Friday, September 8, 2017

Haluskan "Kulit Jeruk" Intake Manifold apa efeknya?


Apakabar Xrider semuanya sudah lama sekali nih ga ada postingan dimari, maklum saja karena kesibukan kerjaan yang sangat Menggila sampe bulan ini, oke deh buat kali ini saya akan bercerita tentang Intake Manifold atau yang di kenal juga dengan leher angsa di motor. Intake manifold adalah saluran udara dimana berfunsi sebagi campuran udara dan bahan bakar sebelum masuk ke ruang bakar atau istilah kerennya itu combustion chamber. 

Standarnya setiap Pabrikan manapun membuat Intake Manifold ini berkontur dalamnya seperti kulit jeruk tapi para mekanik banyak yang merubah, menghaluskan atau menghilangkan "kulit jeruknya" tersebut untuk meningkatkan performa dari kendaraannya. karena dengan perubahan tersebut akan mempercepat masuknya campuran Bahan bakar dan udara ke ruang bakar, jadi ga ada hambatan lagi dari si "kulit jeruk". nah begitu menurut teorinya.

dan dari pada sekedar teori yang di dapet kalau ga saya cobain dan tes sendiri ga asik donk, karean teori akan menjadi teori saja tanpa pemb uktian dengan prakteknya.hihihi, jadi ga sekedar postingan katanya katanya saja., 

Untuk Pengahlusan lubang Intake ini sebenernya tidak boleh sembarangan harus di kerjaan oleh yang bener2 ahli dibidangnya karena ada ukuran tertentu yang saya sendiri juga masih belajar tentang hal tersebut tp berbekal dari pernah liat prosesnya waktu maen ke Vikrysal Workshop dan dikasih tau dari beberapa teman X-ride juga akhirnya saya nyobain sendiri . 


dengan berbekalbor tuner dan amplas, saya cobain deh tuh halusin kulit jeruknya . klo di ukur2  asumsi saya sktr 0.5mm bagian yang di kurangi/dihaluskan bagian kulit jeruknya, saya coba halusin semua bagian kulit jeruk di lubang manifoldnya. sampe bener2  yakin bagian kulit jeruknya sekrang menjadi lebih halus, (sorry lupa ke foto hasilnya). dan saya perhalus lagi dengan autosol biar makin halus, setelah selesai semua, dan dibersihin , langsung saya pasang lagi, kemudian di tes. beuh ternyata memang saya rasakan ada sedikit perubahan dari suara mesin yang di hasilkan. 

 "i feel something differnt sm suaranya , ko kaya lebih ngebass ngebass gmn gt padahal knalpot standar. lebih meraung. beda sama yang yg pernah dicobain sblmnya malah tenaga aja cenderung ga enak pas pake knalpot standar makanya ogah deh balik pake knalpot standaran waktu itu.. tp pas kmrn memang beda. tenaga bisa di bilang lumayan nambah dan  bagusnya nembak2 malah kurang. pdhl sblm ganti pake tsukigi atau KLX bleltak beletuk tuh knalpot. yah lumayan lah pokoknya mah. setelah sedikit modif saluran intake. alias alusin saluran intake. tenaga sedikit berubah. intinya sih bukan karena ganti knalpot tp krn ada ubahan di intake makanya hasilnya pun berbeda. entah kenapa abis modif intake gejala nembak langsung berkurang. mau pake knalpot apapun. dan ada sdkt tambahan tenaga."
 
nah yang di atas hasil dites dan dipake langsung jauh jauhan, tes pertama hari minggu dipake dari sukabumi ke jakarta waktu itu co masih di angka 21 tenaga oke cuman ya bensin sadis banget lah, lalu hari rabu saya tes lagi sekalian ada tugas di bogor co udah di turunin jadi 18, besin jd lebih irit tenaga masih enak karena pas kebogor waktunya siang jadi ga bisa bener2 ngetes, dan pas pulang nih dari bogor sekitar jam 10an malem. jalan lagi kosong di geber enak banget karena sekalian ngejar pulang cepet, dibawa rata 60kpj/an. dan kadang kadang 80 kpj sgt tarikan ga ga sampe pool,
 
yang jelas sih dan yakin walaupun mungkin proses penghalusan masih belum sempurna tapi saya dapat merasakan perbedaan tarikan motor dari yang sebelumnya. karena jujur saja itu motor sekarang jarang saya pake karena kmrn ada beberapa masalah, tp dengan beberapa perbaikan dan modifkasi kemaren jadi yakin dah pake lagi karena tenaga yang di hsailkan sudah hampir apa yang saya inginkan tinggal nanti di ocba deh ganti noken as brt dan per klep swedia, coming soon yah,, 

oh iya ini semua say tes di motor saya yang udah boreupan yah, klo lupa motor saya udah boreupan 132cc, head udah porting pholish, TB singgel coin, Filter Ferrox . noken cld c2, buat pengaruhnya di motor standarn belum saya coba apa efeknya, dan sebaiknya kalau ingin modifikasi seperti ini serahkan ke yang ahli ya dan jangan coba coab karena hasilnya bakal berbeda, dan saya pun masih akan menyempurnakan hasil riset saya ini tentunya masih berguru ke yang ahli agar hasil risetnya bener.hehehe