Wednesday, November 9, 2016

TIPS ISI MINYAK REM PADA SAAT GANTI SELANG REM

Kali ini sya berbagi tips nih buat yang ganti selang rem baik yang racing maupun yang standar, kadang kala pada saat mengganti selang rem baru kita akan di hadapkan dengan susahnya handle rem "mengeras" alias masih ngeloss padahal udah di kocok tuh handle rem depan berpuluh puluh kali tetep aja handle rem ga bisa keras keras, nah itu karena  masih adanya angin di selang rem yang baru diganti atau juga karena bagian selang yang belum terisi semua oleh minyak rem tersebut, dan... kadang kadang pekerjaan ini memakan waktu yang cukup lama, klo pengalaman saya nih pada saat ganti selang rem Rx-robo hampir seharian dan ngabisin minyak rem 2 botol dan handle ga bisa kenceng padahal sih udah ngikutin tutoril yang ada di simbah Google tetap aja kesulitan pada saat isi minyak rem. fiuhh,, kerjaan banget sehingga klo ada masalah rem depan ngeloss udah deh angkat tangan biar bengkel yang ngerjain. 

Tapi sekarang saya punya tips nih buat yang ganti selang rem racing dan mau isi minyak rem biar ga lama ngocok handle rem nya , tips ini sya dapet dr oppa vikri ya itu yang punya vikrisal yang buat magic magickan itu. oppa vikri mau berbagi sedikit tips buat ngatasi masalah tersebut, dan ternyata apa yang di praktekin sam oppa ga makan waktu sampe 10 menit selang rem baru handle remnya bisa langsung keras , ko bisa???? gimana caranya , hemmm tenyata selama ini saya sendiri salah mengaplikasikan pengisian minyak rem pada saat ganti selang rem, karena menurut ilmu yang di pelajari selama ini pengisian minyak rem untuk selang baru selalu dari bagian atas alias dari master rem nya, ternyata cara ini salah karena aliran fluida alias minyak rem akan lambat masuk selang rem karena hanya dikocok doank tuas handle rem. dan pada saat itu lah ada udara ikutan masuk sehingga prose untuk bikin handle rem jadi keras makan waktu yang lama. lalu gimana caranya yuk kita simak:

pertama yang harus di siapkan adalah Suntikan  bisa menggunakan suntikan bekas tinta printer yang kedua adalah Selang Bensin cuman butuh sedikit ko paling cuman 2cm saja, dan jangan lupa minyak rem nya di sediain juga yah.

Proses Pengerjaan
  1. Kosongkan atau buang seluruh minyak rem yang ada di dalam master rem.
  2. Potong Selang bensin sepanjang kurang lebih 2cm lalu potongan tersebut di sambungkan ke ujung Suntikan yang sudah di sediakan tadi.
  3. Isi Suntikan tadi dengan Minyak rem. 
  4. Buka karet penutup nipel yang berada di kaliper, buka nipel dengan kunci ring 8mm, lalu pasang selang  diatas baut nipel.
  5. Kendorkan/buka baut sedikit saja, jangan sampe di buka semua, 
  6. Tekan Suntikan yang sudah di isiminya rem tadi sampe habis, sambil liat apakah master rem sudah terisi lagi minyak rem atau belum ulangi bagian ini beberapa kali sampai minyak rem penuh.
  7. Jiak sudah penuh , lepaskan suntikan tadi Tekan tuas rem berulang-berulang (kocok). sampe minyak rem keluar melewati nipel.
  8. setelah minyak rem keluar, biasanya sedikit berbusa/bergelembung itu menandakan udara yang masuk, ikut keluar juga
  9. ulangi beberapa kali sampai minyak rem yang keluar tidak bergelembung/berbusa lagi biasanya dalam proses ini handle rem akan langsung keras
  10. kalau minyak rem yang keluar sudah tidak bergelembung lagi kencangkan kembali baut nipel
  11. selesai.



Proses diatas lebih cepat ketimbang kita mengisi minyak rem langsung dari master rem itu yang pernah saya rasakan sendiri perbadingan waktunya beda jauh, jd kita ga usah deh lama lama kocok handle rem biar bisa keras.