Wednesday, January 24, 2018

Ganti Laher AS Velg Belakang Usir Roda belakang Seret dan Motor Geol Saat Jalan

Apakabar X-rider pembaca setia blog ini, kali ini kembali saya posting mengenai permasalahan motor yang sering goyang goyang, tapi kali nin permasalahnya bukan lagi di Dumper Atau engine mounting seperti yang pernah di bahas dipostingan sebelumnya, tapi tak lain dan tak bukan dari Laher As roda belakang yang menjadi biang keroknya ya, selain goyang pas di ajak jalan , muterin ban belakang pun akan terasa seret, nah klo sudah bgt berarti gejala nya bisa jadi ada di laher roda belakang yang bermasalah dan harus ganti tentunya, contoh kasus rx-robo setelah ganti dumper dan engiine mounting masih terasa goyang dan roda belakang pun rada seret, hemmm spertinya laher minta ganti nih.. dan benar saja ketika dibongkar  kondisi laher sudah sangat berkarat dan seret, komponen ini memang susah kepantau karena berada di dalam gearbox didalam gearbox juga masih dibalik seal oli, jd untuk liat kondisinya ya harus bongkar Gearbox, 

Selain Laher yang berkarat As Velg pun ikutan berakat juga malah udah kecampur dengan kotoran-kotoran lainnya,dari debu yang mengendap, sisa kampas rem, gemuk yang udah kering. pokoknya Kotor Banget deh.. sampe harus disemprot wd dan di cuci pake bensin buat bersihinnya,


hemmm.... ko bisa kaya bgt yah???
jawabanya ada di ujung langit kita kesana dengan seorang anak...*Itermezo
Nah penyebabnya adalah lubang yang ada di situ tuh, iya disitu, 

 
 
sebenarnya itu fungsinya sih sebagai lubang pembuangan klo klo oli gardan kepenuhan muncrat lewati sealnya langsung kebuang ga sampe masuk ke area kampas rem belakang, bahaya donk klo masuk area pengeraman bisa blong tuh motor. nah selain untuk pembuangan ternyata lubang itu pun bisa jadi biang masalah klo motornya sering lewatin banjir yang lumayan tinggi, sering main lumpur dan pas di steam, kemungkinan air dan kotoran lainnya masuk sangat besar, karena pas saya bongkar pun kotor sekali, ya kan dulunya sering offroad tuh si RX-Robo jadi wajar aja sampe bgt, dari kotoran yang cepet-cepet dibersihin atau abis kena banjir ga cepet dibersihin atau abis nyuci ga di angetin motornya langsung di simpen dan di selimutin ya bisa saja membuat laher jadi berkarat. dan membuat ban seret dan lama kelamaan bikin laher oblag yang akhirnya motor kerasa goyang geol pas dipake jalan, klo udah bgt yang wajib ganti deh, syukur-syukur ga kena tuh as velgnya, soalnya buat motor saya kena juga tuh as velg, maklum lah keseringan di ajak loncat-loncat memang sih ga ketara banget klo asnya "bengkok" cuman memang dibandingin dengan as yang lain beda .


nah jika sobat mengalami masalah sperti ini langsung aja bawa ke BERES atau Bengkel lainnya yang dipercaya untuk ganti Lahernya, soalnya klo ganti sendiri cukup MEREPOTKAN , kalau peralatanya minim karena akan kesusahan pada saat lepas dan pasang lahernya. untuk jenis laher yang dipake adalah laher 6004 dengan harga 30ribuan. disarankan sih pake yang asli ya jangan yang kawai kawai resiko rusaknya cepet dari pada yang asli,




dan setelah ganti laher bisa dirasain deh bedanya  gimana , motor udah ga seret lagi di ajak jalan pun udah ga geol lagi. klo masih teraasa seret dan geol ada baiknya cek juga tuh asnya, tp untuk yang paka motornya biasa aja sih ganti laher aja udah cukup terkecuali motornya sering lewatin medan extreme, jalan rusak dan lain sebagainya, ada baiknya ganti juga biar sekalian bongkar, tapi itu kasus yang sangat sangat sangat jarang sekali sih ganti as belakang. oke segitu aja dulu dan nantikan postingan lainnya, karena masih ada permasalahan geol geol yang belum saya bahas, nyari fotonya dulu..hehehe 

X-RIDE TERBAKAR... APA PENYEBABNYA YAH???

Kejaian ini di alami salah satu member dari grup Facebook Yamaha X-ride Indonesia Bro Nanda Nando PapaeNabill Dia mengalami musibah X-ride kesayangnya terbakar pada bagian bagasi, sampai menghanguskan Bagasi, Aki, dan Sebagain TB , wihh ngerii ya....!!! lalu bagaimana sih kejadian  bisa terjadi??? 




