Thursday, May 1, 2014

Mengatasi masalah pada rem cakram dan Menghilangkan Bunyi decit di rem Cakram

Bunyi decit di rem cakram sering di alami oleh para pengguna motor, biasanya penyebab utama karena banyaknya kotoran yang menempel  di komponen rem tersebut hal ini bisa di akibatkan air hujan bercampur debu atau lumpur sehingga kotoran mudah menempel di Kampas atau cakram Selain itu masalah lainnya adalah kampas rem yang bergelombang/tidak rata sehingga menimbulkan bunyi decit dan terkadang bagian cakram pun akan mengalami panas yang berlebih dan lama kelamaan membuat piringan cakram pun ikutan tidak rata yang pasti akan mengurangi kenyamanan, nah kali ini saya akan sedikit memberikan tutorial mengatasi masalah pada rem cakram di motor X-ride.

Hal pertama yang harus di persiapkan adalah perlatan untuk membersihkan bagian rem cakram di antaranya :

  1. Tang
  2. Amplas
  3. Sikat kawat
  4. koas
  5. obeng minus
  6. dan Carian pelumas/Contac Cleaner 
Langkah pertama yang harus di lakukan adalah melepas kampas rem dari Kaliper rem, eitsss... tidak usah khawatir proses ini tidak perlu yang namanya bongkar/lepas ban depan atau lepas  kaliper rem Cukup lepas pin dan clip pengunci yang berada di bawah kaliper.  dengan menggunakan Tang. 




Setalah pin terlepas untuk memudahkan melepaskan kampas , congkel sedikit bagian kampas dengan menggunakan obeng min, agar piston di kaliper rem tidak terlalu menekan kampas, karena kalo masih menekan akan susah melepas bagian kampas rem nya


setelah bagian di atas di congkel selanjutnya tinggal melepas kampas rem bagian dalam lihat pada gambar, putar kampas rem depan kearah kiri/ sesuai arah jarum jam.



untuk melepas kampas rem bagian Luar, anda harus sedikit menarik Kaliper rem ke arah luar agar memudahkan untuk meleapsa kampas rem nya. 


Nah sekarang Kampas rem Sudah terlepas semua tinggal lakukan pembersihan, Untuk membersihkan kampas rem gunakan sikat kawat dan sikat seluruh bagian dari kampas rem 


Setelah selesai di sikat, selanjutnya adalah mengamplas bagian kampas rem agar kembali rata, 


bagian kiri belum di amplas dan bagian kanann yang sudah di amplas

Langkah selanjutnya dalah membersihkan bagian as/dudukan untuk kampas rem, tujuannya agar kampas rem bisa bergerak bebas kembali tidak terhalang oleh debu yang menempel, untuk pembersihannya bisa menggunakan koas, selanjutnya bisa di semprot dengan cairan pelumas/Contact Cleaner 



Setalah semuanya selesai di bersihkan selanjutnya adalah memasang kembali Kampas ke bagian Kalipernya, pasang bagian luar kampas rem terlebih dahulu selanjutnya pasang bagian dalam kampas rem. 
  

Masukin pin ke posisi awal dan kunci kembali dengan clip, 


Selesai, selanjutnya tinggal di uji coba,











No comments:

Post a Comment