Friday, July 24, 2015

Nyoba PERTALITE di Xride

Diberita lagi heboh nih sama bahan bakar baru dari pertamina yaitu Pertalite yang memiliki nilai oktan 90 lebih tinggi dari premium dan lebih rendah dari pertamax, karena penasaran dari awal pemeberitaan dengan performa Bahan bakar baru ini,  kebetulan banget disamping kantor didaerah Kelapa Gading SPBU nya udah ada yang namanya pertalite yah ini langsung aja di coba kebetulan emang tangki hampir kosong sekalian deh di SPBU itu saya isiin PERTALITE full tank kalau ga salah sekitar 30ribuan di isiin sampe full karena mau pulang ke Sukabumi. dari segi harga emang lebih murah dari pada Pertamax walaupun sangsi pake bahan bakar baru ini karena belum ada yang review ga ada salahnya saya uji aja di motor xride kesangan.. 


oh iya sebagai info tambahan kondisi motor di cvt tadi dipakein roller 6/8 gram rata, pulley bubutan 13 derajat dan coakan rumah roller, sama seting CO 3 , konsidi awal motor pas masih pake pertamax, tarikan awal enteng banget dapet 60 kpj cepet dan buat naeik ke 80 kpj engga terlalau keododoran masih enak lahi , akselerasi baik tarikan gas enteng . 

sensasi awal setelah di isi full tank pasa di stater dan gas awal ko rasanya motor lebih berat pas ngegas padahal pas keluar kantor menju pom bensin motor masih enteng banget dirasain, tapi perkiraan yah mungkin karena pas mau pulang tadi ganti roller dulu pakein 8gram yang tadinya roller di mix 6/8gram. asumsi saya karena roller yang bikin tarikan rada berat tapi setelah di rasa-rasain lagi tarikan makin kurang enak buat dapet 60kpj itu agak susah, dan setalah lewat 60kpj mau ke 80kpj rada enak tapi ga begitu signifikan , setelah jalan sekitar 2-3km saya rasa rasain tarikan motor kaya pake premium aja tenaga yang tadinya ada seketika hilang biasanya tarik gas sedikit dengan kondisi dalem cvt bgt udah nyentak tapi ini rada nahan bukan Ngeden, di gas gas terus karena asumsi saya  mungkin mesin baru mengenal bahan bakar dengan oktan 90 jadi tarikan masih belum enak, cuman maslahnya bagitu lewat fly over itu motor kaya ogah ogahan buat jalan. ya udah deh saya masih geber terus motor diangka 60kpj mau lewat dari itu susah banget, nah karena masih berasmusi  ada masalah dari cvt , akhirnya di tengah perjalan saya putusin buat balik setingan motor ke roller 6/8gram karena sbelumnya akselerasi bagus di setingan segitu, namun kekecewaan lah yang saya dapet motor makin ogah jalan , mentok mentok di angka 60kpj udah ga ada harapan lagi buat dapet 80kjp cuma ketemu jalan panjang aja bisa dapet 80kpj , normal normal gas cuma 40kpj doank yang pas masih pake pertamax tarikan gas segitu udah dapet 60kpj, jujur saja sepanjang perjalan pengen rasanya ganti lagi ke pertamax dan pengen banget tuh Pertalite abis di tanki karena kecepatan motor turun drastis amsyong deh ah, tapi kenyaaan berkata lain, sampai masuk daerah parungkuda itu jarum petunjuk tangki ga mau turun tetep aja di tengah, dan sampai pom bensin cibadak masih tetep sama ga ada perubahan dari jarum bensin, ini yang aneh biasanya saya udah ngisi lagi tuh Pertamax di pom bensin karena biasanya udah hampir menuju E , tapi ini malah ga turun turun,, ya sudah lah akhirnya saya lanjutin  pulang sampe ke rumah di sukabumi, dan sesampainya di rumah jarum petunjuk bensin turun sedikit yah sekitar di 3/4nya lah , buset irit banget ini bahan bakar kalau saya pikir pikir dengan jarak tempuh 137km sisanya masih banyak , kalau dari perhitungan kasar yah mungkin ditangki masih ada sekitar 1literan lebih lagi, jadi selama perjalanan kalau dihitung-hitung 137km/3 literan=45.7km/l pake pertalite, dan kalau saya pake pertamax 1 liternya itu cuma buat 30-35km saja, 


so tanggapan saya tentang pertalite buat performa di motor x-ride saya yang biasa konsumsi pertamax kerasanya sih engga terlalu maksimal kalah jauh dengan pengunaan pertamax dari segi performa mesin, tapi kalau di liat dari ke iritan Pertalite dari pada pertamax  perbedaanya bisa 10-15km menurut perhitungan saya, tapi mungkin apa yang saya rasain bakal berbeda sama pembaca yang coba , yang kondisi motor pun bakal sangat berpengaruh dari seting CO, CVT berat bawaan di motor dll nya, postingan saya ini hanya sebagai bahan perbandingan saja buat teman teman semua buat milih bahan bakar yang pas buat motor kesayangan, saya engga menjelakan Pertalite bahan bakar baru yang di keluarkan tapi itulah yang saya rasakan hari ini setelah mencoba pertalite mungkin karena setingan motoro yang kurang pas sehingga performa dari bahan bakar baru ini tidak maximal di rasain, dan  yang pasti kalau saya sendiri bakalan kembali lagi pake pertamax yah walaupun bensin lebih  boros tapi tetep bisa terbayar dengan kepuasan berkendaraa karena perfoma motor yang mantap, dan bagaimana pendapat yang lain yang udah coba pertalite di xride nya??? silahkan coment aja, biar jadi perbandingan .,hehehe 



1 comment:

  1. kalau saya sejak awal pakai pertalite kalau ngebut emang kerasa berat dan minggu ini saya mau nyoba premium kalau dari pom bensin ke rumah si kerasa enteng kalau pakai premium

    ReplyDelete