Wednesday, April 1, 2015

Hobi Offroad, harus lebih rutin cek Vbelt

Salam jumpa lagi nih sama saya, ini psotingan pertama di bulan ini sebelum beberapa bulan kedepan Vakum soalnya saya mau Orientasi,Diklat PLus Prajabatan dulu yah selama kurang lebih 67 hari, hehehe.. Oke sesuia dengan judul Postingan kali ini saya kembali akan membahas masalah Vbelt, sperti yang kita ketahui Vblet itu ibaratnya rante di motor konvensional klo vbelt ada masalah maka tarikan pun pasti ga bakal bener, apalagi nih klo Vblet putus rasanya bakal lebih cape dari pada putus Cinta , ya iya lah karena kita mesti dorong motor karena ban udah pasti ga bakal muter, yah masih mending kalau di jalan raya nah bagai mana kalau lagi offroad??? kebayang donk gimana jadi nya. 

Oke kita bahas lagi masalah Vbelt nya biar cocok sama judulnya, yah menurut buku petunjuk penggantian vbelt itu di wajibkan kalau udah masuk km 25ribu, tapi beda lagi kalau kita hobi offroad penggantian komponen ini bakal lebih sering lagi, nah saya sendiri aja udah 2 kali ganti Vbelt di motor baru sekitar 8ribu Km. (sebenarnya masalah vbelt pernah saya bahas juga tapi nyari nyari postingannya malah ga ketemu lagi nih.. hahaha...  )

nah kalau temen temen semua nih yang hobi offroad harus extra ngelurin uang buat ganti satu komponen ini karena bakal sering banget ganti, di kilometer 15rb saya juga udah harus ganti Vbelt, bukan tanpa sebab, karena setiap offroad CVT siksa abis abisan apalagi kalau jalurnya banyak tanjakan dijamin deh tuh cvt bakal masalah, sperti yang saya alami sendiri pada saat  fun-offroad-cicurug-lido-bodogol motor mengalami masalah selalu slip, sehingga selalu ketinggalan dari yang lainnya, pas pulang dari cicurug ke sukabumi pun susah banget ngejar yang lainnya karena slip, dijalan udah cemas aja gimana kalau Vbelt putus bisa amsyiongg deh. tp untung lah masih bisa pulang dengan selamat , nah selesai offroad ke esokan harinya saya periksa langsung tuh cvt pengen tau kedaannya, pas pertama di buka liat vbelt, dan di tekan sedikit kerasa banget vblet ga kenceng alias kendor kaya tali kolor,hahaha.. ya udah deh langsung saya bongkar semua dan cukup terkejut saya liat kondisi Vbelt yang sudah rusak , benang benang yang ada di pinggir Vblet pada putus dan keluar dari Vbelt .  kaya begini 

dan karena Vbelt serabut nya udah pada keluar akhirnya Primary Sheave nya juga jadi korban ada goresan di permukaannya, wah amsiongg deh.. 



nah ini dia gara gara Vbelt yang jarang saya cek akhir akhir ini karean terlalu sibuk eh ga taunya udah mau putus akhirnya kena mana mana, So buat temn temn semua rajin rajin lah cek Vbelt, biar ga kejadian kaya saya, untung saja saya masih punya cadangan Vbelt dirumah dan cadangan Primary Sheave jadi ga risau tinggal ganti lagi dan motor siap ga lagi, dan tips lainnya selalu bawa perlatan selengkap lengkapnya dan cadangan vbelt kalau mau offroad yah,, sekian dulu dari saya sampe berjumpa lagi 2 bulan mendatang, saya mau vakum dulu ngisi blog selesai prajabatan nanti Insya Allah saya Update lagi blog nya ,  dengan tutorial dan berita menrik lainnya , karena saya Hijrah ke Jakarta kayanya bakal banyak berita nih bisa di himpun dari Region XYI Jakarta dan Sekitarnya,, hahaha