Friday, March 16, 2018

Menguak Fenomena "Mistis" Alat Pengehemat BBM dan Peningkat Motor Hemmm????

 Oke Sobat X-Rider dan Aeroxer Indonesia. Kali ini saya akan membahas tentang apa ya namanya fenomena atau  trending dan apalah lah namanya yang beberapa hari ini mengganggu pikiran saya, eh sebenernya sih udah mayan lama juga tapi ga di pikirin seperti kemaren kemaren..

Dari kemarin-kemarin tuh saya kepikiran sama "alat" pengehemat bbm dan peningkat performa motor yg dipasang di box fillter, dr bahan baku yg dipake terbuat dr fiber,keramik,dan logam khusus, nah gw kepikiran logam khususnya itu apa sih yg dipake, trs cari cari cari lg penjelasdetail nya dr salah satu produk itu, oh ternyata fungsinya adalah merubah struktur molekul atau ikatan kovalen dari oksigen menjadi kaya muatan ion negatif akibat dr oksigen yg masuk dan bergesekan dengan alat tersebut yg menciptakan listrik statis yg dpt merubah struktur ion oksigen yg masuk yg membuat kulitas udara yg msk ke ruang bakar lbh bagus dan mengurangi emisi gas buang,.

terus jg kmrn saya baca baca artikel tentang pemakaian aluminum foil di dalam box filter banyak reviewnya motor jd lebih bertenaga , ada yg bilang karena udara yg masuk jd lbh dingin, ada yg lain karena volume metrik udara yg masuk jd berubah. tapi klo balik lagi ke pernyataan di awal td udara yang masuk dan bergesekan dengan alat tersebut dan menciptakan listrik statis sehingga bs merubah struktur ion oksigen dan memperkaya ion negatifnya. Bs saja yg pake aluminium foil td bukan karena udara jd lbh "dingin" tp karena ada gesekan udara dan aluminum td yang membuat listrik statis dan akhirnya bisa merubah struktur ion dari oksigen, terus saya berpikir lagi. Klo fungsinya bgt berarti memang udara yg masuk harus melewati sejenis logam yg bs merubah struktur ion dari oksigen karena dr 2 produk yg saya tau keduanya bahan dasarnya jg logam, dan terus saya cari refernsi apa sih yg bs ngerubah strutur ion oksigen hemm.. Msh blm ketemu yang pas.

Dan tdnya saya mau langsung coba, sprtnya jenis logam yg bs merubah struktur ion itu adalah magnet karena magnet punya kutub negatif dan positif. Dan saya tdnya mau coba pake neodium magnet bekas hardidisk karena termasuk jenis logam yg memiliko daya magnet yg cukup kuat,cmn sayangnya g ktm dkotak perlatan. Y sudah batal uji coba.

lalu saya coba nyari pake keyword lain. Akhirnya ketemu jg artikel yg bahas apa yang saya cari dan apa yg saya maksud. Diartikel itu membahas tentang "pengembangan bahan ionisasi bermagnet "Wah pas banget nih artikelnya stlh baca bca dia melakukan 4percobaan pd produk yg berbeda dengan alat penguji yg dimiliki, kebetulan artikel itu bahan seminar nasional aplikasi saint dan teknologi dari salah satu fakultas teknologi industri di indonesia, dlm artikelnya jg lengkap dengan metode pengujian dan hasilnya. Metode pengujian pun menggunakan alat khusus dr alat ionisasi, gas analizer dll. Berarti pengujiannya bener nih dan yg dibahas adalah alat ionisasi bermagnet,
 
Nah dibawah ini adalah kutipan dari Artikel yang saya baca tersebut

"Bensin merupakan senyawa hidrocarbon (HC), dimana merupakan campuran heptana+octana memiliki rumus kimia CnH2n+2 dan merupakan gugus alkana. Alkana merupakan gugus Hidrocarbon alifatis; yaitu hidrocarbon dengan susunan rantai terbuka. Ikatan yang terbentuk antar atomnya merupakan ikatan kovalen. Ikatan kovalen terbentuk karena atom-atom yang berikatan (secara kimia)  memiliki  elektronegativitas yang sama dan jika berinteraksi akan terjadi pemakaian elektron secara bersama-sama oleh atom-atom yang berikatan. Ikatan kovalen penyusunnya merupakan unsur-unsur non logam, ikatan ini memiliki sifat ionic karena memiliki beda elektronegativitas yang tinggi. Ionisasi yang diakibatkan  pengaruh medan magnet dalam alat penghemat bahan bakar diyakini dapat menyebabkan ion-ion mengalir lebih teratur. Efek selanjutnya adalah tenaga mesin meningkat, konsumsi bahan bakar menurun, dan kadar emisi gas buang ( CO dan HC) rendah."


Jd yg saya pikirkan kmrn sm persis dengan apa yg ada di artikel tersebut, adanya alat bermagnet yg dilalui udara yang bisa mengubah struktur ion dari oksigen yg masuk yang akan membuat mengurangi konsumsi bbm dan mengurangi emisi gas buang. Wow.. Teori teorinya layak buat di ujicoba nih. Luar biasa klo bener bener berhasil jd apa yg ada dialat yg dijual dipasaran itu terbuka sudah rahasianya. Menggunakan sejenis logam untuk merubah struktur ion oksigen yg diakibatkan karena adanya listrik statis.

