Sunday, September 6, 2015

CEK RUTIN KOMSTIR X-RIDE



CEK RUTIN KOMSTIR X-RIDE ??? emang harus yah??? yups sesuai judulnya saya bilang sih harus, kenapa bagitu??? karena komstir merupakan sistem kemudi di sepeda motor jika komstir bermasalah maka pada saat berkendarapun engga bakal enak stang teras berat saat riding belok kanan atau kiri, atau malah pas lepas tangan stang goyang goyang, hal ini di sebabkan karena sistem kemudi terganggung alias ada masalah di komstir dan penyebabnya pun banyak sekali bisa karena motor sering kena lubang, terjatuh apalagi yang hobi offroad motor sering diajak loncat loncat walhasil  komstir pun pasti cepat rusak,, hemmm apakah itu saja masalahnya ,, teryata ada hal lain dari pengalaman saya pribadi selain motor kesayangan si RX-ROBO dulunya sering di pake Offroad jalan rusak pun maen trabas hasilnya beberapa bulan ini motor bermasalah di stang pernah sih  mekanik yamaha pun nyaranin buat ganti komstir karena saya rasa motor masih enak jadi engga pernah diganti sampai 1 minggu kemaren puncaknya motor engga enak di pake stang udah engga karuan niatny mau di bawa kebengkel pas hari minggu  tanggal 30 agustus kemaren tapi karena satu dan lain hal akhirnya saya beranikan sendiri buat bongkar Komstir, ini kali pertama saya bongkar komstir emang sih pengerjaanya sangat sangat menyusahkan karena kerja sendiri. 

ya buat peralatan sendiri yang di siapin ga ada yang terlalu special , cukup obeng kunci kunci buat buka bodi sama leher stang, yang saya pake buat buka leher stang kunci 14 butuh 2 kunci 14 biar bisa kebuka tuh baut sama murnya, terus karena engga ada kunci khusus buat buka komstir jadi saya pake obeng yang besar dan palu buat buka mur komstirnya juga di bantu kunci pipa, dan yah proses ngebukanya sendiri memakan waktu yang sangat lama maklum baru pertama kali. hehehe. 


dan setelah mur pengunci komstir bagian atas terbuka saya liat di Raceball/pelornya udah engga ada lagi Greaser/Gemuk nya dan udah sedikit berkarat, hemm kayanya ini nih penyebabnya yang bikin stang ga enak, ya udah langsung saja saya bersihin tuh raceball pake bensin biar sisa sia gemuk yang sudah mengering hilang engga lupa juga bersihin mangkoknya,

tuliat udah ga ada sama sekali gemuknya

selanjutnya adalah bersihin raceball bagian bawah, nah di sini kesulitanya karena velg depan belum di buka jadi pas mau narik segitiganya jadi susah, wal hasil tambah lagi satu kerjaan buka velg dulu, dan pas segitiga udah di lepas mata saya langsung tertuju pada Raceball/pelor bagian bawah, dan ternyata bagian ini lebih parah lagi, selain greaser/gemuk udah bener bener kering seluruh bagian ini udah berkarat ya tadinya mau ganti baru tapi ga mungkin ada bengkel yang jual mau ke BERES pun udah tutup, ya sudah lah kahirnya di coba bersihin dulu pake bensin dan cairan nati karat sampe bener bener bersih ga lupa juga bersihin mangkok-mangkonya dan emang bagian bawah ini yang paling parah mangkok raceball pun udah kegerus, udah ada alur bekas race ball, ini dia penyebab utama stang motor saya bermasalah. 
Gemuknya kering pemirsa dan berkarat

 Bagian tengah bawah itu yang namanya raceball 
kanan kiri itu mangkok-mangkok raceballnya
tengah atas ada mur besar buat komstir sama karet penutup bagian atas

selesai semua dibersihin langsung dah di rakit seperti semula engga lupa dibagian race ball di kasih gemuk, buat memperlancar pergerakan raceball. skip skip skip... pengerjaan pun selesai dalam waktu 3jam lebih, Fiuhh capaenya.. dan  karena saya mau balik kejakarta jadi motor ga sempet dicoba dulu barang sebentar nguji enak apa engganya komstir yang udah dibenerin itu, 

500meter pertama pas dicoba stang kerasa geol geol parah riding pun cuma berani 40kpj aja pikir saya aduh gagal nih benerin sendiri.. terus niatnya mau balik ke rumah aja deh dan ke jakartanya di undur besok pagi, sekalian cari bengkel dulu, namun motor berkata lain. setelah ngerem ngedadak terus bunyi jedug e e e,, stang motor langsung enak lagi di pake, diajak kenceng pun stang udah ga gooyang goyang lagi yah sebelumnya boro boro pegel tangan kalau motor diajak ngebut harus naha stang biar ga goyang . apalagi diajak sedikit kornering stang engga ngabanting lagi padahal keadaan motor pake box tuh.hehehe yah puas banget lah komstir udah bener lagi tanpa mengeluarkan biaya ,oh iya nih cerita tambahanya pas hari senin kbeneran aja dapet tugas dari kantor ke kantor pusat di merdeka barat nah pas sekitaran monas dari gambir arah ke Istana merdeka belokanya tuh enak banget buat cornering saya beraniin aja coba miring mirh dan yah beneran motor udah ga ngelawan lagi,hehehe.. 

beuh panjang juga yah ceritanya.. jadi intinya pengecekan komstir harus rutin jangan sampai kejadian kaya motor saya, motor udah 2 tahun dan History nya pun sering diajak kotor kotoran, bagian komstir luput dari oprekan sampai sampai gemuk di komstir bener bener kering dan Raceball/laher berkarat, jadi yang hobi offroad dan yang engga pun yah rutin lah cek konsidi Komstir cek Gemuk yang ada apakah udah abis atau mengering biar kejadian ganti komponen di komstir bisa di minimaliris lumayan menghemat uang, bukan sekedar menghemat uang sih tapi lebih buat KESELAMATAN  saat berkendara . 

tadinya mau kasih tutorial lengkap, tapi karena foto-fotonya engga ada sebagian yah sudah lah begini saja postingan kali ini.maaf ya pemirsa..