Untuk meningkatkan performa x-ride ada beberapa cara yang di lakukan selain bore up, yaitu dengan ubahan di area CVT, selain penggantian Roller bisa juga dilakukan mengganti Per CVT Standar menggunkan Per CVT Racing dengan ukuran yang berVariasi , kali ini saya mencoba ganti Per CVT Bawaan dengan menggunakan Produk dari Kawahara dengan ukuran 1500RPM yang saya beli kemaren dengan harga 85 ribu, konon katanya dengan mengganti per cvt ke ukuran 1500rpm ini mampu meningkatkan sedikit reposibilitas dari motor, tapi jika belum di coba pasti ga bakal kerasa perubahannya, oke kita langsung saja ke proses penggantian nya, Untuk penggantian Per CVT ini memiliki tingkat kesulitan yang lumayan Sulit, karena untuk proses ini di perlukan Kunci Khusus pembuka CVT tapi jika tidak punya seperti saya bisa menggunakan Kunci PIPA, atau harus rela Mur pengunci Per CVT di Tap agar mur terbuka.
Langkah pertama yang harus di lakukan adalah membongkar CVT seperti postingan saya yang sebelumnya (buka) , pengerjaan di fokus kan ke area secondary Sheave tempat di mana Per CVT Itu berada. Jika Area Secondary Sheave sudah terbuka dan kampas ototmatis dan per CVT Sudah terlapas, langsung aja ke proses penggantian nya,
Per CVT Standar
Perbandingan Per CVT Standar dan Per CVT Racing terlihat per racing lebih tinggi
Secondary Sheave
Kampas Otomatis
Per Racing 1500rpm
Per Racing Sudah Terpasang
PENGUJIAN
**CATATAN PENTING
Perlu di ketahui mungkin pengujian saya ini akan berbeda dengan yang lain mengingat kondisi motor,track/kondisi jalan dan berat badan rider pun sangat berpengaruh kehasil uji coba. mengingat kondisi jalan di sukabumi itu jarang sekali track lurus lebih banyak tanjakan maka kemungkinan besar hasil yang di capai jika anda mencoba akan berbeda.
pengujian ini saya lakukan dengan kondisi motor baru ganti Oli mesin, Filter udara menggunakan Filter udara Standar yang saya modif menggunakan busa (modifikasi Filter udara X-ride) , Bahan Bakar Pertamax, Berat badan 64kg, Ban Depan 80/80 ban Belakang 100/90, stelan CO standar . Kondisi Jalan sedikit track lurus lebih banyak tanjakan,
PENGUJIAN DENGAN ROLLER STANDAR 8GRAM
Setalah semuanya terpasang kembali saatnnya melakukan ujicoba, uji coba pertama saya mempertahankan Roller Bawaan (8gram), pada saat uji coba terasa tarikan sedikit berbeda dari Sebelumnya Peningkatan tarikan sangat terasa, bukaan gas pertama untuk mencapai kecepatan dari 40kpj-60kpj terAsa sangat cepat dan dari 60-80kpj pun sama lebih respon dari sebelumnya, pengujian di lakukan di track lurus dengan jarak kira-kira 200meter, Selanjutnya saya uji lagi di track yang lebih panjang kira-kira 500meter dan tarikan pun sangat bagus, akslerasi meningkat dari seblumnya walupun jalan dalam keadaan sedikit ramai dengan mobil, Rx-robo mampu bermanufer dengan baik dan kecepatan maximal yang bisa di capai tadi di angka 90kpj, sbenernya bisa saja lebih dari 90kpj tapi karena kondisi jalan yang tidak kosong jadi saya hanya berani di kecepatan maximal 90kpj saja, dari hasil yang tadi saya coba dengan pengganti PEr CVT ini di rasakan akselerasi lebih mantap dari pada menggunkan Per standar
PENGUJIAN DENGAN ROLLER 6 Gram
Pengujian kedua saya lakukan dengan menggunkan Roller 6 gram Merk TDR rata, di Track yang sama, pada saat pegujian dari 0-40kpj terasa sangat cepat namun untuk mencapi 60kpj agak keteteran dan untuk mencapi angka 80 kpj pun aga sulit, menurut saya 6 gram dan per cvt 1500rpm kurang begitu cocok.
