Saturday, September 13, 2014

Modifikasi Mangkok Otomatis/Kopling Agar tidak Cepat Kotor

Pemilik motor matic Khususnya X-ride pasti sering mengalami tarikan motor berkurang dan timbul suara decit di CVT hal ini sering di sebabkan karena Mangkok Kopling yang kotor, Kampas kopling bisa kotor karena Gesekan dari Kampas Otomatis/Kopling Dengan Mangkok nya, Standarnya Setiap 3Rb Km, tapi jika sering melakukan Touring jarak jauh dan Offroad maka komponen ini akan lebih cepat kotornya, Yaa..  untuk saya sendiri Pembersihan perangkat ini rutin di lakukan sebulan sekali, apalagi kalau sudah di pakai Offroad maka pembersihan part ini bisa lebih cepat karena komponen ini dipaksa " berkeja extra keras maka kotoran akan lebih cepat menumpuk dan kalau engga di bersihin tarikan motor engga begitu enak.

Area bagian dalam yang sering menumpuk debu sisa gesekan


untuk mengatasi masalah ini ( Mangkok sering Kotor) saya melakukan sedikit modifikasi di mangkok kopling, dengan cara memberi lubang pembuangan untuk sisa Gesekan (Debu/Residu) untuk meminimalisir kotoran,  selain untuk pembungan sisa gesekan (Debu/Residu) dari yang pernah saya baca di Media Online lainnya (Otomotinet.com) ternyata dengan membuat lubang di mangkok kopling juga bisa membantu mengurangi panas akibat gesekan karena ada lubang hawa jadi komponen ini akan lebih cepat dingin, apalagi jika lubang yang di buat lebih banyak maka tarikan motor pun akan lebih "menggigit" , tapi untuk kali ini saya berexperiman dengan hanya membuat 4 lubang saja karena tujuannya hanya untuk meminimalisir kotoran saja . 

Untuk Pembuatan Lubang di Mangkok CVT ini idealnya di kerjakan oleh sang Ahli bisa ke tempat bubut atau tempat yang khusus tune up motor, tapi dikarenakan akan memakan biaya lagi maka saya kerjakan sendiri saja, Oke langsung cekidot cara-caranya :

  • Pertama-tama sediakan dulu mangkok kopling yang mau di modifikasi kebetulan saja saya punya 1 mangkok kopling cadangan. 
  • Bor Listrik dan mata mor berukuran 4.5mm
  • Paku dan Palu Untuk memberi titik agar mudah pada saat pengeboran
Jika peralatan yang di butuhkan sudah siap saatnya eksekusi, pertama-tama yang harus di lakukan adalah memberi tanda di bagian pinggir mangkok kopling yang akan di beri lubang agar pada saat proses pengeboran tidak terjadi kesalahan. karena ada 4 lubang yang kan di bikin maka area yang di tandai akan membentuk sperti tanda + . setelah di tandai untuk mempermudah proses pengeboran di paku sedikit area yang sudah di tandai tadi .



Setelah di tandai lanjut ke proses pengeboran, karena engga punya alat bubut jadi proses pengeboran saya lakukan seperti ini. hehehe....  yang penting mah bolong.

 Pengeboran setengah jadi 

 

Lubang Hasil Pengeboran 

Jika proses pengeboran sudah selesai tinggal kita pasang saja Mangkok kopling ini Kembali ketempata dimana dia berasal, hahaha.. Oke sekian dulu Tutorial dari saya.. Selamat Mencoba 









No comments:

Post a Comment