Tuesday, September 9, 2014

Ganti Slider CVT X-ride , usir suara berisik di CVT

Mungkin Sebagian rider X-ride sedikit di buat kesal dengan timbulnya Suara berisik di CVT, biasanya Timbulnya suara berisik di CVT karena masalah dari Roller Yang sudah peyang, tapi selain masalah Roller ada masalah lain yang bikin berisik di CVT dan tentunya juga mengurangi kinerja dari CVT wal hasil tarikan kurang enak, yaa.. ini di sebabkan salah satu komponen yang berada di Prymari Slave nya bermasalah yaitu Slider , komponen ini terdapat di daerah prymari Sheave dan menempel dengan Ram plate di CVT.



ada 3 Slider  yang menempel di ram plat, cara kerjanya adalah pada saat pada saat motor berakselerasi dan roller mular terlempar maka Slider dan ramplat akan naik dan turun sesuai gaya yang di timbulkan Oleh Roller pada saat motor Berakslerasi , slider ini akan bersinggungann langsung dengan rumah Roller (lihat gambar daerah yang bersinggungan langsung dengan Slider .

Sehingga wajar kalau komponen ini akan cepat Aus/oblak dan bisa mengurangi kinerja dari motor karena pada saat beraklerasi roller bisa saja tidak terlontar bersamaan karena komponen ini sudah aus atau oblak, Sebenarnya komponen ini cukup awet dan tidak harus rutin di ganti contohnya waktu saya masih menggunakan mio komponen ini baru di ganti sekitar 3-4 tahun, karena emang motornya cuma di pake di dalam kota saja, tapi untuk X-ride komponen ini terasa lebih cepat Aus/oblak itu mungkin dikarena pemakaian dari motor yang berbeda dengan pada saat saya masih menggunakan Mio, yang namanya pake X-ride udah pasti sering Di "siksa" di pake Offroad dan Touring sehingga baru 1 tahun saja komponen ini saya ganti walaupun sebenarnya kerusakannya engga terlalu parah dan masih layak pakai, tapi saya sendiri ingin tetap tarikan motor tetap prima dan selalu enak kalau di bawa jalan, dan hasil nya memang berbeda sekali setelah penggantian tarikan motor terasa Smooth lagi berbeda dari sebelum di ganti, dan aklerasi motor pun semakin membaik dari sebelumnya, dan suara dari CVT pun enak lagi. Untuk mengganti komponen ini cukup sediakan saja Uang 39 ribu untuk 3 slider @13rb/slider. untuk slider ini bantuk nya sama persis dengan varian mio lama(karbu, mau pun varian mio injeksi jadi ga bakal susah nyarinya. Oke langsung aja ke cara pemasangannya.


Langkah pertama yang harus di lakukan adalah pastinya harus memongkar CVT yang belum tau caranya silahkan buka Disini .

Setelah CVT di bongkar dan Rumah Roller di lepas, langsung saja pisahkan/lepas Rumah Roller dan bagian Ram plat lalu lepas ke 3 slider yang menempel di ramplat selanjutnya ganti Dengan Slider yang baru kemudian rakit lagi CVT dan tinggal rasakan perbedaannya 

Slider Lama

Slider yang sudah aus, terlihat dibagian dalam 

Kiri Slider baru , kanan Slider Yang Oblak


Slider Baru 

Slider Terpasang di rumah Roller




4 comments:

  1. Salam X-Rider bro..
    Mau tanya, X-Ride saya baru 270an Km spidonya tp waktu saya berkendara dan pada rpm naik sudah terdengar ada suara gemerincing berasal dari bawah, sepertinya dari area blok cvt belakang.
    Bisa menjelaskan nggak bro?
    Thx b4..
    Salam X-Rider Jakarta

    ReplyDelete
  2. khasus saya sama dengan yang di alami Bro Eko Kurniawan.. Mohon penjelasannya...

    ReplyDelete
  3. Wahhhh ini juga ada pengaruh nya yaaa ane cuma fokus di lainnya sip makasi

    ReplyDelete
  4. di mesin motor ada suara kletek itu kenapa yah ??

    ReplyDelete