dari yang bersangkutan pun ga tau kenapa sampe bisa kajadian karena pas ditanya motornya masih standar tingting ga da ubahan apapun baik di kelistrikan maupun yang lain. wah ko bisa ya standaran kena??? biasanya sih yang kena bgn itu yang udah da ubahan di kelistrikan sperti nambah lampu atau klaksaon tp wiring kabel dan pemilihan kabel yang ga bener akhirnya menyebabkan konslet. dan terbakar, seperti yang pernah saya alami waktu masih jaman jaman nya hobi offroad motor ngebul di tengah hutan, untung masih keburu di cabut aki klo engga mah ga tau deh ceritanya gimana., nah klo dari pengalaman saya itu penyebabnya dalah kabel untuk klason keong yang nyabung dari aki tekelupas. dan sayangya sikring ga bisa mutusin arus jd konslet deh, yang mengakibatkan kabel aki terbakar sisa tinggal tembaganya aja, kabel body pun terpakasa di ganti karena sebagian terbakar, kejadian sperti saya ini lah salah satu penyebab dari motor terbakar., kira kira ada yang lainnya ga yah,, yuk kita urut satu persatu apa saya yang harus kita hindari dan lakukan agar kejadian serupa tidak terulang lagi.
SIKRING
Saya mulai saja dari yang paling sederhana yaitu sikring, kenapa harus sikring??? iya karena sikring berfungsi memutus tenggangan jika da beban lebih ata konsleting sehingga mehindari overvoltage yang bisa menyebabkan kebakaran. untuk Sikring selalu gunakan ukuran yang sesuai dengan bawaaanya , untuk x-ride sikring bawaanya itu 15A jadi jangan sampe mengganti sikring ini dengan yang lebih besar nilai amperenya karena bisa berbahaya, klo diganti dengan yang lebih kecil amperenya gimana? itumah resikonya sikring bakal sering putus, jd tetep gunakan sikring dengan ukuran yang sudah di atur, agar pada saat terjadi konslet sikring masih dapat memutus teganggan,
STEAM/CUCI MOTOR
Klo ini yang paling simpel banget, selalu berhati-hati pada saat Steam/Cuci motor selalu berhati-hati jangan maen semprot bagian2 yang sekiranya bisa menyababkan konslet bisa bagian bagasi dibuka dan disemprot air yang bisa wasalam tuh motor, terlabih klo nyuci di pencucian biasanya suka maen asal semprot tuh, tanpa tau klo di situ ada kabel2 tambahan yang kita pasang entah buat klakson atau lampu walhasil pas motor dinyalain ya ngebul ngebul, nah selalu pastikan motor benar benar kering dan bagian bagian yang diaggap "berbahaya" dicek kembali, 
WIRING KABEL
nah kalo ini adalah penyebab utama nih, kesalahan wiring dan pemilihan kabel, ini kejadiannya  yang banyak terjadi loh,, kesalahan dalam memilih kabel untuk lampu tambahan atau klakson keong, sebelum menambah lampu tambahan atau klakson keong harus dipastikan dahulu atau di pilih kabel yang cocok agar kabel tahan lama dan ga kebakar pada akhirnya, contoh kasus deh masih motor saya sempet banyak masang lampu lampu terus pake kabelnya itu yang biasa aja beli di toko elektronik karena harganya cukup murah dan waktu itu saya ga faham masalah pengkabelan, langsung pasang aja, memang ga pada saaat itu kejadian langsung tapi beberalama waktu berselang baru deh kerasa kabel berkarat dalemnya rapuh dan panasm akhirnya ngebul, terlebih pada saat penyabungan ga bener juga dikasih isolasinya, karena rata rata isolasi yg ga bagus itu bakal "luntur" bagian lemnya jadi pada saat hujan dan atau dicuci motor air kan mudah masuk dan akhirnya konslet deh, untung keburu putus sikringnya, jd g sampe angus smw, tapi itu dulu sekarang pilihnya kabel yang khusus untuk audio mobil karena agak tebelan kabelnya jd lebih kuat dan tahan lama penyabungan pun dipakein isolasi yang bagusan, dan sebaiknya klo buat yang mau coba2 masang-masang lampu tambahan dan klakson keong konsultasikan dulu dengan teman atau mekanik yg dipercaya agar hal hal yang tidak di inginkan tidak terjadi, karena mencegah lebih baik dari pada mengobati.

TIKUS
Nah klo ini masalahnya lain lagi guys, ga ada hubungan sama hal hal di atas, hewan pengerat satu ini memang selalu jadi "musuh" banyak kejadian motor ga nyala, bahkan motor konslet akibat ulah dari hewan satu ini, iya karena tikus senang sekali menggiti kabel yang ada di motor, datang ga di undang pulang tak di antar setelah pulang nimbulin masalah, karena kita ga bisa tau klo motor abis digigit tikus atau enggam, tau taunya motor ga nayala pas di bongkar eh kabel abis di gigitin sama tikus, ini nih yang bisa bikin konslet, buat hindarinya juga cukup susah walaupun motor sering dicuci klo lagi apes yah bisa kena juga, ya buat hindarinya jaga kebersihan rumah aja kali ya biar ga ada tikus yang masuk kedalam motor, 
Itu aja mungkin tips-tips dari saya , dari semua yang sudah saya alami sendiri dan teman-teman lainnya,. semoga kita bisa tehindar dari masalah di atas dengan cara rajin2lah rawat kendara kesayangan anda selayaknya anda menyayangi pacar, istri, dan selingkuhan.hahahhaaha...