Friday, April 4, 2014

Ganti Kampas Otomatis/ kampas Kopling X-ride agar tarikan lebih "Nendang"

Meningkatkan performa yamaha X-ride Tak hanya dengan Bore Up, cukup dengan Oprek bagian CVT pun sudah mendapatkan hasil yang sangat lumayan, dan ini sudah di buktikan Oleh Bro Ristianto Dwi dari XYI Depok Region . ada 2 jenis kampas otomatis/kampas kopling yang di Tawarkan Bro Dwi , Yaitu Kampas Kopling Relining Full Competitions, dan Kampas Kopling  Relining bahan Karbon, Menurut Bro Ristianto, dengan penggantian ini tenaga motor jadi lebih Mengigit/Responsif  namun jika menggunakan kampas Kampas Kopling Pantek Relining Full Competitions bagian CVT harus lebih sering di bersihkan karena kampas jenis ini meninggalkan Residu sisa gesekan kampas kopling dan mangkoknya lebih banyak, di usahakn setiap 1000km CVT harus di bersihkan agar tarikan motor tetap enak, berbeda dengan Kampas Kopling  Relining bahan Karbon yang sangat sedikit meninggalkan Residu tapi tarikan nya tidak kalah responsif. Untuk Masalah Harga terbilang Murah Cukup mengeluarkan beberapa Lembar Uang 100rb Info Lebih lengkapnya bisa Hubungi Bro  Ristianto Dwi . 



Kampas Kopling Pantek Relining Full Competitions

Kampas Kopling  Relining bahan Karbon

ohh iyaa,,, Ada Sedikit perbedaan dalam pemasangan Kampas Kopling ini , karena kampas kompling jenis ini hanya di jual Sepatu kampasnya saja, berbeda dengan Kampas Otomatis/Kopling Bawaan/Original yang biasa di jual Satu paket dengan Dudukannya, Oleh karena Itu Harus ada pembongkaran "TOTAL" bagian Secondary Shave, sedikit sulit emang tapi tenang saja, mari kita simak Bongkar CVT dari Bro Ristianto. 

Persiapan awal  : 
Persiapan awal untuk membongkar CVT Sama Seperti Tutorial yang saya buat sebelumnya di Postingan tutorial-bongkar-cvt-x-ride-sendiri dan menghilangkan-greteg-tarikan-awal-x-ride yaitu menyediakan Perlatan Tempur Seperti berikut :
  1. Sediakan Kunci-kunci , T8, T10, kunci Shok 14mm untuk buka mur dibagian secondary shave
  2. Tracker CVT (untuk tracker CVT bisa di beli di toko perkakas otomotif )

Langkah Kerja : 

  • untuk proses pengerjaan dimulai dari membongkar blok/crangcase cvt seperti postingan saya sebelumnya di SINI
  • Setelah bagian crangcase terbuka langkah selanjutnya adalah membuka bagian Secondary Shave(Mangkok Kopling ) dengan menggunakan Tracker dan kunci shock 14mm. untuk membuka bagian ini memerlukan extra tenaga, jika dibutuhkan minta bantuan orang lain buat menahan tracker. dan jangan lupa untuk mengunci rem belakang. 

  •  lepaskan mur dan Spacer lalu lepaskan mangkok kopling

  • Jika semua nya Sudah Terlepas seperti gambar di atas waktunya Mengeksekusi bagian Kampas Otomatis, 
  • Buka bagain Mur dengan Menggunakan Kunci Ring Khusus yang bisa di beli di toko perkakas Otomotif, seperti gambar di bawah ini, untuk membuka bagian ini memerlukan Extra Tenaga, karena sangat keras, jadi kita membutuhkan palu untuk memukul kunci agar Mur pengunci bagian ini dapat terbuka dan bagain Pulley secondary shave terpisah dari Kampas Otomatisnya.

 



  • Setalah bagian kampas terpisah dengan  bagain Pulley secondary shave . langkah selanjutnya adalah melepas Speatu kampas kopling , pertama-tama lepas per di bagian kampas otomatis  ada tiga per yang harus di lepas, untuk melepasknya bisa menggunakan Obeng Min atau tang 



  • Buka ring pengunci Sepatu kampas menggunakan obeng min seperti berikut.





  • Setelah semua bagian terlepas , tinggal ganti saja kampas Kompling bawaan dengan Kampas Kopling Reneling Full Competitions, atau  Kampas Kopling  Reneling bahan Karbon dan rakit kembali semua bagian yang telah di bongkar tadi. 



 
  • Jika proses pemasangan Kampas otomatis Sudah selesai jangan lupa sekalian ganti Roller menggunakan Roller 7gram Agar tarikan lebih responsif, 

  • Finish SELAMAT MENCOBA 

















6 comments: