Tuesday, February 9, 2016

CEK RUTIN OLI MESIN AGART TIDAK BERKAIBAT FATAL

Akhir-akhir ini banyak sekali postingan di grup Xrider Yamaha Indonesia banyak sekali postingan tentang kerusakan motor yang di akibatkan telat ganti oli, dari gejala awal motor susah di nyalain sampe motor yang mati mendadak wal hasil begitu di bawa kebangkel baru ketaun deh penyebabnya apa "Telat Ganti Oli"

ya Oli merupakan sumber pelumasan di dalam mesin motor jika kapasitas oli berkurang atau bahkan sampe oli telat ganti maka efek yang di timbulkan bisa "bahaya" karena kalau sampe telat banget maka biaya yang harus di keluarkan pun akan sangat besar beda jauh kalau dibandingan dengan biaya perawatan yang malah tidak terlalu mahal. penggantian oli sendiri sih sangat di sarankan minimal tuh 2 bulan sekali atau jika kilo meter sudah mencapai 3ribu KM, sesuai dengan jenis/merk oli yang di gunakan karena ada merk oli pun yang bisa tahan lebih dari 3rb Km, tapi itupun tidak bisa jadi ukuran kita harus rutin ngecek kapasitas/volume oli yang ada di dalam mesin dengan cara mengcek disptik oli mesin karena di sana kita bakal tau kapasitas oli berkurang atau tidak, 

caranya kaya begini:
  1. motor di dirikan pake standar tengah, terus nyalain motor sekitar 1 menit saja dan di diamkan 5 menit
  2. lalu buka/putar disptik yang ada d deket knalpot pake tang
  3. setelah dibuka lalau lap distik dengan kain atau tisue
  4. nah pada bagian bawah dipstik ada ukuran buat mengetahui batas atas dan batas bawah oli
  5. masukan kembali disptik ke motor tapi jangan diputar kemudian keluarkan kembali
  6. distu kita bisa lihat kapasitas oli, jika oli ada di tengah tangah batas atas dan batas bawah disptik berarti aman, tp jika kapasitas oli berada di batas bawah maka harus segera mengganti oli. 


gambar ilustrasi dr google, yang aslinya nyusul ya..

Lalu apa sih gejala/efek kalau Telat ganti Oli???

gejala awal yang sering di timbulkan adalah LOSS KOMPRESI , ini gejala umum jika Oli dalam mesin sudah mulai berkurang yang membuat komprsi motor jadi loss dan motor sudah pasti susah buat dinyalain/starter mesti dipancing Oli lewat lubang busi baru tuh motor bisa nyala lagi. namun efeknya cuma sebentar aja kalau ga ganti oli pasti motor bakal mati lagi tuh. dan lama kelamaan akan merusak komponen-komponen lain terutama blok mesin dan seher, "ngeriiii" . nih sperti foto foto yang saya kumpukan berikut ini dari grup xrider yamaha indonesia . 






Bagaimana ngeri bukan, walapun xride sudah diasil silinder tetep aja klo telat ganti oli efeknya bakal begitu juga, so mulai sekarang jangan malas ganti oli dari pada ngeluarin duit banyak buat ganti blok mesin dan seher,