Wednesday, February 19, 2014

Penyebab Roller X-ride Cepat Peyang / Terkikis

Mungkin para pengguna X-ride Sering mendapati roller milik X-ride nya cepat habis padahal baru beberapa bulan saja dipakai atau jumlah kilo meter masih kurang dari 6rb kilometer, hal inipun sya rasakan pada kilometer motor masih di bawah 3ribu kondisi Roller Sudah Peyang , dugaan awal roller X-ride cepet peyang karena cara pemakain langsung gas poll karena si X-ride enak buat akselerasi, selain itu ada dugaan kalau logam yang menjadi inti dari roller tidak terlalu bagus  berbeda bahan bakunya dengan roller Untuk matic yamaha lainnya yang terbuat dari Kuningan dan mungkin saja dari perbedaan ini membuat pengahantaran/pembuangan Panas dari Roller akibat gesekan yang terjadi di dalam rumah roller/Prymari Sliding sheave tidak maksimal sehingga membuat umur roller menjadi lebih cepet peyang atau bahkan hancur. 


Dari kedua dugaan itu saya pun sempat melakukan penggantian beberapa merk roller After market, tapi hasilnya tetep sama saja seminggu pake roller After Market begitu di cek lagi kondisi Roller mulai terkikis dan terindikasi peyang,  padahal bahan baku roller after market sudah pasti beda jauh dengan roller standar, dari sini saya mulai berfikir apa penyebab Roller Di X-ride lebih cepet Peyang padahal selama memakai mio penggantian roller itu minimal 1 tahun sekali itu pun kondisi roller tidak terlalu peyang,  apa lagi riding style pakai mio lebih X-treme lagi sering di pake kebut-kebutan. sampai akhirnya ada sedikit pencerahan dari Postingan dracing.part.73  di grup X-rider Indonesia  pada tanggal 17 Februari 2014 tentang penyebab roller X-ride cepat peyang/terkikis.  
Ilustrasi Roller yang bergesakan dengan Ram Plat

dikatakan dalam postingan itu penyebab terkikisannya roller dikarenakan Cam/ Ram Plat  penutup roller yang tajam pada bagian Pinggirnya, dan memang benar ketika saya melakukan pertama kali bongkar CVT X-ride saya menemukan hal ganjil tersebut ram plat yg sedikit tajam  pada bagian pinggirnya berbeda dengan ramplat mio saya yang halus, bagian pinggirnya. Terinspirasi dari postingan dracing.part.73 akhirnya saya pun mencoba untuk menghaluskan bagian yang sedikit tajam tersebut . lalu apa saja yang harus dipersiapan dan dikerjakan , mari kita ikuti langkah langkahnya.
  • Pertama kali yang harus di siapkan adalah alat untuk menghaluskan bagian pinggiran tersebut, yaitu amplas/kikir/gerinda. 

  • Yang kedua adalah membongkar semua bagian dari CVT untuk petunjuknya silahkan buka tutorial-bongkar-cvt-x-ride-sendiri
  • Setelah Semua di buka ambil Cam/ram plat/penutup rumah roller untuk di Haluskan bagian pinggirnya. 
Kondisi Cam/Ram plat sebelum di haluskan

Kondisi Cam/Ram plat setelah di haluskan

** kondisi Rumah Roller/Prymari Sliding sheave pada saat di bongkar sangat kotor, padahal baru 2 minggu lalu di bongkar dan di bersihkan ini mungkin gejala Roller yang terkikis tersebut, walaupun Belum nampak ada Roller Yang peyang karena baru 1 bulan ganti roller Yang baru (Roller Standar).

Semoga Bermanfaat 

















No comments:

Post a Comment