Monday, December 30, 2013

Test Roller 8gr/10gr di X-ride

Meningkatkan performa Si X , tidak hanya bisa dilakukan dengan Boreup, tapi bisa juga dengan mengoprek bagian CVT untuk mendapakan Performa yang lebih baik, sudah umum diketahui motor x-ride akslerasi awalnya sangat responsif tapi untuk Top speed agak keteteran dan susah buat dapat tarikan lebih dari 80Kpj karena memang X-ride Standar menggunakan roller 8gr yang hanya bagus di tarikan awal/bawah tapi kurang enak di tarikan atasnya.



Kali ini Kembali Si RX-ROBO jadi korban Experiment , dengan bermodal Roller 8Gr kawahara yang di beli beberapa minggu lalu dan Roller 10Gr Kawahara Bekas Pemakaian si Mimi (Mio ane). dan  berbekal masukan dari beberapa Orang dan dari beberapa web , Akhirnya saya Uji Kemapuan dari roller 8gr/10gr di X-ride .

Langsung aja silahkan di simak :
Pertama yang harus disiapkan pastinya Roller 8gr 3 pcs dan 10gr 3pcs,


siapkan kunci2 yang dibutuhkan:

  • kunci T 8mm, (untuk membuka cover saringan udara dan blok cvt)
  • Kunci T 10 mm ( untuk membuka Cover saringan udara bagian lainya)
  • Kunci shock 17 mm ( Untuk membuka Mur , Primary slave )
  • Baut 12mm panjang kira 6cm  Untuk penahan bagian primary shave
Siapkan Alat pembersih :

  • Kuas
  • Lap bersih
  • Alkohol ( Untuk Membersihkan bagian Pulley)
Selanjutnya Bongkar Bagian2 CVT nya :





Untuk tutorial pembongkaran Lengkap  CVT bisa di liat di sini tutorial-bongkar-cvt-x-ride-sendiri

Lanjut setelah bagian CVT di bongkar saatnya pemasangan Roller,

Ketika meletakan roller pengganti, perhatikan  posisinya. Buat roller  kombinasi,  letakan roller yang lebih ringan di bagian depan sebelum roller berat / posisi roller yang ringan ada di sebelah kiri dan roller berat di sebelah kanan.


Setelah semua roller Terpasang rakit kembali bagian Cvt seperti semula 



Untuk tutorial pembongkaran Lengkap  CVT bisa di liat di sini tutorial-bongkar-cvt-x-ride-sendiri 

REVIEW : 

  • Setelah melakukan pemasangan Roller Kombinasi 8gr dan 10gr , dan pada saat motor dinyalakan dengan Standar Tengah, terlihat Vibrasi pada motor, walaupun tidak terlalu kencang 
  • Tes ride (Kondisi Jalan Rata) Berat badan saya 64kg , pada saat melakukan tes ride, awalnya motor masih mengalami Vibarsi/Getaran, tapi lama kelamaan getaran itu Hilang dengan sendirinya, dari tarikan awal sangat terasa beda jauh dengan sebelumnya, bukaan gas sedikit saja Si X, langsung ngajak Lari, dari 0- 60kpj terasa sangat responsif, berbeda dengan sebelumnya saat saya mencoba roller 6 gr rata dan 8 gr rata . tarikan dari  60-80kpj pun demikian sangat cepat di dapat, 80-90kpj pun demikian terasa lebih cepat dari sebelumnya, tarikan atas jadi lebih ngisi, segitupun tarikan gas belum full, dikarenakan di Sukabumi 
  • Tes ride (jalan Menanjak) pun demikian ada perubahan signifikan di tarikan bawah , yang biasanya selalu keteteran di tanjakan (susah buat dapet 60-80kpj )  dengan kombinasi 8gr/10gr tidak terasa lagi, tarikan tetap stabil di 60kpj > 

Kesimpulan : 

  • Dari kombinasi Roller 8/10gr yang saya Rasakan mampu memberikan peningkatan performa baik tarikan bawah maupun atas, beda jauh dari tarikan sebelumnya dan saya rasa ini adalah tarikan terbaik dari Si RX-ROBO , 
  • Tapi perlu di ingat juga , dan sering di bahas di web2 lainya, sangat tidak disarankan menggunakan Roller yg di Kombinasi karena "MITOS" nya akan menimbulkan Vibrasi/getaran di CVT yang akan mempercepat kerusakan dari beberapa Part di CVT, Untuk penggunaan Roller Kombinasi Balik lagi kepada pemilik kendraannya .





