Thursday, May 1, 2014

Penyebab dan cara mengatasi X-ride "mati" mendadak

Kali ini saya akan membahas pertanyaan yang sering di tanyakan di grup x-riders Indonesia mengenai motor yang sering mati mendadak pada saat jalan, yupss kejadian seperti ini sering sekali ditanyakan beberapa member dan juga dari beberapa rekan X-rider lain yang bertanya melalui sms pada saat kejadian, lalu apa sih penyebab nya motor sering mati mendadak??? , dari beberapa data yang saya himpun kejadian ini dikarenakan beberapa masalah, mulai dari kualitas aki yang kwalitasnya  kurang bagus, Sikring putus, ECU, bermasalah. 


Permasalahan pada aki/accu : 
Aki/accu merupakan sumber utama kelistrikan di motor injeksi jadi jika aki/accu bermasalah/tekor maka motor pun akan bermasalah, berbeda dengan motor berjenis karbu walaupun aki/accu bermasalah/tekor masih bisa jalan tuh motor, motor injeksi bekerja dengan bantuan banyak sensor. Sementara sensor banyak berkait dengan kemampuan arus listrik mensuplai kebutuhan sensor untuk tetap hidup dan bekerja membaca kondisi kendaraan nah, hal ini yang akan menjadikan penyusutan voltase di dalam aki tersebut, apalagi jika motor di tambah dengan banyaknya lampu variasi dan klakson yang besar, penyusutan Voltase akan cepat terjadi, Solusinya adalah usahakan motor kesayangan anda tidak terlalu banyak menggunakan lampu variasi jika tidak ada modifikasi di kelistrikan agar aki tidak tekor.

Selain itu menurut beberapa member yang pernah mengalami kejadian motor mati mendadak gara gara aki, karena kualitas aki/accu yang tidak bagus, hal ini di ketahui setelah motor di bawa ke BERES ( Bengkel Resmi) memang untuk kejadian ini mungkin hanya terjadi pada beberapa motor, dan jika motor masih dalam jangka waktu garansi kelistrikan, klo ga salah sekitar 6 bulan, maka kita bisa Klaim garansi untuk mendapatkan aki/accu yang baru, tapi jika sudah lewat masa garansi kelistrikan yah siapakan saja budget untuk membeli aki yang baru.

ada juga kejadian motor mati mendadak, karena terminal/ kabel aki yang kendor , kalau kendor yang tinggal kencengin aja. 

Permasalahan Sikring : 
Sikring berfungsi untuk memutus arus listrik yang melewati sikring tersebut jika terjadi konslet secara tiba-tiba atau arus listrik yang mengalir melebihi besar arus yang di ijinkan oleh sikring maka dengan sendirinya sikring akan putus. hal ini sering sekali di alami X-riders, tiba tiba motornya mati dan kelistrikan pun ikut mati semua, dilihat lampu indikator di speedo meter juga mati, nah jika mengalami permasalahan seperti ini tidak usah panik, karena mungkin sikring di motor anda putus, jadi solusinya adalah dengan mengganti Sikring yang putus tersebut dengan yang baru, biasanya pada saat kita membeli motor selalu di kasih sikring cadangan, untu posisi sikring X-ride berada di bwah jok, tepatnya ada di dekat aki, tinggal buka saja penutup aki dengan menggunakan obeng plus,  untuk motor X-ride ukuran sikring 15 ampere. 

Permasalahan ECU :
Terkadang motor yang mati mendadak pun bisa di sebabkan Oleh ECU, ECU merupakan Otak dari motor injeksi yang berfungsi untuk mengontrol kelistrikan pada motor injeksi jadi jika ECU bermasalah, maka motor pun akan bermasalah, diantara penyakit yang di timbulkan jika ECU bermasalah adalah motor mati mendadak pada saat digunakan, untuk mengatasi permsalahan ini, wajib hukumnya kita harus membawa motor Ke BERES (Bengkel Resmi) untuk Reset/Maping Ulang ECU nya, 

Dari semua permasalah diatas jika mengalami motor mati mendadak tidak udah panik tinggal di urutkan saja semua permasalahannya, cek kondisi aki apa longgar atau tidak, kalau aki/accu soak motor masih bisa di ajak jalan walaupun tarikan terasa tersendat, sama halnya permsalahan pada ECU jika ECU bermsalah motor masih bisa di bawa jalan, tapi yang sering terjadi adalah point no 2 yaitu Sikring putus, oleh karena itu kita harus selalu menyediakan Sikring cadangan di motor, karena putus Sikring di jalan "Lebih cape dari pada putus Cinta", apalagi kita ga bawa sikring cadangan pasti cape dehh dorong motor,hehehehe . 

