Friday, December 8, 2017

X-RIDE "MATI" APA PENYEBABNYA??? DAN BAGAIMANA MENGATASINYA

Akhir - akhir ini saya perhatikan banyak sekali postingan tentang xride nya mati ga bisa nyala, hemm kira kira apa sih penyebabnya ko motornya bisa mati???

Yang paling utama adalah karena motor kurang perawatan, alias yang punya "males", males ngecek motor yang sering dipakenya sendiri motor dipake setiap hari tp "ga peduli" dengan kondisi motornya sendiri. sewajarnya motor tuh di services setiap maksimal 2 bulan sekali, klo motor sering dipake yah sebulan sekali wajar lah di services, ya karena klo males services nanti nantinya fatal akibatnya, terutama klo males ganti Oli, rata rata masih banyak orang yang ga peduli sama Oli mesin wlpn udah lewat misal 3000km tp oli masih aja dipake ga di ganti, iya kali klo pake olinya pake yang bagusan masih bisa tahan segitu, nah klo oli masih pake asli dari pabrikan disaran ya maksimal 2000an km harus ganti, selain kualitas oli yang semakin menurun karena pemakain harus di ingat juga faktor penguapan Oli , karena jika kualitas oli tidak bagus maka penguapan oli akan sangat cepat bahkan sampe oli kering krontang dan bikin seher macet atau ceket. dengan mengganti oli yang lebih bagus dan rutin ganti kendala mesin mati dari oli akan bisa diminamlisir sebagai masukan untuk pemilihan oli selain bawaan parbrik yang bagusa kualitasnya dan harga masih terjangkau Enduro matic untuk mesin standar, karena saya pun pake oli itu selama kurang lebih 3 tahun dan tidak pernah bermasalah, selain itu banyak pilihan lainya seperti Mavic, Motul, castrol dll tinggal di sesuaikan dengan budget masing masing.

Nah selain dari Oli tadi, perlu diperhatikan juga "usia" dan "jarak tempuh" dari motor yang di gunakan, usia motor boleh saja masih "muda" tapi klo jarak tempuh sudah puluhan ribu KM maka ada beberapa part yang harus diperhatikan dan tentunya harus melakukan perawatan atau bahkan perlu melakukan penggantian part, terus kira-kira apa saja sih sparepart yang harus diperhatikan agar tidak terjadi motor mati mendadak??? yuk kitsa simak satu persatu.

Injector
seperti yang kita ketahui injector adalah satu alat yang menyemprotkan bahan bakar ke ruang bakar jika komponen ini terganggu maka sudah dapat dipastikan kinerja motor akan terganggu juga, bisa tarikan ndut-ndutan bisa berat bahkan bisa mati dijalan, untuk perwatan injector disarankan setiap 10-15rb KM, kita bisa melakukan perawatan Injector di Beres dengan biaya sekitar 100rb, prosesnya dengan menggunakan tools khusus yang dihubungkan dengan injector , dengan menggunakan komponen ini maka injector yang kotor akan bersih kembali bukan hanya itu, tapi ruang bakar juga akan bersih juga , selain di beres udah da ko bengkel-bengkel lain pun yang bisa ngerjain kaya bgn, seperti VIDICI di DEPOK dan Vikrisal di jakarta, yang pasti pelayanannya ga kalah sama BERES malah lebih bagus, selain melakukan perwatan Injector juga "perlu" yang namanya diganti dengan yang baru jika memang mengalami masalah , biasanya injector memiliki nilai tekanan/semburan tersendiri jika tekanan/.semburan di bawah standar sudah pasti harus di ganti agar performa motor tetap enak.

Tangki dan fuel pump
Nah motor mati mendadak bisa juga di sebabkan karena permasalahan di Tangki Bahan Bakar, biasanya Tangki kemasukan air sehingga membuat tarikan motor berebet bahkan mati, klo sudah bgn maka kita harus melakukan pengurasan tangki agar tidak terdapat air lagi, selain itu kotornya Filter bahan bakar pun jd penyebab motor mati, biasanya filkter kotor karena kualitas bahan bakar yang buruk yang akhirnya menumpuk difilter dan bahan bakar pun menjadi terhambat ke injector, solusinya adalah mengganti part filter nya.
nah buat mengatasinya masalah diatas  bisa baca nih link nya:
Kuras Tangki
Fuel Pump
diy-memperbaiki-fuelpump-yamaha-x-ride

Mesin
Kalau ini udah masuk ke kelas "beratnya" nih dari penyebab motor mati, motor sering mati sudah pasti ada yang bermasalah, permasalahnya balik lagi ke masalah perawatan, usia motor, jarak tempuh, motor yang kurang perawatan akan mengakibatkan penumpukan karbon sisa pembakaran yang menumpuk di ruang bakar hal ini lah penyebab utama motor mati, atau yg lebih sering di kenal dengan loss kompresi. ya memang motor masih bisa menyala lagi tapi ga lama bakalan mati lagi., idelanya agar terhindar dari masalah ini rutin ganti oli sudah cukup, tapi tetap namanya karbon bakalan tetep numpuk, solusi sederhananya adalah dengan menggunakan cairan pembersih yang biasa di campurkan dengan bensin untuk produk yamaha bisa pakai Yamalube Carbon Cleaner harganya dibawah 30rb. dengan cairan ini diklaim bisa membersihkan sisa karbon yang ada di dalam mesin. untuk pemakaianya sendiri bisa dilakukan setiap 5rb Km sekali agar kondisi mesin bisa tetap bersih, namun jika motor memang usia pemakaianya sudah lama dan jarak tempuhnya udah puluhan KM juga lebih apdol ya services besar, karena dengan services besar bagian mesin akan bener2 dibersihin total baik seher maupun bagian head, klep dll nya.  biayanya memang lebih mahal tapi yakin motor akan serasa baru kembali, nah balik lagi ke usia pakai dan jarak tempuh ada beberapa part nih yang harus diperhatikan juga karena biasa jadi sparepartnya minta ganti seperti, seal klep, busi, dan ring seher, karena komponen2 itu salah satu penyebab motor sering matian juga.

ya mungkin segitu dulu pembahasanya, sebenernya sih masih banyak permasalahan lainnya dan sudah pernah saya posting juga, jika masih pensaran silahkan berselnacara dan mencari permasalahan lainnya di blog saya ini. terimakasih.

***maaf bagi para pembaca setia mungkin akhir2 ini blog tidak terlalu banyak postingan dikarenakan Jam Kerja yang memang sangat-sangat sibuk menjelan Akhir Tahun ini, Bukan karena sudah ada "mainan" baru tapi memang kesibukan yang tidak bisa menyempatkan untuk experiment, riset dan posting lagi. Insya Allah Blog akan terus aktif dan pembahasan xride masih akan berlanjut.