Friday, May 11, 2018

GANTI SLIDER CVT YAMAHA AEROX 155 VVA USIR SUARA BERISIK DI CVT

Mungkin Sebagian Pengguna Aerox sedikit di buat kesal dengan timbulnya Suara berisik di CVT, biasanya Timbulnya suara berisik di CVT karena masalah dari Roller Yang sudah peyang, tapi selain masalah Roller ada masalah lain yang bikin berisik di CVT dan tentunya juga mengurangi kinerja dari CVT wal hasil tarikan kurang enak, yaa.. ini di sebabkan salah satu komponen yang berada di Prymari Slave nya bermasalah yaitu Slider , komponen ini terdapat di daerah prymari Sheave dan menempel dengan Ram plate di CVT (Belakang rumah Roller).




ada 3 Slider  yang menempel di ram plat, cara kerjanya adalah pada saat pada saat motor berakselerasi dan roller mular terlempar maka Slider dan ramplat akan naik dan turun sesuai gaya yang di timbulkan Oleh Roller pada saat motor Berakslerasi , slider ini akan bersinggungann langsung dengan rumah Roller (lihat gambar daerah yang bersinggungan langsung dengan Slider .



Sehingga wajar kalau komponen ini akan cepat Aus/oblak dan bisa mengurangi kinerja dari motor karena pada saat berakselerasi roller bisa saja tidak terlontar bersamaan karena komponen ini sudah aus atau oblak, untuk kasus dimotor saya ini usia motor sudah 1 tahun, dan kilometer sudah sampai 14000km. dan dari pengecekan terkahir kali memang agak longgar itu slider di ramplatenya kalau lagi bongkar2 pun udah sering lepas sendiri tuh slider, yang berarti udah saatnya minta ganti, walapun sebenrnya masih bisa di akalin sih, tapi buat akalainnya nanti di postingan lain, tp kalau tidak salah pernah saya posting juga tipsnya beberapa tahun lalau di blog ini untuk xride.

komponen ini saya ganti walaupun sebenarnya kerusakannya engga terlalu parah dan masih layak pakai, tapi saya sendiri ingin tetap tarikan motor tetap prima dan selalu enak kalau di bawa jalan,  Untuk mengganti komponen ini cukup sediakan saja Uang 25500 ribu untuk 3 slider @8500/slider. untuk slider ini bantuk nya sama persis dengan varian mio lama(karbu, mau pun varian mio injeksi jadi ga bakal susah nyarinya. FYI untuk aerox sendiri menggunakan Slider dari Xeon dengan kode 4DD nah klo saya makenya Punya Fino karena mau nyari punya xeon ga ada, tp sih sama aja ko ga jauh bedanya klo ga salah saya beli punyanya mio m3 kodenya 2ph


nih kalau penasaran penampaknnya, yang sebelah kiri itu punya mio m3, yang kanan punya aerox

 
 bagian depan slider
 bagian belakang Slider

dan hasil nya memang berbeda sekali setelah penggantian tarikan motor terasa Smooth lagi berbeda dari sebelum di ganti, aklerasi motor pun semakin membaik dari sebelumnya, dan suara dari CVT pun enak lagi. 

nah untuk pembahasan selanjutnya silahkan simak video dibawah ini 



1 comment:

  1. Bos aerox punya ane klo mesin lagi dingin suka bunyi tek tek tek di bagian cvt.. dah coba ganti slider tp pas pagi2 bunyi lagi..

    ReplyDelete