Wednesday, January 24, 2018

Ganti Laher AS Velg Belakang Usir Roda belakang Seret dan Motor Geol Saat Jalan

Apakabar X-rider pembaca setia blog ini, kali ini kembali saya posting mengenai permasalahan motor yang sering goyang goyang, tapi kali nin permasalahnya bukan lagi di Dumper Atau engine mounting seperti yang pernah di bahas dipostingan sebelumnya, tapi tak lain dan tak bukan dari Laher As roda belakang yang menjadi biang keroknya ya, selain goyang pas di ajak jalan , muterin ban belakang pun akan terasa seret, nah klo sudah bgt berarti gejala nya bisa jadi ada di laher roda belakang yang bermasalah dan harus ganti tentunya, contoh kasus rx-robo setelah ganti dumper dan engiine mounting masih terasa goyang dan roda belakang pun rada seret, hemmm spertinya laher minta ganti nih.. dan benar saja ketika dibongkar  kondisi laher sudah sangat berkarat dan seret, komponen ini memang susah kepantau karena berada di dalam gearbox didalam gearbox juga masih dibalik seal oli, jd untuk liat kondisinya ya harus bongkar Gearbox, 

Selain Laher yang berkarat As Velg pun ikutan berakat juga malah udah kecampur dengan kotoran-kotoran lainnya,dari debu yang mengendap, sisa kampas rem, gemuk yang udah kering. pokoknya Kotor Banget deh.. sampe harus disemprot wd dan di cuci pake bensin buat bersihinnya,


hemmm.... ko bisa kaya bgt yah???
jawabanya ada di ujung langit kita kesana dengan seorang anak...*Itermezo
Nah penyebabnya adalah lubang yang ada di situ tuh, iya disitu, 

 
 
sebenarnya itu fungsinya sih sebagai lubang pembuangan klo klo oli gardan kepenuhan muncrat lewati sealnya langsung kebuang ga sampe masuk ke area kampas rem belakang, bahaya donk klo masuk area pengeraman bisa blong tuh motor. nah selain untuk pembuangan ternyata lubang itu pun bisa jadi biang masalah klo motornya sering lewatin banjir yang lumayan tinggi, sering main lumpur dan pas di steam, kemungkinan air dan kotoran lainnya masuk sangat besar, karena pas saya bongkar pun kotor sekali, ya kan dulunya sering offroad tuh si RX-Robo jadi wajar aja sampe bgt, dari kotoran yang cepet-cepet dibersihin atau abis kena banjir ga cepet dibersihin atau abis nyuci ga di angetin motornya langsung di simpen dan di selimutin ya bisa saja membuat laher jadi berkarat. dan membuat ban seret dan lama kelamaan bikin laher oblag yang akhirnya motor kerasa goyang geol pas dipake jalan, klo udah bgt yang wajib ganti deh, syukur-syukur ga kena tuh as velgnya, soalnya buat motor saya kena juga tuh as velg, maklum lah keseringan di ajak loncat-loncat memang sih ga ketara banget klo asnya "bengkok" cuman memang dibandingin dengan as yang lain beda .


nah jika sobat mengalami masalah sperti ini langsung aja bawa ke BERES atau Bengkel lainnya yang dipercaya untuk ganti Lahernya, soalnya klo ganti sendiri cukup MEREPOTKAN , kalau peralatanya minim karena akan kesusahan pada saat lepas dan pasang lahernya. untuk jenis laher yang dipake adalah laher 6004 dengan harga 30ribuan. disarankan sih pake yang asli ya jangan yang kawai kawai resiko rusaknya cepet dari pada yang asli,




dan setelah ganti laher bisa dirasain deh bedanya  gimana , motor udah ga seret lagi di ajak jalan pun udah ga geol lagi. klo masih teraasa seret dan geol ada baiknya cek juga tuh asnya, tp untuk yang paka motornya biasa aja sih ganti laher aja udah cukup terkecuali motornya sering lewatin medan extreme, jalan rusak dan lain sebagainya, ada baiknya ganti juga biar sekalian bongkar, tapi itu kasus yang sangat sangat sangat jarang sekali sih ganti as belakang. oke segitu aja dulu dan nantikan postingan lainnya, karena masih ada permasalahan geol geol yang belum saya bahas, nyari fotonya dulu..hehehe 

No comments:

Post a Comment