Friday, April 11, 2014

Subtitusi Rem Belakang VIXION di X-RIDE Lebih Pakem

Untuk Para pengguna  Yamaha X-ride yang ingin meningkatkan kemampuan pengereman ada alternatif menarik nih. yaitu menggunakan kampas rem milik Yamaha Vixion. 

"lohhh,... emang sama yah ukurannya???" 

yups... secara dimensi ukuran dari kampas rem milik X-ride sama persis seperti kampas rem Vixion dan Kelebihannya, permukaan kampas rem Vixion lebih panjang dari bawaan X-ride otomatis untuk pengeraman pun bakalan lebih mantap dan ini sudah saya buktikan sendiri loh. 


STORY BEGIN:
Tadi sore awalnya ga ada rencana buat ganti kampas rem, tapi emang mau periksa  ban belakang yang kerasa mempet ke Filter (Lagi pake ban Trail), dan langsung saya buka-buka laci perlatan untuk nyari kunci shock 12 mm, eh malah ketemu kantong keresek yang isinya Kampas-kampas rem bekas Mio saya dulu, begiti di cek satu-satu wah ternyata masih ada simpenan Kampas Rem Vixion Lama yang pernah di pake di mio dulu, tadi nya engga terlalu yakin juga klo ukuran/dimensi  kampas Vixion bakalan sama dengan Kampas rem X-ride, karena dari salah satu postingan yang saya baca, umum nya untuk subtitusi rem X-ride menggunakan Rem Xeon RC,  tapi biar lebih yakin saya eksekusi juga rx-robo . hehehe!!! setelah semua bagian di bongkar lalu saya bandingan Dimensi dari kampas rem Vixion dan X-ride dari semua Sisi dan memang ternyata sama persis, yang jadi beda tetap ada di permukaan kampasnya itu, punya vixion lebih panjang dari pada punya X-ride, terus saya bandingin juga Kampas rem X-ride dengan mio, wahh.. ternyata 100% mirip.. setelah yakin dimensi sama kemudian saya pasang kampas Rem Vixion di X-ride lalu melalukan pengujian . 

Pengujian 
  1. Pengujian Pertama saya Coba menggunakan Velg Standar X-ride, dan hasilnya pun memuaskan daya cengkram rem lebih pakem dari Biasanya. FIX... 
  2. Pengujian Kedua saya coba menggunakan Velg Jari-jari yang sudah di pasang ban Trail, "sebagai info daya cengkram rem menggunakan Velg Jari-jari ini sebelum nya memang bermasalah, mungkin ini di akibatkan Kampas rem tidak masuk semua ke trombol ban belakang yah karena ada ganjel ring di as roda belakang yang menyebabkan daya cengkram rem berkurang," Dan setelah menggunakan kampas Rem Vixion hasil pengujian sungguh sangat memuaskan, karena baru sekarang merasakan rem belakang di Velg Jari-jari + ban Trail Pakem. walaupun suara pas ngerem jadi grukkk,, tapi itu sudah membuktikan buat saya rem bener-bener pakem... wa
Walaupun saya menggunakan Kampas rem Vixion ini  Bekas Limbahan mio, tapi untuk daya cengkram nya tidak mengalami penurunan, karena kampas yang saya gunakan masih cukup bagus, seingat saya baru pake beberapa bulan saja  karena waktu itu saya ganti lagi menggunakan kampas rem punya Scorpio di mio saya dulu. Untuk masalah harga Rem belakang milik Vixion memang lebih mahal ketimbang milik X-ride , untuk Rem belakang Vixion di bandrol dengan harga 51 sedangkan untuk X-ride Dibandrol dengan harga 43ribu, hanya selisih 8ribu saja tapi terbayar dengan daya cengkram rem yang lebih maksimal. So silahkan mencoba dan buktikan sendiri !!! 

FOTO-FOTO
Perbandingan Harga

PERBANDINGAN DIMENSI KAMPAS REM VIXION DAN X-RIDE

Tampak atas

Perbandingan panjang Kampas rem (Atas Vixion Bawah X-ride)

Perbandingan tinggi Kampas rem

 Perbandingan panjang Kampas rem (Kanan  Vixion , Kiri X-ride)
  Perbandingan  Kampas rem Bagian depan

 
 Pemasangan 
Pemasangan


TAMBAHAN PERBANDINGAN KAMPAS REM MIO DAN X-RIDE











1 comment: