Wednesday, January 15, 2014

Pasang Spakboard Depan KLX Di X-ride

Ada banyak cara dilakukan  pemilik Yamaha X-ride untuk mendongrak Penampilan Tunggangnya, Salah satunya Dengan Mengganti Spackboard Bawaan dengan Spackboard Milik Kawasaki KLX , Tentunya dengan penggantian Spakboard ini Tampilan tunggangan Kita akan lebih Keren lagi beda dari yang lain, Mirip-mirip Supermoto lah,..hehehehe... !!!.. Dan saya pun Tergoda dan akhirnya mencoba menggunakan Spackboard KLX, karena sudah banyak juga di gunakan dari Kawan - kawan di Komunitas X-riders Yamaha Indonesia , Seperti Motornya Bro Roby dari XYI Cianjur ,  Daeng Kulle JentaGoTamao Alexy 



Motornya Bro Roby Akbarrizki 



Motornya Tamao Alexy 

dari Ketiga Motor Diatas Terlihat Jelas Tongkrongan nya jadi berbeda, Lebih Keren. Sekarang Si RX-ROBO pun ikut-ikutan pake spakboard KLX, hehehehe. Lalu apa aja sih Yang Harus di persiapin Buat rubah Seperti Gambar di atas, dan bagaimana caranya. yuk ikutin cara-caranya berikut ini, 

Bahan - Bahan :


  • Spakboard KLX , 65rb
  • Seal Pelindung Shockbreaker, 25 rb "Optional" 
  • Ring Untuk pengganjal Spakboard
  • Baut 10mm panjang Kira-kira 4cm, Pengganti Baut Spackboard bawaan
Peralatan :
  • Kunci 14 dan17 mm Untuk membuka As Ban depan
  • Kunci T 10 atau Kunci Y kombinasi 10mm  Untuk Membuka Spakboard
  • Obeng + 
  • Gergaji Besi 
  • Penggaris
  • Cutter
  • Bor Listrik 
Langkah Pertama (Mutilasi Spakboard) : 

  • Potong bagian Belakang Spakboard KLX kira-kira 15 cm dari belakang, 
  • Setelah memotong bagian Belakang Spakboard, selanjutnya Potong bagian Yang di beri tanda merah ini Sebesar 2cm dari atas , agar Spakboard Bisa Di tekuk pada saat di panaskan nanti, Gunannya untuk menaha cipratan dari Ban depan. 


  • Potong menggunakan Cutter, dengan cara menggores-goreskan cutter pada bagian dalam yg di beri tanda merah, Kenapa menggunakan Cutter??? untuk mempermudah proses pemotongan karena setelah di gores-gores beberapa kali tinggal tekuk maka bagian itu akan terpisah, dan hasil potongan akan rapih, 

  • Jika Semua bagian sudah di potong saatnya menekuk Spakboard dengan cara di panaskan di atas Kompor
  • Panaskan Spakboard diatas Kompor Beberapa saat saja, jangan terlalu lama karena bisa kebakar,hehehehe!!! Lalu di tekuk Hingga Berbentuk seperti gambar dibawah

  • Setelah Proses di atas dilakukan, Selanjutnya membuat Lubang tambahan agar bisa pas di pasang di Segitiga X-ridenya , (Gunakan Bor) 



OPTIONAL
Jika Ingin Menambahkan Karet Pelindung Shock maka Harus ada Perubah Sedikit Lagi di Spakboard, agar Pelindung Shock tidak Mentok Ke Spakboard, Potong kembali Spakboard Seperti gambar di bawah,



  • Coak Sedikit bagian atas Spakboard Seperti Gambar di Bawah

Jika Proses diatas sudah dilakukan maka Proses Selanjutnya ada Pemasangan spakboard KLX Di X-ride


Langkah Ke dua (Pemasangan Spakboard ):


  • Buka baut bagian Kanan dan Kiri Spakboard 


  • Buka Baut Yang Berada Di bawah Spakboard Sebanyak 3 Buah , Dengan Menggunakan Kunci Y 10mm, agar tidak Membuka Ban depan. Setelah Semua Baut dibuka Lepaskan Spakboard,  

Warning !!!