Demikian lah postingan dari saya jika ada kekurangan mohon maaf . 


73 comments:

  1. X ride saya tiba2 mati dijaln,lampu nyala,bensin penuh.saya bawa ke bengkel yamaha bilangnya hrs servis 2hri ,n ga bisa klaim garansi.... Ada solusi ngga?biar ga keulang lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama gan, ane juga gituh. Padahal motor baru 7 bulan eh tiba tiba mati

      Delete
    2. Sama gan, ane juga gituh. Padahal motor baru 7 bulan eh tiba tiba mati

      Delete
    3. saya pernah mengalami itu karena tidak ada kompresi, krn klep bocor

      Delete
    4. Akhirnya gua merasakan juga dorong motor x ride untung bukan x max.. padahal semua kondisi ok baik dari oli,bensin dll..

      Delete
    5. Motor sy tiba tiba hk mau nyala.
      Lampu indikator berkedip.kedip.
      Mslhx ap bro

      Delete
    6. Punya saya sering begitu mati tiba tiba, di engkol hilang kompres, orang bengkel bilang harus ganti blok mesin,tapi setelah mesin dingin bisa hidup lagi,,itu kenapa ya? klo ganti blok kan mahal..

      Delete
    7. Ini xride tahub berapa bro ?

      Delete
  2. x ride sy lg jalan tiba2 mati klistrikan jg mati tapi tiba2 jg klistrikannya hidup lg
    apanya ya...

    ReplyDelete
  3. Motor saya mati total, saya curiga pada skring, tapi setelah saya periksa sekring bagus. Kecurigaan saya berpindah ke kable, jangan2 d gigit tikus. Cari bengkel resmi yamaha tdk ada yg dekat dgn lokasi kami...duhhhhh

    ReplyDelete
  4. Motor x raid saya tengki bensinnya berkarat hingga kotorannya bercampur dgn bensin udah dibersihin tapi setelah diisi bensin kembali kotoranya kembli ada akhirnya mtr saya g bisa jalan karna bensin slalu bercampur kotoran

    ReplyDelete
  5. Motor x raid saya tengki bensinnya berkarat hingga kotorannya bercampur dgn bensin udah dibersihin tapi setelah diisi bensin kembali kotoranya kembli ada akhirnya mtr saya g bisa jalan karna bensin slalu bercampur kotoran

    ReplyDelete
  6. Klu pngalaman saya bersihkan injektornya.. biasanya kotor

    ReplyDelete
  7. Klu pngalaman saya bersihkan injektornya.. biasanya kotor

    ReplyDelete
  8. kalo x ride tiba tiba mati, tapi bisa hidup lagi itu gumana ya ?

    ReplyDelete
  9. Motor xride sy bisa idup tapi kalo di gas ato turun dari standar atas langsung mati lagi, jadi bisa idup tpi gk bsa jalan...

    ReplyDelete
  10. Coba cek busi , dan pethatikan/hitung berapa kali kedipan lampu ecu nya di speedometer

    ReplyDelete
  11. Coba cek busi , dan pethatikan/hitung berapa kali kedipan lampu ecu nya di speedometer

    ReplyDelete
  12. x ride saya di kontak hanya lampu senja yg nyala, selain dari itu mati semua,bahkan pengapian ga ada, mohon solusinya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Speedometer,lampu sen, lampu rem, klakson mati, hanya lampu senja yg nyala, pengapian sama skali tidak ada.

      Delete
  13. x ride saya di kontak hanya lampu senja yg nyala, selain dari itu mati semua,bahkan pengapian ga ada, mohon solusinya.

    ReplyDelete
  14. Pa kenapa kenapa ko motor x ride saya susah di setater meaki sudah pake aki baru itu juga cuma bisa di pakay 3/4 kali setater kenapa ya pa

    ReplyDelete
  15. X ride saya bensin klo udah setengah suka mati,tapi klo di isi full tdk ada mslh,,, kira2 apanya ya??

    ReplyDelete
  16. mau tanya, x-ride ane, lampu indikator keran injectornya mati.. d cek semua kabel ijo (d bwh jok) terhubung dan lampu spido normal.. kerusaannya dmn ya kira2?
    terus lampu kecilnya cepet putus.. penyebabnya apa y?

