Kali ini
saya akan ngebahas lagi masalah motor geol/ngebanting saat jalan klo 2
tahun lalu saya ngebahas tentang penggantian Engine Mountingnya untuk
mengatasi motor goyang dan ngebanting saat di bawa jalan, nah untuk kalo
ini yang di gantinya adalah bagian Dumper,. oke sebelumnya yang belum
tau postingan tentang ganti Engine Mounting silahkan di klik dulu link
di bawah yah
yups...
Dumper masih satu kesatuan untuk mencegah motor "geol geol" selain
Engine Mounting, misalkan setelah ganti engine mounting masih kerasa
juga maka tindakan selanjutnya yah bisa ganti Dumper, karena kondisi
dumper yang sudah pecah akan membuat motor jadi ga nyama dipake.
bisa
dilihat foto diatas bagian karetnya pecah nah itu dia karena karetnya
pecah daya peredaman getaran pun akan terasa dan motorpun akan terasa
ngebanting klo lagi dipake, untuk komponen ini sih bisa dibilang susah
susah gampang nyarinya karena umur pemakainnya yang cukup lama dan
memang jarang orang ganti dan jarang juga bengkel yang mau gantiin. ini
dilematis sekali sobat xirder semua, saya pu punya pengalaman minta
dipasangin dumper tapi ditolak sama Bengkel, padahal itu sekalas bengkel
resmi loh, mereka beralaskan takut pecah crangcase lah ini lah itulah,
tapi sebenarnya untuk mengganti komponen ini membutuhkan waktu yang
banyak dan keahlian yang bener bener mumpuni , saya pun di buat keder
pas ganti sendiri ya habis kira-kira 3 jam buat bisa lepasnya dan
pasangnya,
oh iya ada dua dumper yang berada di motor x-ride yang satu berada di bawah mesin dan di sambungan antara rangka dan mesin
itu tuh letak dua musuh yang harus diganti klo motor geol-geol.
harga
untuk komponen ini cukup murah masih di bawah 50rebu buat sepasangnya,
cuman yang repot adalah masangnya dan jangan maksa masang di bengkel
resmi karena biasanya mereka nolak, cari lah bengkel2 biasa yang
terpecaya buat ganti ini komponen, buat jakarta bisa saya sarankan ke
Vikrysal Workshop , Insya Allah Oppa Vikri bisa bantuin.
nah buat yang mau coba ganti sendiri dan mau bersusah susahan silahkan coba cara saya, yang pasti bakal susah deh,hahahaha..
untuk
kali ini saya hanya ganti dumper yang berada di sambungan rangka dan
mesin lepas dumper karena bagian ini yang di motor saya paling parang
kerusakanya, ya selain ga ada dumpernya lagi, mungkin klo ada 2 pasang
sekalian semua diganti. untuk peralatan yang harus di siapkan adalah bor
listrik, gunanya untuk ngebor karet dumpernya sampe abis supaya bisa
dilepas tuh dumper, selain bor siapin juga obeng min yang tipis tapi
gede bagusnya sih pake kepalanya obeng ketok karena kuat , palu, wd 40
biar licin dan sediain juga minuman plus cemilan karena bakaln mengurah
tenaga sekali nih pas masangnya,
nah
setelah dilepas akan terlihat di dalamnya dan boss lagi , dan di antara
boss ini ada ringnya juga buat nahan as tetap center, jika kondisi
dumper sudah rusk maka posisi ringnya pun ikutan penyok, tapi ga usah
kita ganti masih bisa di lurusin ko,
klo
udah dilepas semua dumper dan dibersihin komponen lainnya, tinggal kita
pasang juga deh, tetep masih membutuhkan teknik dan tenaga buat
masangnya tapi semua tebayar dengan hasil yang memuaskan
dan
setalah ganti ini udah ga da lagi deh kerasanya geol lagi pas dipake
jalan, dan sekali lagi saya ingatkan untuk mendapatkan dumper ini
lumayan susah dan harus inden, klo beli di BERES, tp untuk online store
lain seperti Bukalapak atau Tokopedia ada ko yang jual, tinggal pastiin
dulu bengkel mana yang bersedia ganti dan tentunya harus bener2 sudah
faham caranya.