  • Lepaskan Bagian Ini dari SpakBoard Biar Selang Speedo Meter Tetap ketahan, caranya buka dua baut dibagian atas dan pinggir di spakboard X-ride. Kemudian pasang lagi bagian itu ke posisi semula. 
  • Selanjutnya Pemasangan Spakboard KLX Ganjal bagian atas Spakboard , dengan Menggunakan Ring/ Selongsong Kira-kira 1 cm, agar spakboard tidak mentok Ke bagian atas Body depan. Atau Gunakan aksesories Untuk Baut sperti gambar di bawah ini Kalu tidak salam namanya Monel. Sediakan Juga Baut panjang Ukuran 4cm

Untuk pengganjal Spakboard bagian atas 

Baut 10mm panjang 4cm 

Spakboard sudah Terpasang Baut dan Pengganjal di atasnya




Spakboard tidak mentok Ke bagian kebagian atas body motor 


Spakboard Sudah Terpasang,
FINISH

OPTIONAL : 
Jika Ingin Menambahkan Karet Pelindung ShockBreaker depan maka Harus Melepaskan Shock Breaker depan dari segitiga . Pemakaian Pelindung Ini sangat di saran kan agar Bagian Suling Shock Breaker Tidak Mudah kotor.  
Karet Pelindung Shock Depan

Peralatan :
  • Kunci Ring 14 mm untuk membuka baut Shock Breaker dan 
  • Kunci 17 mm Untuk membuka Ban depan.
Langkah Kerja :
  • Lepas Baut Dibagian dalam Segitiga X-ride dengan Menggunakan Kunci Ring 14mm , (Perlu Extra Tenaga buat Buka Bautnya) . 
  • Kalau Baut Sudah Terlepas, Selanjutnya Buka Ban depan Dengan Menggunakan Kunci Ring 17mm Di bagian Kiri , Tarik As roda, Kemudian Lepaskan Ban, Jangan Lupa kasih Pengganjal di bawah Body motor. biar ga Ambruk.hehehe


  • Lepaskan Shock Breaker Depan dari Segitiga untuk pemasangan Karet pelindung Shock, (Potong beberapa Ulir Jika Karet Pelindung yg di beli terlalu panjang supaya Pas pada saat pemasangan, klo pun saya di potong 5 ulir dari atas) 





Karet Pelindung Shockbreaker Sudah Terpasang 

Bagaimana Sekarang Tampilan X-ride nya  Sudah Lebih KEREN kan dan beda dari yang lain, dengan Modal cuma 90rb saja,  Apalagi jika di kombinasikan dengan ukuran ban yang Lebih besar atau Velg yg lebih besar bakalan makin "berotot" si X-ride atau dengan menggunakan Ribg Velg 17Inc wahh... makin keren deh motornya.  Proses pengerjaan Kurang Lebih memakan waktu 1-2 jam (Lama sama Foto-foto klo saya) . 

**Karena spakboardnya terlalu hitam polos dan ga keliatan Kerennya, malem nya saya pasangin Cuting Stiker Orange & Silver (kebetulan Stock scolite masih ada dirumah) dengan Special Nomber 7 di depannya Biar lebih keren, hehehehe!!! 

Tampilan si RX-ROBO Sekarang 



SELAMAT MENCOBA !!!



























6 comments:

  1. Kl pke spakbor depan d'tracker ky ny lebih pas Gan,,

    ReplyDelete
  2. Itu di tinggin dlu engga gan motornya, bengkelnya di sebelah mana

    ReplyDelete
  3. Manstap gan.. Membantu sekali.. Izin comot gan.. Hehhehe..

    ReplyDelete
  4. gan itu spakbor klx 150 atau 250?

    ReplyDelete
  5. Sangat membantu, motor xride saya sudah terpasang dan tidak mentok lg. Terimakasih banyak gan.

    ReplyDelete