    ReplyDelete
  17. Mas motor saya tiba tiba mati terus di stater lagi hidup sesudah itu mati lagi. Di bawa jalan tiba tiba mati nanti bisa hidup lagi. Apa penyebab nya tu mas

    ReplyDelete
  18. Motor x raid sy sering mogok klo di bawa pergi kerja jauh, apa ya kira2 penyebabnya.. klo gas mtornya diturunin atau d lepas otomatis langsng mati

    ReplyDelete
  19. Xride saya kalo mau abis bensin mati tp hidup lagi dan terus2an seperti itu sampai saya isi lagi baru normal lagi.

    ReplyDelete
  20. kalo saya motor nyala tapi lampu utama, lampu senja, lampu belakang, lampu rem semua mati.
    tapi lampu sein nyala, klakson kenceng, stater lancar
    kira2 apanya ya???
    thanx, please coment

    ReplyDelete
  21. Mohon bantuan penjelasannya. Xride saya klo starter elektrik pertama Kali misalnya pagi Hari tdk bs nyala. Hrs diengkol berkali2. To klo Sdh jalan lbh 30 mnt bisa nyala pke starter listrik. Itu Knp ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ia sama,motor saya dari pabrik udah gak bisa stater tangan klo belum jalan lebih dri 5 menit,udah bawa kebengkel udah bagus,eh besoknya kumad lagi

      Delete
  22. Tolong bantuan dan penjelasannya, kenapa ya YmH X ride saya lampu indikator mesinnya pas dinyalakan lampu indikatornya menyala trus tak berkedip bgitupun pas mesin blom dinyalakan lampu indikator berkedip... kira2 solusinya apa ya, trima kasih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saran dari saya, bawa ke bengkel resmi Yamaha.

      Delete
    2. As klo ufh dicek dibengkel resmi udh normal semua di diagnosa tpi ko indikator masi nyalah pas udh brapa menit dijalan padahal normal semua

      Delete
  23. Saya juga pernah ngalamain mas e motor mio mogok tiba tiba. masalah terselesaikan dan akhirnya saja juga nulis tentang mengatasi motor mogok tiba tiba dan semoga apa yang saya bagikan bisa bermanfaat seperti pada artikel blog ini. maju terus dunia otomotif tanah air.

    ReplyDelete
  24. Bang ex tide saya, jika dalam keadaan hujan besar tiba tiba mati dan di tambah kena jeglugan jalan rusak pun sama, namun sebelum mati, tenaga nya turun standar dan mati total. Tidak lama beberapa menit hidup kembali. Tapi itu telurang terus menerus . Saya pikir busi jelek, karna selalu mengeluarkan asap. Tapi setelah saya ganti. Ttep saja sama terjadi ketika hujan saja.oli pun ga pernah telat. Tolong solusi bantuan nyah

    ReplyDelete
  25. Gan saya mau nanya nih, kalo memperbaiki kabel speedometer yang putus kira" biaya nya berapa ya ?
    Ke bengkel biasa apa harus ke bengkel resmi nya gan ?
    Terima kasih sebelumnya

    ReplyDelete
  26. Motor sya kalau lagi jalan tiba tiba mati idup mati idup kya kaga kuat panas gan,trs juga lampu indikator yg gambar water colling nya menyala ikut mati idup mati idup,mohon jawaban nya gan..!!!

    ReplyDelete
  27. Sya capek dgn X-Ride sya gan suka mati mendadak.kata bengkel permasalahan ya bukan yg agan tulis di atas tapi di sebabkan masalah konversi (mohon pencerahannya kenapa bisa terjadi seperti ini) cara mengatasi nya bengkel memasukan oli ke lobang mungkin t4 busi ya.dan baru bisa nyala pertama Tama knalpot nya ngebul dulu...ddemikian

    ReplyDelete
  28. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  29. X ride ane Dr br pe skrg dah 4thn blm pernah servis cm gnt oli rutin alhamdulillah g da masalah sm skali msh lancar jaya. And sngaja g servis supaya setingan aslinya g diotak atik montir jail. Pergantian part cm busi n roller itupun bkn di beres

    ReplyDelete
  30. Sama X-Ride saya pun gejala nya kalo bensin tinggal setengah tiba2 mati trus idup trus mati, kalo di isi full lagi lancar jaya. Ada yg bs bantu jawab?

    ReplyDelete
  31. Yamaha bnyk masalah,,, x ride sy pun gitu, baru pake 1 tahun setengah, tiba2 mati mendadak, bawa ke BERES katanya klep bocor (bengkok), + ECU, semua habis 1.135ribu. pihak yamaha g' mau klaim garansi, bla bla bla kata'y...

