Tuesday, April 24, 2018

TUTORIAL MEMBERSIHKAN THROTTEL BODY YAMAHA AEROX 155

Motor Injeksi memang minim perawatan,tapi karena debu atau kotoran yang lolos masuk dari filter udara dan masuk ke TB dan oli yang ikut masuk karena proses penguapan akan membuat TB lebih cepat kotor dan harus dibersihkan secara berkala.. Biasanya karbon ini mengotori bagain dari lubang  dan katup kupu-kupu yang menyebabkan katup ini tidak menutup sempurna, selain itu kotoran yang ada di TB pun membuat kinerja ISC (Idle Speed COntrol) menjadi terhambat efeknya putaran/RPM mesin jadi ngaco kadang kenceng kadang pelan, ini yang saya rasa sendiri, kadang motor jadi "susah" dinyalakan harus tarik gas dulu baru deh mau nyala, penyebanya adalah adanya penyubatan di area ISC dan tarikannya sering naik turun yang pasti bikin engga nyaman di bawa jalan. 

Terusa Kapan sih waktu yang tepat buat bersihin TB itu???
Biasanya disarankan membersihkan Throttle Body ini dilakukan setiap 10km tapi itu tergantung juga kondisi lingkungan jenis "AIR FILTER" yang digunakan, iya jika sobat sudah mengganti Air Filter dengan model racing, example Ferrox or TDR atau bahkan merek lainnya maka pembersihan TB ini akan sangat sering dilakukan Taruh lah misal jika masih menggunakan Filter standar bisa kita lakukan pembersighan setiap 10.000 Km nah untuk yang sudah ganti filter tersebut diatas sebaiknya setiap 2000-3000 KM sekali karena memang TB lebih rentan kotor, hal ini yang sudah saya alami sendiri di X-Ride dengan menggunakan Filter Racing. jd yah kalau saya bukan sekedar cuap cuap tanpa bukti tapi sudah saya praktekan sendiri cukup lama.

untuk melakukan pembersihan TB bisa dilakukan sendiri atau bawa kebengkel Yamaha, mungkin biayanya sekitar 50ribuan keatas untuk membersihkan TB. saya sendiri kurang tau karena belum pernah services begian ke BERES, 

nah buat yang mau bersihin sendiri silahkan simak Tutorial Videonya dari saya.