Monday, December 21, 2015

Cek Jeroan Mesin Setelah 2 tahun pemakaian

Pada Postingan kali ini saya akan bahas tentang jeroan mesin si RX-ROBO yang udah 2 tahun pemakaian, dan kilo meter pas bongkar hampir mendekati 28ribu kilometer yah karena kebetulan motor mau di Bore Up jadi sekalian bongkar mesin.

Terus bagai mana sih keadaan jeorang mesin setelah 2 tahun pemakaian??? nih diliat aja Foto Foto nya yang sempat di Abadikan 



ini adalah foto dari Head X-ride terlihat banyak sekali carbon yang sudah mengerak , kalau di perhatikan bagian kelp yang kiri dan kana ada perbedaan warna , bagian kiri telihat lebih putih dari pada bagian kanan. konon katanya ini dikarenakan setingan CO yang kurang pas, yang mengakibatakn warna putih di CO , dan timbulnya karbon di head ini akibat sisa pembakaran yang buruk, padahal bahan bakar yang di gunakan selalu pertamax dan juga   udah sering banget di pakein yamalube carbon cleaner ternyata ga ampuh juga buat ngilangin kerak karbon . mungkin wajar juga kali yah udah 2 tahun 


Cover Head, terlihan dalamanya berubah warna ada noda noda kecoklat coklatan, ini akibat cipratan oli mesin yang menimbulkan warna begitu konon katanya ini gara gara oli yang saya pake yang bikin jeroan mesin jad menguning, coba liat aja foto foto yang lain hampir semua komponen berubah warna ke coklat coklatan. 



 


Kondisi seher pun sama bagian atas seher terlihat banyak sekali kerak yang nempel , dan seher kecoklat coklatan. dan untuk motor usia 2 tahunan yang kondisinya cukup lumayan klo di lihat keadaan Seher cm ada goresan-goresan halus saja, dan selama ini nyaris tidak pernah loss kompresi, walaupun motor sering di pake jalan jauh. yah setahun yang apalagi sbelumnya motor selalu di siksa di medan offroad. 


Blok Silinder , yah seperti itulah kondisinya bisa dilihat di gmabar bagai mana kondisinya di bagian atas blok silinder terdapat sedikit kerak aja sih klo di liat bagian dalemnya masih relatif mulus, ya kali karena silinder diasil jadi sangat minim goresan, 

 Noken as, nah mungkin kompenen ini yang keliatan masih bagus ga ada kaliatan masalahnya ga


Istilah keren nya komponen di atas disebut Roller Rocker Arm atau Pelatuk Klep. kondisinya well masih bagus juga ga ada masalah deh,.

Nah begitulah jeroan X-ride saya selama 2 tahun-an pemakaian , dengan penggunaan Oli dari awal selalu menggunakan Oli Enduro matic, ya walaupun enak banget dan cocok banget namun di komponen menyisakan noda, dan selam pemakaian yamalube carbon cleaner pun ternyata ga secara maksimal buat ngilangin kerak di area mesin, ya mungkin ini lah yang bikin tarikan motor saya udah mulai ga enank banget dan berkaibat komsusin bahan bakar yang boros, walapun udah seting sana sini tapi buat jeroan mesin luput dari perhatian buat di bongkar bongkar, eh ternyata kondisinya sperti itu, yah mungkin sebaiknay harus rutin juga ngecek jeroan mesin kalau mau selalu bagus dan tarikan motor pun enak dan bisa terhindar dari yang namanya Loss Kompresi , klo dari yang kasih saran sih ada baiknya motor setiap 6 bulan sekali di bongkar buat ngecek jeroan mesinya biar tarikan motor tetap enak , tp memang klo buka senidir dan masih belum faham tentang mesin bakal susah dan dari pada ribet dbawa aja ke Bengkel paling habis sekitar seratusan ribu aja. jangan lupa juga buat skir klep biar tarikan motor lebih enak. nih salah satu fotonya komponen yang udah di bersihin kinclong lagi, karena saya masih awam di mesin semua kerjaan kemaren dari bongkar sampe bersih bersih saya serahin Ke Ahlinya saja Kang Rendy dari TMC dan Lele Balap . pokoknya di jamin makyus deh. 



Masih penasaran dengan review Bore up??? tunggu aja yah pasti di Update ko. hihihi, lagi sibuk dulu sekrang dan masih tes drive. 

Special Thanks : TMC & LELE BALAP