    ReplyDelete
  32. x rid sayah mati lampu injeksi nyah motor juga ga bisa idup gimana solusi nyah

    ReplyDelete
  33. Mohon pencerahannya agan2, x ride saya boros d sekring aki, d bawa k beres udh 3x
    1. Ganti lampu belakang, 2. Ganti tempat sekring 3. Klaim garansi, eh msh ttep penyakitnya gtu, sampe skrng udh mulai kesel

    ReplyDelete
  34. Biar irit bensin gmma ya boros bgt bsin x ride ane

    ReplyDelete
  35. Maaf mau tanya gmna cara iritin bsnin boros bgt bnsin nya motor sya mana suara nya agak kasar mesti gmna ya

    ReplyDelete
  36. Motor x ride 2017 saya tiba tiba mati di jalan,saya cek kelistrikan,klakson,stater,lampu,aki normal dan bensin penuh,kompresi normaljuga,itu kenapa ya?yang tau tolong kasih tau ya biar gak keluar biaya banyak😀.

    ReplyDelete
  37. Mohon penjelasannya,motor saya udah 2 kali mogok dalam 1 bulan ini. Ketika di jalan lampu indikatornya kedap kedip terus lampu utama kedap" juga setelah itu motor mati. Di sela bisa nyala tapi pas di gas dia ga jalan , lalu mati lagi. Tolong penjelasannya.

    ReplyDelete
  38. x ride saya mati total.lampu indikator g nyala,cek aki masih bagus,skring ny bagus..kira2 apa ny y.mohon clue ny buat suhu2.beres daerah saya kbtln ssh cari yg jujur,dan trauma stlh bbrp x dikecewakan

    ReplyDelete
  39. Sama semua penyakit nya sperti itu semua..motor saya juga sekarang kalo di setater hidup oas di lepas standar 2 mati...dan belum ada jawaban yg pasti dari semua montir heeee yamaha semakin di belakang ini mh

    ReplyDelete
  40. MOTOR XRIDE 125 digas gak bisa mrebet padahal sudah dibersihkan dari full pump sampai injektor kenapa bro

    ReplyDelete
  41. Motor x ride sy klu nanjak mati knp yh

    ReplyDelete
  42. mas bro, motor ku ini loh, kan smentara di modif yah, otomatis mesin motor nggak pernah nyala, udah 2 minggu tapi kok susah nyala skarang yah, faktornya apa yo ? harus bawa ke BERES ?

    ReplyDelete
  43. Gan mau nanya motor x-ride saya kalo gas nya hk ditahan atau lepas gas langsung mati ngidupinnya susah starter gk bsa? Boleh bgi solusi

    ReplyDelete
  44. Mohon solusi nya gan..
    Motor x-ride saya mati tiba tiba,elictrik stater dan kick stater gak bisa di gunakan..

    ReplyDelete
  45. Mao tanya gan, motor xride saya aki bagus kiprok CDI dan Coil bagus, dan saat distarter ga ada pengapian atau ga mao ngangkat kira" apa penyebabnya ya

    ReplyDelete
  46. Semua keluhan motor saya sama kaya komentar di atas . . Motor saya Fino injeksi 2014 kalau perjalanan jauh sering mati mendadak dan stop kontak tidak nyala sama sekali (matot? setelah 15 menit di kontak lagi baru bisa hidup kembali motornya .
    Yamaha emng banyak penyakitnya terutama motor injeksi keluaran 2014.

    ReplyDelete
  47. Kenapa baru nemu blog ini pas motor udh datang trus bermasalah..hiks..barusan dianter motor baru..pas dicoba lampu depan mati, lampu rem mati..sy telpon salesnya minta ganti baru karna yng dikirim cacat trs kata salesnya diganti baru kalo ada masalah mesin.,lhaa..2 motor dirumah produk honda udah 10 tahun lebih masih greng smp sekarang gak ada masalah. pindah ke YAMAHA karna naksir model Xride (seandainya Beat Street ada yg cc 125 udah pasti pilih Beat Street). Ada yang pernah ngalamin gan..mohon pencerahannya. makasih

    ReplyDelete
  48. Jika yamaha X-RIDE pompa tidak berpungsi tp CDI panas juga lampu injeksi tdak hdup knapa gan

    ReplyDelete
  49. Mas,,Xride saya baru 3 bulan. Terakhir pagi kemaren saya pake, pas berhenti saya lupa cabut kunci. Dan kunci on sampai sore. alhhasil motor saya mati total. Kira2 apanya ya mas yang bermasalah?? tks

    ReplyDelete
  50. Bg sya jga mau komen mtor x ride sya juga sering mati mendadak dan tiba tiba itu lngsung berdampak pada seher

    ReplyDelete
  51. Xridw sya tiba tiba mati dijalan, nyesel beli xride

    ReplyDelete