Wednesday, December 25, 2013

Ganti Oli Gearbox X-RIDE

Selain memperhatikan oli mesin, Untuk motor matik juga harus mengganti secara teratur oli Gearbox atau biasa juga disebut oli gardan. Oli Gearbox Untuk X-ride Spesifikasinya memiliki kekentalan 10W-40 dengan API Service SG. Oli yang memiliki part number 90793-AJ813 ini disarankan untuk rutin diganti tiap 6.000 km. Jika Oli  gear box kurang diperhatikan, jangan kaget jika muncul suara mendengung hingga terdengar kasar di Bagian CVT.



Kali ini saya melakukan penggantian Oli Gearbox Si RX-ROBO di kilometer 3571Km , klo tidak salah penggantian pertama Oli Gearbox Si RX-ROBO pas services pertama (kurang dari 500Km), karena saya sudah terbiasa mengganti Oli Gearbox setiap 1000km/2000km di mio lama saya untuk menjaga performa tetap baik .

Lalu Bagaimana cara mengganti Oli GearBox??? berikut ini saya coba praktekkan :

Pertama : Sediakan oli Gearbox dulu, Untuk Kapasitas Oli Gearbox X- Ride sama dengan Oli Gearbox Mio J, yaitu 140ml , dengan harga 12rb saja di Dealer Yamaha. Sediakan Juga KUnci ring 12 Untuk membuka baut pembuangan Oli, dan Tang Untuk Membuka Tutup Pengisian Oli


Kedua , posisikan motor X-ride dalam keadaan standar tengah.


Ketiga, Buka baut pembuangan, letaknya dibawah Crangcase CVT-nya, ada baut yang menghadap kebawah, Menggunakan  kunci ring 12. Buka bautnya ke arah berlawanan jarum jam. Jangan lupa sediakan juga wadah untuk menampung oli bekasnya. Tunggu sekitar 10 menit biar oli benar-benar tidak menetes lagi. Kalau perlu, miringkan motor ke samping kiri untuk memaksimalkan pengeluaran oli.




Keempat, setelah tidak ada tetesan Oli dari Gearbox, tutup kembali baut pembuangan tersebut. Putar pakai tangan dulu sampai mentok, lalu kencangan menggunkan Kunci Ring 12. 
Kelima, buka penutup Oli bagian atas yang berwarna putih menggunakan Tang . 

Keenam, Potong ujung botol oli Gearbox  menggunakan  Tang/gunting lalu tuangkan melalui lubang masuknya di bagian atas, lalu tekan-tekan botolnya untuk  supaya Oli cepat masuk ke Gearbox. Setelah selesai jangan lupa Tutup kembali bgaian atas Gearbox nya yah... !!!! 




 SEMOGA BERMANFAAT




9 comments:

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. sangat bermanfaat buat saya yg awam dan gak punya maintenance book krn beli kotornya second hand

    ReplyDelete
  3. Buat oli geabox saya pakai fastron techno 10w-40 api sn

    ReplyDelete
  4. Sebenarnya harus 140ml kah, tapi dari angka yg ada di dekat lubang oli menunjukkan pengisian 100ml. Mana yg benar

    ReplyDelete