Friday, March 16, 2018

SERVICES CVT AEROX 155, HILANGKAN GETAR DAN REMBESAN OLI MESIN DI CVT

Oke Sobat, Kali ini saya akan memberikan sedikit Tutorial tentang mengatasi masalah Geter Geter di motor Aerox 155 VVA, klu untuk X-ride dan sejenisnya sih sudah banyak di Blog ini Tutorialnya dan tentunya ga jauh beda penanganannya karena sama sama matic juga ko.

Nah tutorial kali ini saya buat sekalian dengan penggantian Seal Oli karena sewaktu saya bongkar CVT ada remebesan Oli di CVT yang membuat tarikan motor saya terasa berat bin ngeden, untuk Kerusakan Seal Oli sendiri bisa disebabkan berbagai macam hal, usia pakai, jarak tempuh, cara berkendara dll, klebetulan klo kasus punya saya ini keseringan seminggu sekali bawa jauh sukabumi-jakarta, jakarta-sukabumi, sama kaya x-ride saya pun penyakitnya sering bgt , karena jarang banget mau istirahat dan seringnya geber-geber akhirnya untuk penggantian seal oli pun lebih sering dari pada pemakaian normal, oh iy untuk KM pas penggantian waktu itu udah mencapai 11rb KM, dan untuk kasus lainnya memang sebelum adanya rembesan Oli di CVT, dan juga sempet lewatin Banjir di Daerah kelapa gading dari situ lah akhirnya seal oli minta ganti, seminggu kemudian

 nohh banjirnya aja segitu sampe cvt kerendem...

Untuk Seal oli nya sendiri bisa di beli di BERES dengan harga 9500. tapi kemungkinan butuh Inden karena g semua BERES sedia seal oli untuk aerox, dan jangan yakin klo mekanik beres bilang Seal oli nya sama dengan seal oli Yamaha yang lain ukurannya, karena saya sudah bandingkan sendiri denga seal Oli pny x-ride ukuranya beda, pun demikian dengan punya nmax beda. untuk aerox ini diameter seal oli bagian luarnya lebih kecil dari matic yamaha lain, so ada baiknya jika sobat belum mengalami kejadian seperti saya ni, pesen di beres rada banyakan buat stok jaga jaga siapa tau nanti ada masalah bgn jadi ga susah. nih saya juga beli lumayan banyak.


diatas saya sudah bahas tentang rembesan Oli di cvt, lalu apa sih penyebab getar pada saat gas dibuka atau pas awal motor jalan,, untuk motor yang masih baru getar biasanya timbul akibat komponen CVT yang Kotor terutama di area Mangkok CVT, kotoran didalam mangkok CVT disebabkan karena Gesekan Kampas Otomatis, dan akhirnya menimbulkan getaran, lama kelamaan klo kotoran itu semakin bertumpuk maka akan mengakibatkan getar dan juga motor akan terasa slip efek jangka panjangnya akan membuat bagian kampas otomatis menjadi tidak rata, oleh sebab itu disarankan rutin melakukan perawatan area CVT minimal setiap 3000km agar kondisi CVT tetap dalam keadaan yang prima dan terhindar dari Getar, kalo sudah dibersihin tapi tetep terus getar gimana solusinya??? nah silahkan baca aja postingan - postingan saya dibawah ini untuk mengatasi getar pada CVT, yang sudah saya bahas sebelumnya untuk motor x-ride, terus mungkin akan timbul pertanyaan emang sama penanganan buat x-ride dan aerox??? Insya Allah sama karena sama sama matic dan ga beda jauh penanganannya karena permasalah tersebut pun sudah saya coba lakukan di Aerox .

Mengatasi Greteg Part 1
Mengatasi Greteg Part 2
Mengatasi Greteg Part 3
Mengatasi Greteg Part 4
Mengatasti Greteg Part 5

Nah Kelima Postingan di atas adalah pembahasan mengenai permasalahan Tentang Geter/Greteg pada motor Matic setiap part nya mewakili tingkatan "kerusakan" atau masalahnya dari part 1-5,  tapikan itu postingan untuk X-ride??? tenang aja sobat semuanya itu pun sudah saya lakukan pada motor-motor matic Yamaha yang lain yang saya miliki, dan juga saya lakukan pada matic dari "itali" jg penangannanya sama ko,

Terus bagaimana cara menggantinya dan cara menghilangkan Getar yuk simak video nya aja cara mengatasi Getar dan ganti Seal Oli nya.



18 comments:

  1. Kasusnya sama spt ane gan...setiap bengkel resmi yang saya tanyain seal oli barang gak ready...kl ada stok boleh saya gantiin gan...ngejogrok seminggu lebih motor ane gan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya emang harus inden klo mau beli, kemaren beli di DDS cempaka putih krn sekalian mau beli mika sen, ntar di cek ya dirumah, soalny disimpenin smw barang2 di sukabumi. kemaren di kasihin satu ketemen. emang di daerah mana bro cb add fb saya aja faiz.deviruzz

      Delete
    2. Pagi, kemarin saya service bongkar CVT Aerok sendiri dengan alesan karna cvt saya kalau gas dibuka Rpm rendah dia bergetar dan greded, otomatis saya buka dong karna penasaran.. Dan mmg iaa semua isi Cvt dalamannya kotor berdebu, saya buka satu persatu dan saya bersihin pakai bensin dan saya agak amplas sedikit, tp setelah area mangkok kampas ganda dan area rumah roller di bersihkan dan saya pasang semua, geternya gredednya sih hilang tp kok motor tarikannya jadi ngeden atau berat yah, dan sistem VVA nya itu kalau di pakai ngebut kecepatan 40/50 lgsg nyala, tp sebelum di bongkar biasanya sistem VVA nya itu nyala di kecepatan 60Km, hemm ada yg tau ga kenapa motor saya kok jadi berat yah tarikan pas di bongkar Cvt nya.. Mkasih

      Delete
    3. Coba cek pemasangan beltnya bener gak. Jangan2 kebalik arahnya, ada tandanya arah di beltnya soalnya saya pernah kebalik juga dan cvt sering selip. Atau kurang kenceng baut di primari slavenya.

