Tuesday, July 22, 2014

Tips Mengganjal Per CVT X-ride Ala XYI Depok Region



Kali ini kami mau share hasil penggunaan bearing spring / pengganjal per cvt di xride.. Tapi pengganjal per cvt ini bukan sembarang pengganjal seperti yang beredar di pasaran. Sebelumnya kita perjelas dulu fungsi dan tujuan dari penggunaan pengganjal per cvt ini.. Jaman dahulu kala, semasa jenis motor berpenggerak cvt masih baru di indonesia, dan masih menjadi kendaraan minoritas, part pendongkrak akselerasi blm sebanyak sekarang, per cvt aftermarket dengan berbagai pilihan tingkat kekerasan blm mudah didapatkan, apalagi di daerah jauh dari kota besar.. Nah oprekers lokal yg terkenal kreatif, lalu mencari solusi utk membuat per cvt atau yg bahasa teknisnya disebut "torque spring" menjadi lebih keras, yg mana per cvt lebih keras dibutuhkan utk mesin yg sudah mengalami bore up atau stroke up demi melayani keluaran tenaga dari mesin.. Dan juga dibutuhkan utk mesin standar yg lebih membutuhkan akselerasi bawah, agar pulley belakang/secondary pulley tidak mudah membuka, sehingga posisi belt di pulley belakang lebih lama bertahan pada posisi terluar pulley.. Maka timbulah ide utk mengganjal per cvt dgn tujuan membuat per standar menjadi lebih keras.. Sesuai dgn hukum pegas, ulir per yg rapat lebih keras dibanding ulir per yg renggang.. Dahulu per cvt diganjal dgn menggunakan part yg ada atau bahkan part bekas yg bentuk dan dimensinya menyerupai lingkaran per cvt tersebut.. Misalnya diganjal dgn ring piston, dll..


Kembali lagi ke pengganjal yg kami gunakan.. Pengganjal ini bukan hanya berfungsi membuat per cvt menjadi lebih keras, tapi juga membuat gerakan naik-turun/merenggang-merapat per cvt menjadi lebih smooth.. Perlu diketahui, gerakan per cvt di dlm rangkaian pulley belakang tidak sepenuhnya naik-turun/merenggang-merapat, tetapi juga ada sedikit gerakan memuntir.. Krn pada as pulley belakang terdapat pin guide yg bentuknya melingkar, maka dari itu gerakan membuka-menutup pulley belakang menjadi sedikit memutar.. Nah yg membuat gerakan per cvt menjadi lebih smooth adalah adanya bearing pada pengganjal yg kami gunakan, jadi gerakan memuntir per cvt diredam oleh pengganjal tersebut, yg mana pengganjalnya mengikuti putaran dari per cvt. Selain menjadi lebih smooth, pastinya per cvt menjadi lebih awet, yg pada kenyataannya per cvt memang jarang rusak.. Di pasaran jg tersedia part aftermarket pengganjal per cvt, ada merk CLD, KTC, Kitaco, dsb.. Kesemua part aftermarket itu menggunakan bearing berbentuk bola seperti bearing komstir.. Yang mana apabila digunakan pada bidang kerja ekstrim dan bertekanan tinggi seperti pada per cvt, si bearing pada pengganjal menjadi mudah rusak atau pecah..


Berangkat dari pengalaman beberapa teman oprekers yg pernah menggunakan pengganjal model bearing bola, dan dgn ending kerusakan.. Maka kami menggunakan pengganjal per cvt dengan bearing model bambu.. Yg mana model bearing bambu jamak digunakan pada mesin2 industri dgn kinerja ekstrim..Dgn harapan bearing pengganjal per cvt menjadi lebih awet.. Dan setelah trial & erorr pada berbagai jenis sepeda motor berpenggerak cvt, hasilnya sungguh memuasakan.. Aman jaya gaspol aja.. Dan sekarang kami coba di motor ekstrim yaitu xride.. Dgn langkah2 pemasangan sama seperti mengganti per cvt.. Pengganjal diletakan pada posisi diantara per cvt dan dudukan per cvt/seat spring.. Yg mana pada xride dudukan per cvt/seat spring menempel pada pulley, seperti pada foto diatas.. Jadi cukup letakkan pengganjal per cvt pada dudukan per cvt/seat spring yg melekat di pulley belakang, lalu masukkan per cvt.. Per cvt yg kami gunakan kali ini adalah per cvt standar bawaan xride.. Dgn tujuan compare dgn per cvt 1500 RPM yg sebelumnya kami gunakan.. Setelah seluruhnya terpasang sempurna.. Kami lakukan test ride.. Dan hasilnya cukup positif.. Akselerasi bawah sama dgn ketika menggunakan per cvt aftermarket 1500 RPM.. Masih responsif, jauh berbeda dgn ketika menggunakan per cvt standar tanpa pengganjal.. Kondisi masih sama menggunakan roller berat 7 gram.. Gejala getaran dari cvt tereduksi dgn baik.. Yg sebelumnya getaran dari mesin/cvt begitu terasa, diperparah penggunaan shock belakang yg tinggi membuat getaran menjadi berlipat ganda..












Kekurangannya :
  • Desain pengganjal cvt dgn bearing bambu krg compact, sehingga menimbulkan sedikit keraguan dlm proses pemasangan
  • Harga produksi cukup tinggi, krn menggunakan bearing bambu, yg mana pengganjal yg kami gunakan seharga Rp. 120.000,-

Demikian sharing singkat dari review penggunaan pengganjal per cvt..
Salam oprekers..
Divisi oprek2 XYI Depok Region