ke 3 hal di atas udah dicoba tetep nembak mungkin ini salah satu penyebab utamanya. Kebocoran klep banyak penyebabnya selain banyaknya kerak sisa pembakaran,  seal klep rusak termakan usia, dan masih banyak lagi yg lainnya bisa dicari sendiri di google. Atau tunggu nanti saya posting khusu mengenai hal ini. Soalnya pernah ngalamin sewaktu ada permaslahan di head gegara busi lepas dan kepaksa head harus di cor. Gara gara yg nanganin bengkel amatiran. Dan setelah ganti head gejala nembak ilang dan setelah saya liat di head lawas ternyata seal klep ada sobekan terutama bagian klep out, makanya bensin boros knalpot pun nembak nembak walaupun udah ganti knalpot dan seting co ga bisa sembuh penyakitnya. Nah klo sobat ngalamin hal serupa udah ganti knalpot, stel CO masih aja nembak bisa jadi ada kebocoran di klep(kompresi bocor) .

Nah itu klo dari pengalamany saya, ya mungkin dari yang lain akan berbeda, soalnya ada juga yg ganti ECU racing gejala nembak ilang terutama di mesin boreup, klo mesin bore up nembak mah emang kudu penanganan khusus sm para ahlinya karena saya pun masih sangat sering kewalahan di mesin BU klo gejala nembak ga ilang ilang.