Thursday, April 24, 2014

Pasang Cover Knalpot Byson di Xride


Merubah tampilan X-ride biar beda dari yang lain sudah "mutlak" di lakukan setiap pengguna, seperti motor saya Rx-robo sejak bulan agustus 2013 punya tampilan  berbeda dari yang lain terutama di bagian Knalpot, eitt.... bukan mengganti dengan knalpot tipe racing tapi hanya menggunakan cover knalpot Yamaha Byson saja, pada awalnya sewaktu searching di Internet saya melihat ada beberapa motor matic yang menggunakan Cover Knalpot byson dari situlah saya berniat merubah cover knalpot standar menjadi cover Knalpot byson.  


Untuk mendapatkan Cover Knalpotnya Sendiri memang harus Indent Di Dealer Resmi Yamaha, waktu itu saya inden sekitar 3 hari dan harus membayar 150ribu  untuk cover nya saja dan kalau beli berikut baut2nya sekitra 270 ribu, 


biar hemat yah cukup beli covernya saja, untuk baut bisa pakai baut variasi yang harganya lebih murah, untuk pemasangan terbilang cukup susah buat saya karena saya engga las buat dudukan cover knalpot tapi menggunkan plat besi, biar knalpot tetep mulus,hehehe , selain itu kesulitan lainnya kita harus memotong beberapa bagian agar bisa pas, di pasang di knalpot X-ride .

oke kita mulai saja langkah pemasangannya :
pertama-tama kita sediakan dulu semua perlatannya dan bahan yang di butuhkan :
  • Cover knalpot byson
  • Buat Variasi ukuran 10mm, klo saya pake buat variasi buat plat number, 
  • Plat besi (bisa di beli dibengkel 5 ribu/plat)
  • Tang untuk bantu bengkokin plat besi
  • Gergaji besi untuk memotong cover dan plat besi
  • kunci 10 
  • dan Lem Epoxy untuk menggabungkan bagian depan dan belakang Cover Knalpot bysonnya

Setelah semua bahan tersedia langkah selanjutnya adalah memotong bagian atas dari cover byson agar tidak mentok ke pegangan Knalpot X-ride pada saat pemasangan


Potong bagian yang di beri tanda merah

Potong/coak bagian dalam dari knalpot byson, bisa menggunakan cutter atau gergaji besi, langkah ini supaya bagain belakang cover byson ini bisa masuk ke moncong belakang kanlpot X-ride langkah ini dilakukan karena ujung knalpot X-ride lebih lebar dari pada knalpot byson, 

Setelah bagian bagian tersebut di potong tinggal gabungkan kedua bagian dari knalpot dengan menggunakan lem Epoxy dari  dalam cover bysonnya agar ke dua bagain tersebut bisa menempel, kira 5-10 menit lem epoxy akan mengering tergantung dari campuran Hardener lem Epoxynya. 

jika Semua langkah di atas sudah di lakukan baru lah kita membuat braket untuk dudukan dari knalpot byson, sebenarnya ada cara yang lebih mudah dari pada membuat braket ya itu dengan cara mengelas knalpot untuk membuat dudukannya, karena jika menggunkan braket untuk mengepaskan ke cover cukup memakan waktu saya pun menghabiskan kira-kira 3 jam untuk mengatur braket agar pas pada saat di pasang, kalau ingin di las bisa di lihat gambar di bawah ini 


Karena saya engga mau knalpot nya di las makanya saya buat braket nya aja seperti gambar di bawah ini 

untuk braket dari plat besi di buat sedemikian rupa, yang penting pas untuk ngencengin knalpot bysonnya nanti, klo punya saya yah kurang lebih sperti gambar di atas, rada susah emang buat bengkok bengkok nya, tapi kalau di usahakan pasti bisa, ko

Jika plat besi nya sudah kepasang , selanjutnya tinggal masukin Cover Byson yg telah di lem Eposy tadi agar menutupi semua bagian Knalpot X-ride. tinggal cari posisi yang pas untuk pasang baut di bagian atas dan bawah nya, setelah yakin bener kepasang , langkah selanjutnya adalah menutup ujung knalpot dengan Lem Epoxy karena kalau tidak di tutup bagian ini Suara Knalpot pasti jadi Aneh, karena gas buang dari knalot malah ngumpul di cover. oleh karena itu wajib kita tutup bagain yang berlubah di ujung knalpot dengan lem Epoxy. 
Bagian yang di tutup lem Epoxy 

Cukup ribetkan??? hahahaha, tapi semuanya akan terbayar dengan tampilan Knalpot yang beda dari yang lain dan tentunya klo dijalan atau di mana pun pasti jdai pusat perhatian, karena tampilan nya beda, hehehe




mungkin tutorial kali ini tidak terlalu jelas dan Detail untuk langkah pengerjaanya , karena Foto-foto pada saat exekusi awal, hilang dan hanya tersisa beberapa foto yang sempat di upload di Facebook, 









2 comments:

  1. bro....minta no pjn nya dong...ane mau minta rekomendasi nya, buat ganti kikiping tunggangan ane

    ReplyDelete
  2. sorry mksud ane, minta no pin nya, atau nomor yg bisa d hubungi, pin ane 7f5fd5ac

    ReplyDelete