Awal bulankali ini saya kasih tutorial membuat Spring Slider cvt, penggunaan Spring Slider ini sudah sangat lama sekali dari jaman mio sudah ada Spring Slider ini dan bahkan dari produk ternama pun ada produk ini namun harganya cukup mahal juga sekitar 100ribuan, tapi bagaimana dengan modal sekitar 25ribu kita bisa membuar slider spring sendiri??? , sebelum membahas car pembuatan akan saya jelaskan sedikit fungsi Spring Slider ini, fungsinya kurang lebih meningkatkan kinerja per cvt untuk menekan kampas otomatis sama seperti penggunaan ganjel cvt yang menggunakan Oring klep atau ring seher yang pernah saya kasih dalam tutorial video di postingan sebelumnya. terus apa bedanya dengan ganjel menggunakan Oring klep atau Ring seher??? , dengan menggunakan Spring Slider cvt ini pada saat Vblet menekan bagian secondary kinerja per akan lebih smooth menekan kampas otomatis sehingga akan memberikan efek yang lebih smooth dibandingkan menggunakan ganjel per cvt biasa karena pada slider spring ini menggunakan "pelor" atau nama kerennya itu RaceBalls, kenapa bisa lebih smoot karena dengan menggunkan Spring Slider bisa mengurangi efek tekanan per cvt secondary ke bagian secondary sliding sheave dan tentunya fungsi lainya masih sama seperti menggunakan ring seher yaitu untuk memperkeras per cvt sehingga bisa meningkatkan power dan durasi.
dengan menggunakan Spring slider ini otomatis per cvt akan lebih terangkat sama halnya menggunakan ganjel per cvt menggunakan Oring atau ring seher yaitu memiliki ketinggian tambahan 5mm,
lalu klo ingin membuat sendiri apa aja sih bahan yang harus di persiapkan???
Yang pertama harus di siapkan adalah Raceball atau Pelor Komstir bagian atas, kenapa saya pake pelor komstir karena cuman pelor ini yang ukurannya masuh di got dudukan per cvt, awalnya saya pake pelor komstir bekas mio tapi karena cari cari di toko ga jual klo pelor nya saja, lalu dapet masukan dari salah satu teman bisa menggunakan Pelor/raceball komstir Beat Karbu dan harganya pun cukup murah cuman 10ribu saja masih sisa banyak klo kita gunakan karena kita hanya butuh 32 pelor saja untuk digunakan.
Yang kedua adalah Seat secondary spring atau dudukan Per Cvt, fungsinya untuk dudukan per cvt agar percvt tidak oblak dan menghindari masalah pelor loncat karena nyangkut ke per cvt, bagian dudukan per cvt ini yang akan kita modifikasi gara bisa dipakai.
nah sesudah bahan utama di siapkan selanjutnya adalah menyiapkan peralatan pendukung untuk medodifikasi dudukan CVT ini, klo males bikin sendiri yah tinggal bawa kebengkel buat potong dudukan per cvt nya. tapi buat yang mau bikin sendiri bisa menggunakan Grinda atau mini grinder, tapi klo ga punya juga perlu cara lain buat potongnya, klo saya sendiri karena ga punya mini grinder dan males juga ke bengkel buat sekedar potong akhirnya di potong sendiri deh.. yuu biar ga pensaran dan panjang lebar kita ikuti saja tutorialnya.
cara pengerjaan:(memotong dudukan per cvt)
- Siapkan Dudukan Per cvt yang akan di potong
- Siapkan Juga Kikir bebentuk bulan yang agak besar untuk mempermudah proses pemotongan, karena saya ga menggunakan grinda buat potong. buat yang pakai grinda proses ini silahkan di lewat saja.
- Kikir bagian bawah dudukan per cvt dengan cara memutar bagian dudukan per cvt sampai terilhat belubang , proses ini emang memakan waktu cukup lama, tapi karena meminimalisir pengeluaran yang mayan juga.
Seudah dudukan per cvt tinggal masukin aja deh pelor komstirnya cukup 32 aja yah ga kurang ga lebih karena pasnya cuman segitu ko,hehehe.
lalu taro deh dudukan per cvt yang udah di siapin diatasnya terus per dan lainnya kayanya selanjutnya ga usah dijelasin lagi karena standar pemasangnya sih hehehe.
bisa dilihat foto dibawah dengan menggunakan Spring Slider posisi per cvt lebih terangkat, nah ini yang akan memberikan SENSASI yang berbeda pada saat motor di gunakan. pokoknya bakal kerasa beda banget deh dengan menggunakan ganjel O ring atau ring seher yang pernah saya kasih tau.
nih saya kasih liat videonya
bagaimana mau mencobanya dengan modal 26ribu ++ , saya rasa sangat murah sekali untuk mendongkrak sedikit tenaga di motor x-ride, ya walaupun mungkin tutorial yang saya kasih ga sebagus dengan produk yang sudah beredar dipasaran yang menggunakan trust bearing, tapi buat saya sendiri lumayan lah, dan kedepannya tentunya saya akan berexperiment lagi dengan menggunakan peralatan lainnya yaitu "trust bearing" yang tentunya hasil akan lebih bagus, lagi ngumpulin dana dulu buat beli mesin mini grinder dan nyari trush bearing yang masuk di dudukan per cvt x-ride.
tapi tetep inget DWYOR alias do with your on risk, mungkin hasil disetiap motor akan berbeda.
per wajib std ya teman teman kalu bisa baru aja dah banyak kejadian pernya ngelibet
ReplyDeletePernya Ngelibet gimana ya mas?
Deletegan...dengan ganjel pelor gt..roller perlu dirobah jg ngk berat nya?
ReplyDeleteUkuran pelornya berapa gan??
ReplyDeleteSeru juga ya
ReplyDeleteMantabs
ReplyDeleteKlw buat Vario 110 karbu pake pelor ukuran berapa boss
ReplyDeleteBg mau nanya ni.. gimn cara pasang pelor untuk mio m3.. pelor ukuran berapa.. bang yang cocok
ReplyDeleteTahnks bro ilmuny
ReplyDeleteMau nanya nih, gan
ReplyDeleteDi cvtnya di kasih pelor racing tapi di per cvtnya, pakai per racing TDR 1500rpm. Nanti speed motor matic nya seperti apa ya gan
Yap, tenaga jadi berasa kalo udah main full kirian. Inget bgt dulu pake beat fi 2013 ngalahin beat esp cuma karna maen kirian😂
ReplyDeleteUkuran pelornya berapa ya min, motor saya sama yaitu beat fi k25
DeleteKalo cuma pake dudukan aslinya, hanya di balik saja gapapa gan (dudukan per pindah ke kebawah/bersentuh dengan pelor
ReplyDeleteCVT) ?
Jadi tidak menambah dudukan baru.
Mohon info gan ...
Ane dah coba gan .
ReplyDeleteHasil bagus ko.
Ane pake beat esp 2017
Per cvt standar trus ganjel pelor
Rumah loller nya ane bubut 13,8 pake loller nya berat 9gram dah ane test ke punjak jos abis buat nanjak . Thx buat tips nya pak boss.
Bos bisa order paket lengkap, untuk Beat 2017, tinggal pasang, 08563644054wa.hrg brp boos
ReplyDelete