UPDATE 17-4-2014
Pengujian Dengan Roller 7 Gram
Setelah mencoba berberapa Roller, akhirnya hari ini saya punya kesempatan untuk mecoba Roller 7gram untuk di ujicoba, Hasil yang di peroleh dengan menggunakan Roller 7 gram sangat memuaskan buat saya, dari tarikan awal motor sangat responsif, bukaan gas sedikit saja sangat enteng, sedikit buka gas langsung naik dari angka 20kpj-40kpj-60kpj sangat responsif itupun dengan jarak yang sangat kalau di kira-kira panjang track kurang dari 40meter, karena baru keluar dari gang masuk jalan raya betot gas langsung naik ke angka 60kpj, yang sebelumnya setelah menguji dengan Roller dari 6gram,8gram,8/10gram,9gram,9.5 gram dengan jarak sependek itu ga bisa naik di angka 60kpj, untuk naik lebih atas pun engga keteteran, masih jarak kurang dari 100meter motor udah bisa sampe angka 80kpj, dan gas pun belum full di tarik, begitu juga tadi dengan mencoba sedikit mengankat ban depan sedikit , di tarikan bawah , lumayan ban depan bisa ngangkat, ya walaupun suara dari CVT sedikit mendengung untuk tarikan awal, mungkin mesin masih penyesuaian, tapi suara mengdengung itu hilang, pada saat motor sudah berada di kecepatan 60 kpj di atas, So dengan uji coba kali ini menggunakan Roller 7gram menurut saya sangat memuaskan sekali
UPDATE
Pengujian Dengan Roller 9 Gram
Pengujian Roller 9 gram saya menggunakan Roller merk Kitaco, yang saya rasain setelah menggunakan Roller 9 gram, pada saat pegujian buka gas sedikit dari 0-20kpj terasa sangat responsif pada kecepatan ini motor terasa loncat apalagi pada saat melewati polisi tidur motor sedikit ngangkat ban depannya, sebelum ganti per cvt 1500rpm dan Roller ini motor saya tidak bisa "loncat-loncat" lumayan lah motor sedikit Standing, masuk ke kecepatan 40kpj-60kpj-80kpj pun lumayan cepat namun lewat dari itu terasa kurang ngisi tarikan atasnya , ini saya tes melalui jalan yang banyak tanjaknnya, dan juga tadi sempat di tes jajal track tanah, walaupun pake ban standar dengan kombinasi ini lebih enak karena tarikan bawahnya ngisi Track tanah pun bisa di lewati dengan mudah, berbeda sekali dengan menggunakan Roller dan per CVT Bawaan, Menurut saya Menggunakan Roller ini sangat Enak sekali, karena bawah nya lebih ngisi dari pada roller 8gr dan 6gr yang sebelumnya di Uji.
Update
Pengujian Dengan Roller 9.5 Gram
Pengujian Dengan Roller 9.5 Gram
Pengujian Roller 9,5 gram saya menggunakan Roller Mio J, yang saya rasain setelah menggunakan Roller 9,5 hampir smsa dengan menggunakan Roller 9gram tidak ada perubahan yang signifikan di motor, hanya terasa lebih berisi saja pada saat tarik gas, apalagi pas tanjakan, sedikit lebih ngisi dari pada roller 9gram
Pengujian Dengan Roller 8/10 Gram
Pengujian Roller 8/10gram, Seperti postingan yang sbelumnya yang pernah bahas mix roller 8/10 gram, motor lebih responsif, jarak kurang dari 20 meter saja kecepatan motor sudah naik di angka 60kpj , tarikan bawah sama tengah nya ngisi, cuman namanya roller di mix, ada sedikit Vibrasi kecil di tarikan awal dan hilang sendirinya begitu motor jalan. tapi tetap saja ga senyaman pada saat menggunakan Roller 9 gram.
