Friday, January 26, 2018

GANTI DUMPER SUPAYA MOTOR GA GEOL DAN NGEBANTING SAAT JALAN


Kali ini saya akan ngebahas lagi masalah motor geol/ngebanting saat jalan klo 2 tahun lalu saya ngebahas tentang penggantian Engine Mountingnya untuk mengatasi motor goyang dan ngebanting saat di bawa jalan, nah untuk kalo ini yang di gantinya adalah bagian Dumper,. oke sebelumnya yang belum tau postingan tentang ganti Engine Mounting silahkan di klik dulu link di bawah yah


yups... Dumper masih satu kesatuan untuk mencegah motor "geol geol" selain Engine Mounting, misalkan setelah ganti engine mounting masih kerasa juga maka tindakan selanjutnya yah bisa ganti Dumper, karena kondisi dumper yang sudah pecah akan membuat motor jadi ga nyama dipake.



bisa dilihat foto diatas bagian karetnya pecah nah itu dia karena karetnya pecah daya peredaman getaran pun akan terasa dan motorpun akan terasa ngebanting klo lagi dipake, untuk komponen ini sih bisa dibilang susah susah gampang nyarinya karena umur pemakainnya yang cukup lama dan memang jarang orang ganti dan jarang juga bengkel yang mau gantiin. ini dilematis sekali sobat xirder semua, saya pu punya pengalaman minta dipasangin dumper tapi ditolak sama Bengkel, padahal itu sekalas bengkel resmi loh, mereka beralaskan takut pecah crangcase lah ini lah itulah, tapi sebenarnya untuk mengganti komponen ini membutuhkan waktu yang banyak dan keahlian yang bener bener mumpuni , saya pun di buat keder pas ganti sendiri ya habis kira-kira 3 jam buat bisa lepasnya dan pasangnya, 

oh iya ada dua dumper yang berada di motor x-ride yang satu berada di bawah mesin dan di sambungan antara rangka dan mesin



itu tuh letak dua musuh yang harus diganti klo motor geol-geol.
harga untuk komponen ini cukup murah masih di bawah 50rebu buat sepasangnya, cuman yang repot adalah masangnya dan jangan maksa masang di bengkel resmi karena biasanya mereka nolak, cari lah bengkel2 biasa yang terpecaya buat ganti ini komponen, buat jakarta bisa saya sarankan ke Vikrysal Workshop , Insya Allah Oppa Vikri bisa bantuin. 

nah buat yang mau coba ganti sendiri dan mau bersusah susahan silahkan coba cara saya, yang pasti bakal susah deh,hahahaha.. 

untuk kali ini saya hanya ganti dumper yang berada di sambungan rangka dan mesin lepas dumper karena bagian ini yang di motor saya paling parang kerusakanya, ya selain ga ada dumpernya lagi, mungkin klo ada 2 pasang sekalian semua diganti. untuk peralatan yang harus di siapkan adalah bor listrik, gunanya untuk ngebor karet dumpernya sampe abis supaya bisa dilepas tuh dumper, selain bor siapin juga obeng min yang tipis tapi gede bagusnya sih pake kepalanya obeng ketok karena kuat , palu, wd 40 biar licin dan sediain juga minuman plus cemilan karena bakaln mengurah tenaga sekali nih pas masangnya, 

nah setelah dilepas akan terlihat di dalamnya dan boss lagi , dan di antara boss ini ada ringnya juga buat nahan as tetap center, jika kondisi dumper sudah rusk maka posisi ringnya pun ikutan penyok, tapi ga usah kita ganti masih bisa di lurusin ko,

 
 
 klo udah dilepas semua dumper dan dibersihin komponen lainnya, tinggal kita pasang juga deh, tetep masih membutuhkan teknik dan tenaga buat masangnya tapi semua tebayar dengan hasil yang memuaskan

 

 


dan setalah ganti ini udah ga da lagi deh kerasanya geol lagi pas dipake jalan, dan sekali lagi saya ingatkan untuk mendapatkan dumper ini lumayan susah dan harus inden, klo beli di BERES, tp untuk online store lain seperti Bukalapak atau Tokopedia ada ko yang jual, tinggal pastiin dulu bengkel mana yang bersedia ganti dan tentunya harus bener2 sudah faham caranya.