Thursday, July 6, 2017

Penyebab Gear Rasio Rusak, Bahaya bro bisa rontok tuh giginya,,

Oke sudah sekian lama ga ada postingan tips and trik nih di blog saya, yah maklum saja sekarang udah jarang oprek oprek motor lagi karena lebih sibuk kerjaan, tapi kali ini saya akan membahas lagi nih tips yang saya rasa cukup berguna juga, postingan ini hampir sama spserti postingan saya setahun lalu.


Pada Postingan tersebut saya bahas penyebab masalah dengung di cvt yang disebabkan oleh Laher Gearbox yang oblak dan mengakibatkan Gear rasio jadi rusak pada bagian geriginya, nah setelah kejadian itu ga ada keluhan lagi suara dengun dan saya pikir masalah itu sudah teratasi motor mun normal,  namun seiring berjalannya waktu saya menemukan masalah baru yang mengakibatkan gear rasio rusak, penyebab masalahnya sih sudah lama juga cuman ga terprediksi bakal ke sini lagi masalahnya. awal masalahnya simpel tp akibatnya fatal, diawali dengan motor sering oleng, yah di kira karena permasalahan di area engine mounting, sampe ganti shock breaker gejala masih aja sama motor oleh juga, dan pada suatu saat pas pulang ke sukabumi  ada orang yang ngomongin "bawa motor yang bener donk jangan jig jag gitu" perasaan bawa motor bener lurus lurus aja tp ko di omongin gitu yah,, timbul pertanyaan apa yg yang jadi penyebabnya??? wah ternyata pas saya cek di rumah mur vleg ga terlalu kenceng yang bikin velg oblak entah dari kapan tuh mur kendor tapi Alhamdulillah ga sampe lepas, nah dari situ lah saya rasa wlpn mur sudah di kencengin si velg masih oblag juga apalagi pas di rem kerasa banget, langsung deh saya pikir kena nih laher nya.tp pada saat itu saya ga langsung ganti cuman kencengin murnya doank, bgt ada kesempatan saya ganti dah tuh laher ,(Untuk Pembahasan Penggantian Laher di Postingan lainnya ya) , dan pada saat saya bongkar terlihat gerigi dari gear rasio sedikit bermasalah ujungnya jadi tajem tajem walapun belum terlalu parah pada saat itu, yah klo menurut saya sih karena laher oblak jd persingungan Gear tidak sempurna makanya Gear rasio pun kena, karena dana tidak mencukupi buat ganti baru dan karena saya rasa masih cukup layak dipake lah karena cuman sedikit saja terkikisnya ya pasang lagi, toh ga terasa masalah berarti (padahal ada 2 stok gear rasio), yah mungkin kalau laher velg yang oblak ga segera diganti dan dibiarin akibatnya bisa fatal rusak total ompong2 lah bisa tuh gear rasio. ini masalah pertama nya, yu ah lanjut dengan masalah lainnya.

nah buat masalah lainnya yang sekali lagi emang karena kesalahan sendiri akibat kurang teliti dan hati hati pada saat bongkar yang menyebabkan masalah lebih besar lagi, ini di akibatkan pada saat ganti oli gardan lubang baut sedikit slek pas dikencengin muter muter tapi masih bisa kenceng, nah dari sini saya ga kepikiran klo dari slekan tersebut ada sisa potongan/gram besi yang masuk ke gearbox karena waktu itu saya pikir klo dibuka lagi nih buat bisa beneran slek dan kudu recoil nih lubang pembuangan olinya, ya udah ganti aja deh oli gardanya (bulan januari).terus saya cek lagi tuh oli gardan sekalian ganti karena baru kena banjir, (Bulan Februari) sue.. bgt pas di ganti ko ada gram gram besi kecampur oli dan bersusu pula, ya udah bersih bersih dan semprot WD 40 tp ga sampe bongkar total gearbox karena keterbatasn tempat, dan pas akhir bulan kemaren baru deh bongkar lagi tuh Gearbox mau sekalian ganti pake punya Nouvo lagi, dan bgn lah hasilnya oli kecampur gram besi dan gerigi gearbox pun kena termasuk As Beduk/as Ke Pulley Geriginya kena. walah apes besar ini, emang terasa banghet sih sebelum bongkar terakhir kamaren penurunan performa motor, dan bener bener ga ke cek semua yah selain waktu nya ga buat manjain motor bongkar semua karena ga ada tempat yang enak buat bongkar karena udah jarang pulang ke sukabumi juga, di kostan susah bongkarnya sempit tempatnya sih.