Sunday, May 15, 2016

Review Ydiag Iquteche (YAMAHA DIAGNOTIS TOOLS)

Kali ini saya kan meriview  Ydiag Iquteche (YAMAHA DIAGNOTIS TOOLS) produk lokal bikinan bangsa sensdiri sperti yang kita ketahui motor x-ride merupakan motor injeksi yamaha yang dimana untuk seting motor ini harus menggunakan alat khusu dimana alat ini biasanya hanya tersedia di Bengkel Resmi yamaha dan bengkel bengkel besar lainnya dan harganya pun cukup mahal apalagi buatr yang bisa koneksi ke komputer, tapi ada solusi yang murah meriah nih sobat , bisa pake Iquteche y diag yang dibandrol dengan harga 900ribu alat diagnotis ini sudah bis konek ke laptop dan memperbaiki kerusakan/error pada ecu, dan bisa juga buat seting CO, yah saya pun beli produk ini dengan alasan karena sering oprek motor sendiri dan ga ada waktu buat ke BEngkel ya udah deh relain buat beli ini alat,.

ga terlalu sulit menggunakan alat ini karena userguide atau cara penginstalan sudah ada di cdnya, yah tinggal pelajari aja deh cara seting seting nya karena bgt say apakai pun sofwarenya sangat user frendly ga terlalu susah buat mempelajarinya , dai tampilan awal setelah alat terhubung dengan motor pas kontak on langsung tampilan softwarenya menampilkan semua sensor yang ada di motor, bisa di liat deh di gambar di bawah. mulai dari sensor tps (buat putaran grip gas) sampe ke tes injcetor pun ada, menariknya ada juga buat seting CO (ini yang jadi bahan oprekan) dan buat setingnya pun ga terlalu susah tinggal ikuti petunjuk yang ada beres deh, selain itu ada juga pilihan buat nampilin malfuntions dari motor, nih buat yang sering lampu mil nyala alat ini bisa ngasih tau di mana letak errornya itu, tapi buat saat ini saya hanya memaklsimalkan diseting CO dulu karena cuma itu yang saya butuhin kedepanya mungkin kalau ada error di motor saya ataupun temen yang lain yang bersedia di ujicoba memperbaiki dengan alat ini yah silahkan saja klo ada waktu saya bantu kita beresin bersama, hahaha. keseluruhan dari semuanya dengan harga yang tidak terlalu mahal alat ini sudah bisa menangani segala permasalahan yang ada di ecu.












TINGKATKAN AKLSELERASI MENGGUNAKAN RASIO NOUVO

Sudah menjadi rahasia umum dikalangan Offroader untuk meningkatkan akselerasi X-ride dengan mengganti Gear rasio x-ride dengan  Gear rasio Nouvo, nah kali ni pun saya mencoba mengganti Gear rasio X-ride menggunakan Gear Rasio Nouvo , tapi eits.. kalau ada yang ingin pake komponen ini ga langsung PNP ya sobat mesti di costume dulu biar bisa pas di gearbox X-ride, yah buatr urusuan costume sendir silahkan hubungi mekanik yang di percaya aja. kebtulan aja yang saya punya itu sekenan jadi tinggal langsung pasang aja. dan  katanya sih ini bikinannya Suhu Acky Deat yang udah pasti ga bakal diragukan lagi. tapi tetep saya akan bahas sedikit deh biar si Gear Rasio Nouvo nya jadi PNP.

apasih yang ngebedain Gera rasio novo dan X-ride ini sehingga Gear rasio noouvo bisa lebih bagus akselerasinya.??? nah perbedaannya teletak pada jumlah gerigi di Gear nya untuk standarannya memiliki jumlah 13-47-42 sedangkan di Gera rasio nouvo memiliki jumalh gerigi 12-47-43 nah dengan komposisi itu maka akselerasi dari bawah sampai menengah atas, terbukti begitu di tes ride , baru buka gas dikit aja dikit banget buka gas Si rx-robo langsung naek ke 40kpj padahl itu bener bener dikit loh bukanya , naekin dikit lagi (belum masuk setengah) langsung naek ke 60 kpj , apalagi di betot jauh lebih dalam beuh enak banget pokoknya perbedaan dengan tarikan sebelumnya tuh sangat jauh sekali, yah walaupun baru di pake uji sampe lebih dari 80kpj , belum di maskimalin lagi. (lewat dari 80 kpj itu udah ngeri banget buat saya) 

 Nah buat yang penasaran nih di kasih unjuk deh kaya gimana gear rasio nouvo itu








 

  foto di atas yang dilingkarin itu bagian yang dicostume dibubut agar biasa masuk ke laher yang ada di cover gear boxnya (difoto yang lahernya agak nonjol keluar). ada juga yang cuma ganti laher dicover gearbox pake laher bambu bawaannya gear nouvo dan ditambahin lagi ring costume, emang sih ribet jd harus datang ke bengkel yang udah ahli bener, bisa juga datengin tempatnya kang dava CISH udah banyak juga yang bikin dari sana. 
selain costume bagian depan agar bisa masuk, bagian belakangnya juga kena costume, tujuannya agar lebih kuat. 

 kalau ini gear rasio x-ride yang tadi difoto pas ganti gear nouvo
 kalau di liat dari bagian sini tampat ga ada perbedaan antara gear rasio x-ride dan nouvo
 nah kalau di liat dari atas baru ketara bedanya arah gear nya , yang sebelah kiri itu gear rasio nouvo dan sebelah kanan gear rasio x-ride, kalau di liat milik nouvo arah gear nya lurus sedangkan punya x-ride nyerong dan jumlah gearnya pun beda nouvo 43 , xride 42

pun demikian dengan gear yang ini dari segi bentuk sih sama yang beda jumlah gearnya doank, bawaan nouvo jumlah gear bagian depan 12 kalau x-ride 13

 buat harganya sendiri sih lumayan mahal kalau barunya bisa di belli skitar 450ribu itupun harus inden dulu, klo sekenan sekitar 250ribu keatas, itu belum termasuk jasa costume dan pasang loh. jadi lumayan juga deh ngeluarin duit buat ningkatin akselerasi pake komponen ini, yah walaupun komonen ini banyak di gunain buat motor-motor boreup dan offroad ga ada salahnya juga motor standaran pake gear rasio nouvo karena terbukti meningkatkan akselerasi ini mungkin salah satu solusi buat yang pengen ningkatin akselerasi tanpa harus boreup. 

FYI motor saya udah boreup 125cc yah. klo ikutin postingan dan pantau status fb saya pasti apal gimana kondisi motor saya sekarang klo ga tau silahkan buka buka postingan sebelumnya.