Pengujian yang akan saya lakukan adalah degan memasang neodium magnet, dan satu jenis logam yg akan saya ungkapkan nantinya , kedua bahan tersebut saya gunakan berdasarkan teori2 yg sdh saya baca baca.
Dan sebagai bahan perbandingan saya udah beli juga salah satu dr produk tersebut, untuk dicompare dengan apa yg saya akan uji. Pengujian mungkin akan memakan waktu beberapa hari biar adil. menggunakan alat saya sndr, kemudian menggunakan alat yang lain, dan pastinya dipake jarak jauh jg, sukabumi-jakarta , jakarta-sukabumi ya mungkin bisa 2 mingguan waktu pengujiannya.

oke jadi nantikan hasil pengujian yang akan saya lakukan,apa berhasil atau tidak, dengan perbandingan tersebut. atau kedua duanya pun gagal lolos uji versi saya. kita lihat saja nanti. 
 

SERVICES CVT AEROX 155, HILANGKAN GETAR DAN REMBESAN OLI MESIN DI CVT

Oke Sobat, Kali ini saya akan memberikan sedikit Tutorial tentang mengatasi masalah Geter Geter di motor Aerox 155 VVA, klu untuk X-ride dan sejenisnya sih sudah banyak di Blog ini Tutorialnya dan tentunya ga jauh beda penanganannya karena sama sama matic juga ko.

Nah tutorial kali ini saya buat sekalian dengan penggantian Seal Oli karena sewaktu saya bongkar CVT ada remebesan Oli di CVT yang membuat tarikan motor saya terasa berat bin ngeden, untuk Kerusakan Seal Oli sendiri bisa disebabkan berbagai macam hal, usia pakai, jarak tempuh, cara berkendara dll, klebetulan klo kasus punya saya ini keseringan seminggu sekali bawa jauh sukabumi-jakarta, jakarta-sukabumi, sama kaya x-ride saya pun penyakitnya sering bgt , karena jarang banget mau istirahat dan seringnya geber-geber akhirnya untuk penggantian seal oli pun lebih sering dari pada pemakaian normal, oh iy untuk KM pas penggantian waktu itu udah mencapai 11rb KM, dan untuk kasus lainnya memang sebelum adanya rembesan Oli di CVT, dan juga sempet lewatin Banjir di Daerah kelapa gading dari situ lah akhirnya seal oli minta ganti, seminggu kemudian

 nohh banjirnya aja segitu sampe cvt kerendem...

Untuk Seal oli nya sendiri bisa di beli di BERES dengan harga 9500. tapi kemungkinan butuh Inden karena g semua BERES sedia seal oli untuk aerox, dan jangan yakin klo mekanik beres bilang Seal oli nya sama dengan seal oli Yamaha yang lain ukurannya, karena saya sudah bandingkan sendiri denga seal Oli pny x-ride ukuranya beda, pun demikian dengan punya nmax beda. untuk aerox ini diameter seal oli bagian luarnya lebih kecil dari matic yamaha lain, so ada baiknya jika sobat belum mengalami kejadian seperti saya ni, pesen di beres rada banyakan buat stok jaga jaga siapa tau nanti ada masalah bgn jadi ga susah. nih saya juga beli lumayan banyak.


diatas saya sudah bahas tentang rembesan Oli di cvt, lalu apa sih penyebab getar pada saat gas dibuka atau pas awal motor jalan,, untuk motor yang masih baru getar biasanya timbul akibat komponen CVT yang Kotor terutama di area Mangkok CVT, kotoran didalam mangkok CVT disebabkan karena Gesekan Kampas Otomatis, dan akhirnya menimbulkan getaran, lama kelamaan klo kotoran itu semakin bertumpuk maka akan mengakibatkan getar dan juga motor akan terasa slip efek jangka panjangnya akan membuat bagian kampas otomatis menjadi tidak rata, oleh sebab itu disarankan rutin melakukan perawatan area CVT minimal setiap 3000km agar kondisi CVT tetap dalam keadaan yang prima dan terhindar dari Getar, kalo sudah dibersihin tapi tetep terus getar gimana solusinya??? nah silahkan baca aja postingan - postingan saya dibawah ini untuk mengatasi getar pada CVT, yang sudah saya bahas sebelumnya untuk motor x-ride, terus mungkin akan timbul pertanyaan emang sama penanganan buat x-ride dan aerox??? Insya Allah sama karena sama sama matic dan ga beda jauh penanganannya karena permasalah tersebut pun sudah saya coba lakukan di Aerox .

Mengatasi Greteg Part 1
Mengatasi Greteg Part 2
Mengatasi Greteg Part 3
Mengatasi Greteg Part 4
Mengatasti Greteg Part 5

Nah Kelima Postingan di atas adalah pembahasan mengenai permasalahan Tentang Geter/Greteg pada motor Matic setiap part nya mewakili tingkatan "kerusakan" atau masalahnya dari part 1-5,  tapikan itu postingan untuk X-ride??? tenang aja sobat semuanya itu pun sudah saya lakukan pada motor-motor matic Yamaha yang lain yang saya miliki, dan juga saya lakukan pada matic dari "itali" jg penangannanya sama ko,

Terus bagaimana cara menggantinya dan cara menghilangkan Getar yuk simak video nya aja cara mengatasi Getar dan ganti Seal Oli nya.