Tuesday, January 31, 2017

DETEKSI KERUSAKAN ECU XRIDE

Hallo para pembaca setia blog saya. udah lama nih saya ga posting berita, kali ini di penghujung bulan saya akan berbagi pengalaman "buruk" , yup beberapa minggu kemaren saya kena musibah RX-robo mogok di daerah cilangkap abis perjalanan dari sukabumi tujuan jakarta, awal mula terasa di daerah bogor tarikan motor tetiba brebet.anggapan peratama mungkin karena kepanasan motor, ya udah sambil isi bensin lagi motor di istirahtin sebentar lalu lanjut lagi perjalanan, dan naas sesampainya di daerah cilangkap motor mati. ya udah saya minggirin motor dan coba starter lagi namun ga ada respon coba di selah masih berat berati bukan lost kompresi, ya udah di diemin dulu biar rada adem takutnya mesin kepanasan, namun motor ga kunjung nyala juga, nah di san mulai mikir apanya permasalahan ya udah d urt deh satu satu mulai dari ganti busi , sampe ganti injector, untung waktu itu perlengkapan di bawa semua, namun hasilnya nihil , motor ga kunjung nyala, sampe segala macem cara pun tetep motor ogah nyala . mau kembengkel biasa ga yakin karena waktu itu udah mau magrib juga, dan ga berapa lama ada teman xride lain dari depok yang ikut nemenin sambil calling2 yang lain buat ngatasin masalah ini motor, cuman hasil nihil , dan akhirnya ya sudah dengan bantuan dari sodara motor di stut sampe kerumahnya. dan balik kejakarta pake motor lain.

Hari rabu untung ada waktu luang karena bisa izin dari kantor, kahirnya coba cek motor dan dapet sedkit pencerah kenapa motor ga nyala, ternyata bensin ga maun yemprot di injector, klo dari sleangny langsung sih bagus semportannya., nah dari sini mikir lagi kira kira penyebabnya dari mana apa kabel aatau ienjctor yang rusak... karena masih ga bisa di benerin sendiri akhirnya saya bawa motor ke rumah Rampunk X-ride salah satu anak XYI DEPOK, sambil menunggu Kesek CISH Kang Dava, dan setelah kang dava datang mulai lah di bedah itu motor dari ganti Injector Ganti TB sampai hampir ngecek kabel body kayanya ga ada masalah, tapi tetep permasalahnya bensin ga mau nyemprot dari inejctor, dan saya pun teringat apa mungkin kerusaknya da di ecu, lalu say usul buat ganti ecu, dan.............. tara.......... motorpun mau menyala , dan ternyata kerusakan motor ada di ecu ya ganti ecu baru deh.

kembali ke hari sebelum kejadian,. sebenrnya tidak da yang aneh cuman tarikan motor saja yang terasa berat, anggapan saya mungkin karena kekurangan CO saja, dan bgt motor di konek ke Ydiag , ada report error 39 , yang berarti ada masalah di injector atau konslet di kabel injector, karena saya rasa ga da masalah di kelistrikan akhirnya memutusakn untuk ganti Injctor saja , dan mereset report error tersebut, pada saat itu masalah sudah teratasi. tapi ternyata ada masalaha lain. yang memang ada maslaah dari kelistrikan

Awal penyebab masalah kenapa ecu bisa rusak. Ada short/konslet tp sikring tidak putus cuman leleh, kejadian sebelumnya sekitar setengah tahun lalu sampe kabel akki leleh dudukan aki pun melebar karena short tp sikring ga putus, cek dan ricek sehabis ganti kabel body ternyata memang di kabel body sebelumnya ada kabel yg sedikit mengelupas yaitu kabel positif sehingga ngeshort ke body tp sekali lg g bikin sikring putus, memang sblm kejadian ecu rusak smp motor mogok sudah ada gejalanya, ditandai voltmeter ngedip saat motor distarter yg biasanya di motor saya menandakan ada kabel yg ga beres cmn saya hiraukan karena biasanya cmn ada masalah di klakson keong klo g kabelnya lepas atau ga kena air pas hujan. Krn gejala itu hilang sy tidak mengecek lagi perkabelan. Dan fatalnya minggu kemrn motor mogok yg ternyata permaslahannya ada di ecu yg ga bs mengintruksikan injector untuk menyemburkan bahan bakar bisanya ditandai error 39 d ydiag. Tp untk maslah ini lampu mil tidak berkedip sehingga maslahnya tdk terdiagnosis sehingga kejadian buruk pun terjadi. So klo solusinya biar g kejadian bagi yg banyak modifikasian pasang lampu dan klakson keong hati hati lah jika ada kabel yg terkelupas atau pemasangan yg tdk benar karena akibatnya bisa fatal.