19 comments:

  1. Saya X-Rider dari Cianjur yang baru gabung.
    Saya suka postingan ini, menambah pengetahuan tentang tunggangan saya. Terima kasih. Tapi saya ada pertanyaan yang mungin bisa diatasi.
    X-ride saya pada kecepatan 40 - 60 kpj terasa ada vibrasi yang berirama (rrr...rrrrr...rrrrrrrr) pada saat gas dipantengin. Kenapa ya? Apakah ada masalah di rollernya? Mohon jika ada solusinya. Terima kasih.

    ReplyDelete
  2. Bukan mitos gan kalo ente sendiri merasakan ada vibrasi saat pakai roller kombinasi, wkwkwkwk,,,

    ReplyDelete
  3. Di mio saya malah gak ada vibrasi mas? saya pakai mio smile 2011. Saya ganti roller silang sekalian service cvt dan ganti V-belt baru. Yang saya rasakan malah enak ngejar beat di putaran bawah :)

    ReplyDelete
  4. Suara rrrrrr mungkin pulley kopling yg ada coakan sudah melebar kang...

    ReplyDelete
  5. Tadi habis ganti pully depan set baru, kampas kopling beat baru, per cvt 1000rpm, per sentrik 1000rpm, roller silang 8/11. test drive tenaga ngisi terus dari bawah sampai atas. vibrasi? malah tidak ada.

    ReplyDelete
  6. Sya mau tanya gan d mtr xride sya. Klo bru di nylain sperti manasin mtr suka ada suara greg greg gred itu apa mslahnya ya

    ReplyDelete
  7. pengalaman saya..roller dah minta ganti..udah peyang

    ReplyDelete
  8. permisi.... saya user X-ride th.2015. keluhannya: TIDAK ADA TENAGANYA SAAT DIAJAK NANJAK. rekomendasi servis resmi yamaha:ganti roll (original), v-belt & saringan udara). hasilnya : GA ADA PERUBAHAN.. tetap GA KUAT DIPEK NANJAK, GAS FULL TAPI MOTOR GA MAJU-MAJU... mohon solusinya. Terimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beban brp kg?
      Ga maju'a karena tanjakan tinggi apa kondisi jln datar pak??
      Bapak Beli motor baru apa second??
      Coba per cvt n per kampas ganda d ganti. Skalian kampas ganda d ganti pak.

      Delete
    2. Mau nanya ni bang,apa ngga bahaya ya kalo mau ganti roler?

      Delete
  9. Para suhu x ane mw nanya tarikan awal sumpah berat apalagi pas tanjakan bawa anak 2 berasa ngos2an gas dtmbh suara udh ky mw koit please pencerahan para suhu x...mksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba roller kasih 6gram rata mas kasih ring pully mio karb,,stelan klep kasih 8 in ex 13 bbm petramax

      Delete
  10. Mau tanya kalo kombinasi 7gram Ama 10 buat X-Ride hasil ya gmn ya

    ReplyDelete
  11. Para suhu X mohon dibantu ya, ane punya masalah di X saya, ketika tanjakan yang tidak begitu tajam, sangat tidak kuat X saya, bb sy 50kg, pas tanjakan harus ditambah kaki ikut ngedorong motor 😄, roller awalnya standard 4 buah 8gr 1 buah ( enak dipakai seperti biasa ).

    Perubahan paa diganti menjadi roller ori 3 buah + 3 buah roller racing 8gr, kok jadi gak nanjak ya ? :( Tapi akselerasi topnya enak sih...

    Mohon bantuannya para suhu X supaya bawahan dan topnya enak. Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Para suhu X mohon dibantu ya, ane punya masalah di X saya, ketika tanjakan yang tidak begitu tajam, sangat tidak kuat X saya, bb sy 50kg, pas tanjakan harus ditambah kaki ikut ngedorong motor 😄, roller awalnya standard 4 buah 8gr 1 buah ( enak dipakai seperti biasa ).

      Perubahan paa diganti menjadi roller ori 3 buah + 3 buah roller racing 8gr, kok jadi gak nanjak ya ? :( Tapi akselerasi topnya enak sih...

      Mohon bantuannya para suhu X supaya bawahan dan topnya enak. Terimakasih

      Delete
  12. Klo pke rolle racing 11 gram rata gmn hu buat tarikan'a..mesin standar

    ReplyDelete
  13. Kang mau nanya kalo untuk x ride yg cocok untuk nanjak pake roller apa nama ?

    ReplyDelete