      Delete
    4. Setelah bongkar & bersih2 cvt motor terasa ngeden, coba bongkar lagi cvt nya apakah venbelt kotor terkena oli. Jika venbelt bersih tidak ada bekas oli dll, kemungkinan masalah ada di per nya. Coba ganjal pakai besi/lilitan kabel rem di bagian mangkok tempat pernya. Motor saya kembali ke performa baik lagi. Ga ada ngeden2 lagi. .

      Delete
  2. kenapa BERES angkat tangan ya masalah geter ini padahal agak parah geternya karena posisi stationer habis jalan kenceng aja geter, sudah lebih 10x ke BERES malah sama salah satu beres dibilang ganti roller n per cut racing, sudah kuganti juga tapi 3 hari gitu juga, ujung2 nya di beres satunya diganti roler n per aslinya lagi dan bilang motor matic mmg geter gitu katanya, masak orang jepang bodoh gtu ya gan??? 😀, untuk seal sama sekali mereka gak rekomendasi untuk diganti, ato mmg harus kuganti juga ya? secara motor saya baru 2 bulan sdh gitu... hadehh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama kayak tunggangan ane bos,dah 2x ke bengkel buat servis cvt karena gredeg..abis dr bengkel sih gejala gredeg ilang,cuman hanya bertahan seminggu,setelahnya gredegnya nongol lagi,yg ke dua kali kebengkel juga sama,malah dah ganti roller,karena dah peyang,jelang seminggu gredegnya nongol lagi,,,
      kok curiga di kampas ganda-nya yak...tp kok yak cepet banget yak kampas gananya kena,padahal masih dibawah 15000km...masa iya..durabilitasnya jelek

      Delete
    2. Sama pak masalahnya. Kalo saya curiga itu karena per kopling gandanya keras jadi butuh rpm tinggi agar kopling penuh menggigit mangkoknya. Jadi saat kampasnya tinggal setengah di rpm rendah jadi kurang menggigit.

      Delete
  3. Mtor aerox ane setiap mesin dingin atau pertama x dinyalain dibawa gas pelan ngrendet gtu gan pdhal cvt sudah di bersihin, tp ketika dipke lama mesin atau gas pul. Ngrendet ilang meskipun di tes gas pelan,, knp yah bgtu? ud ud ganti karet yg kecil" itu 3 biji, tp jlng 4 hari timbul lagi bgtu.. pdhl bru dibawah 10rb km

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama gan percis kyak yg saya alami km masih 6000 pdhal

      Delete
  4. Saya jga merasakan hal yg sama di motor aerox saya mas

    ReplyDelete
  5. Aerox saya terasa getar di kecepatan 60Km sampe 75Km seperti gredeg dilepas gas berkurang tapi terasa sampai ke pijakan kaki...3X ke BERES katanya gpp..roller,spring,service cvt,ganti oli mesin,oli gardan masih tetap ada pdhl odometer masih 7100KM...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama mas saya juga, persis bgt. Mau narik gas lbh dari 75 malah jadi was was karena udh gredeg gitu. Itu kenapa yaa. Solusi nya gmn. Saya malah msh 2800 Km.

      Delete
  6. Saya servis cvt serelah 1 atau 2 minggu mulai terasa getar lagi,waktu di service mekanik nya bilang onderdil2 nya masih bagus cuma v-belt nya sudah sedikit retak2 tapi kata nya masih kuat di paki,,ada yg bisa kasih pencerahan kenapa ya motor ane getar gitu padahal belum lama di service dan terkadang waktu di panaskan kedengaran bunyi grek2

    ReplyDelete
  7. Kalo udh bersih semua bagian cvt, terus msh ada kerasa greteg itu knp ya?

    ReplyDelete
  8. rata-rata yamaha matic emang gitu gan getaran mesin sampai ke setang. penyebabnya saya kurang tau

    ReplyDelete
  9. Kemaren sya ganti per cvt karna sudh lemah,trus di yg 1500rpm bgtu di kebut 100km tariknnya enteng bahan bakarpn jdi irit dn udh g ada getarnya lagi walupn brjln gas pelan,tpi stelah 5 hari timbul lgi getar dn suara gredegnya di cvt bagian blakang,cvtnya mmang sensitif trus maunya gimna??..,g di serfis slh di serfis mlh jdi masalh...

    ReplyDelete
  10. Sy jg pernah ngalamin hal yg sama, tp abis di bongkar cvt. Amplas kampas ganda sm mangkoknya pake amplas Alus trus pke roller ORI nmax old, smpe skrng gredegnya ilang sm sekali. Ini dh jalan 2 bulan gk ada gredegnya lg.

    ReplyDelete