Wednesday, August 24, 2016

WASPADA OLI KEKERINGAN

Kali ini saya berbagi pengalaman "buruk" tentang oli kekeringan yang baru aja terjadi sama RX-ROBO, yang ngebuat motor saya kaya suara tracktor, yapp... selepas 2 minggu nginep di BERES karena ganti head dan ada masalah dikruk as saya fikir selesai masalah motor karena motor urusan mesin dianggap 90% baru , (ganti head plus isi-isinya dan kruk as) , dan selama 5bulan mesin 125cc ga pernah ada masalah. namun kajadian berawal pas tanggal 17 agustus 2016 , pas motor diajak jalan-jalan pas kecepatan 80kpj motor mati tapi langsung bisa distarter lagi, waktu itu saya kira ada masalah di injector, tapi sempet ada feeling apa karena oli yah karena sehabis motor dirawat mekaninya bilang ganti oli pake Yama*** , karena motor masih bisa jalan ya udah pake terus tanpa sama sekali curiga sama oli. karena sama sekali ga ada penurunan performa motor motor masih kenceng dipake.

dan sejak hari minggu motor udah kerasa beda ada suara di mesin, awalnya sih dikira itu karena stelan klep aja, ya karena masih males ngecek ya masih dipake sampe senin, dan ini lah puncaknya, pas pulang kantor dari Arah pulomas menuju cempaka putih dengan kecepatan 80kpj lebih motor mati ditengah jalan seperti kekurangan bensin, dicoba nyalain masih mau tapi mati lagi, ya sudah coba minggir dan cek motor, saat diselah masih keras berari motor ga loss kompresi nih, cb cek resistor aman, cuman bgt dinyalain motor semakin kasar, wah curiga nih di oli, dan.. benar saja pas buka tutup oli asep keluar diliat sama sekali oli kering. dengan perasaan was was. paksain bawa motor ke bengkel terdekat dan minta ganti oli, mekanik bengkel pun kaget pas buka sama sekali ga ada oli, sampe nanya2 berapa lama ga ganti oli, ya jawab aja baru 2 minggu keluar dari BERES . ko bisa begitu??? saya pun ga tau... 

....................................................................................................................................................................

dari kejadian di atas ada beberapa penyebab kenapa motor bisa sampe kekeringan oli, terlebih motor udah ga standar lagi cc nya otomatis oli harus bener bener di cek, klo menurut ahlinya Oppa Vikry Kemungkinan besar yang terjadi adalah mekanik salah pasang ring seher gap ring seher di pasang sejajar yang menyebabkan oli lolos sampe ruang bakar, klo kejadian seperti ini memang ga bakal menimbulkan asap diknalpot normalnya klo ada kebocoran oli maka akan ada asap putih di knalpot, tapi untuk kasus ini biasanya engga, sehingga kontrol oli pun terabaikan.  nih deh lengkapnya saya kasih kenapa oli bisa sampe kering
  1. Sil Klep atau katup Bocor.
    Sil klep atau bisa juga katup bocor ini yang bisa menjadikan penyebab oli mesin berkurang , hal tersebut dikarenakan oli merembes dan masuk ke batang klep yang kemudian tersedot ke ruang bakar melalui manipold.
  2. Kebocoran Mesin
    Kebocoran pada mesin motor juga bisa menjadi indikasi yang menyebabkan kapasitas oli pada motor berkurang mungkin karena dari blok packing yang kurang pass dan sempurna. Untuk menghindari kebocoran mesin anda bisa melakukan pengecekan rutin pada daya tahan dari blok packing , ring piston apakah part tersebut masih bagus atau perlu diganti part tersebut memang tidak menyebabkan kebocoran mesin tapi membuat oli bisa ikut terbakar . Berkurangnya oli bisa dilihat dari kebocoran mesin , jika dilihat kasat mata maka akan kelihatan keluarnya oli dari celah celah mesin
  3. Ring Seher /Boring Aus / Ring Piston aus /lengket 
    Penyebab berikutnya yang menjadi oli mesin berkurang yaitu Ring seher atau ring piston yang aus/lengket atau bisa juga boring aus (sudah longar). Kondisi ini tentunya akan menyebabkan oli pelumas mesin yang berada di cylinder tidak tersapu dengan sempurna oleh ring piston yang akan menyebabkan oli terbakar pada saat proses pembakaran dan pastinya akan membuat oli berkurang , sebenarnya ini penjelasan lebih detailnya dari point no 2 diatas
  4. Urutan Dalam Pemasangan ring piston yang tidak benar
    Apa bila dalam pemasangan ringpiston tidak benar biasanya akan menyebabkan berkurangnya oli pada mesin, sama seperti pada point no 3 dimana kesalahan pemasangan ring piston akan menyebabkan oli tidak tersampur secara sempurna dan akan terbakar di ruang pembakar
  5. Oli Motor yang Menguap
    Hal ini juga bisa menjadi penyebab karena oli berbentuk cairan yang mempunyai sifat menguap apabila terkena panas apa lagi panas yang dihasilkan berlebihan . Oli yang mengalami penguapan biasanya terjadi pada motor yang sering kena macet atau daerah yang macet yang menyababkan suhu pada mesin makin tinggi, dan bisa makin tinggi juga penguapan pada oli
  6. Tingkat Kekentaan Oli
    Seperti yang kita ketahui , oli pada mesin mempunyai beberapa tingkat kekentalan, semain tinggi angka SAE pada label produk oli maka menunjukan bahwa semakin tinggi juga tingkat kekentalan oli tersebut, dan sebaliknya jika kode angka SAE pada label produk oli semakin kecil maka tinggkat kenceran juga semakin encer. Untuk oli yang sering mengalami penguapan adalah oli yang encer atau terlalu encer ,tapi sebenarnya tidak terlalu berpengaruh soalnya oli yang memiliki tingkat keenceran juga di bekali dengan zat adiftif yang bisa menjaga suhu agar tetap stabil
  7. Menaikan Ukuran Mesin
    Melakukan bure up atau mengganti diameter piston ke ukuran yang lebih besar juga bisa menyebabkan atau berpontensi besar menyebabkan oli berkurang lha kok bisa ..? iya bisa karena kinerja mesin semakin berat dan tinggi maka dari itu oli mengalami penguapan dan biasanya secara berkala oli harus ditambah walaupun belum masa pergantian,bahkan biasanya bisa berkurang cukup drastis yang suka bore up biasanya sudah tahu resiko yang akan terjadi pada motornya , maka perlu bengkel yang profesional agar tahu standard yang baik seperti apa.
  8. Karakter Pemakain yang Ganas
    Faktor yang satu ini juga bisa menjadi penyebab oli mesin berkurang , jika pemakaian kendaraan sering dalam kondisi panas apa lagi ditambah kemacetan bisa membuat oli mesin menguap. Menggunakan kendaraan dengan full to full atau orang biasa menyebut dengan gaspoll mentok terus, penggunaan throttle yang tidak beraturan , stop go juga bisa membuat oli menguap dan berkurang.
  9. Asap Putih pada Knalpot Motor
    Asap knalpot yang berwarna putih adalah salah satu efek yang ditimbulkan dari sil klep yang bocor , ring piston aus/lengket dan juga bisa karena kesalahan pemasangan ring piston. Faktor ini menyebabkan oli ikut terbakar yang kemudian memunculkan asap putih pada knalpot . selain itu faktor ini juga bisa menyebabkan busi cepat mati