Update 20-07-2014
Pengujian Dengan Roller 7/9 Gram
Setelah kemaren puas dengan pengujian Roller 7gram rata, kali ini saya melakukan kembali Uji coba dengan menggunakan Roller kombinasi 7gram/9gram , pengujian dengan kombinasi ini yang saya dapet dari tarikan bawah emang tidak begitu responsif dari pada Roller 7gram , untuk dapet tarikan sampe 20kpj-40kpj Slow but sure, tapi begitu naik di atas 40kpj mulai teras berbeda dari Roller yang udah di Ujicoba sebelumnya, kali ini yang saya rasakan Tarikan Tengah nya mulai terisi, dari angka 40kpj-60kpj-80kpj dst nya sangat mulus sekali dan ga butuh waktu lama, Roller yang sudah saya ujicoba sebelumnya rata-rata responsif di tarikan bawah dan tengah saja, untuk roller 7/9gram ini sedikit berbeda bawahnya tidak terlalu bagus, tapi untuk tarikan tengah dan atas nya terasa lebih bagus dari sebelumnya, dari angka 40-80kpj sangat cepat, saya rasakan. kesimpulanya kalau mau cari tarikan tengah dan atas bisa coba kombinasi roller ini, oh iya kombinasi roller ini sama sekali tidak menimbulkan Vibrasi kalau sebelumnya pada saat menggunakan Roller 8/10 ada sedikit Vibarsi untuk roller ini saya rasakan tidak ada Vibrasi sama sekali
**Catatan Kecil
dalam pengujian Semua Roller ini pun saya melakukan beberapa kali penggantian Filter Udara dari yang After market Merk F dan filter Modifikasi busa, dan dari yang saya rasakan Tarikan paling enak hanya saya temukan di Filter Modifkasi busa, dari pada menggunakan Filter After market tersebut, nafas motor tersa lebih baik, dan ke tenaga pun sangat bagus,
NANTIKAN UPDATE - UPDATE SELANJUTNYA DI JALUR OFFROAD
Update 20-07-2014
Pengujian Dengan Roller 7/9 Gram
Setelah kemaren puas dengan pengujian Roller 7gram rata, kali ini saya melakukan kembali Uji coba dengan menggunakan Roller kombinasi 7gram/9gram , pengujian dengan kombinasi ini yang saya dapet dari tarikan bawah emang tidak begitu responsif dari pada Roller 7gram , untuk dapet tarikan sampe 20kpj-40kpj Slow but sure, tapi begitu naik di atas 40kpj mulai teras berbeda dari Roller yang udah di Ujicoba sebelumnya, kali ini yang saya rasakan Tarikan Tengah nya mulai terisi, dari angka 40kpj-60kpj-80kpj dst nya sangat mulus sekali dan ga butuh waktu lama, Roller yang sudah saya ujicoba sebelumnya rata-rata responsif di tarikan bawah dan tengah saja, untuk roller 7/9gram ini sedikit berbeda bawahnya tidak terlalu bagus, tapi untuk tarikan tengah dan atas nya terasa lebih bagus dari sebelumnya, dari angka 40-80kpj sangat cepat, saya rasakan. kesimpulanya kalau mau cari tarikan tengah dan atas bisa coba kombinasi roller ini, oh iya kombinasi roller ini sama sekali tidak menimbulkan Vibrasi kalau sebelumnya pada saat menggunakan Roller 8/10 ada sedikit Vibarsi untuk roller ini saya rasakan tidak ada Vibrasi sama sekali
**Catatan Kecil
dalam pengujian Semua Roller ini pun saya melakukan beberapa kali penggantian Filter Udara dari yang After market Merk F dan filter Modifikasi busa, dan dari yang saya rasakan Tarikan paling enak hanya saya temukan di Filter Modifkasi busa, dari pada menggunakan Filter After market tersebut, nafas motor tersa lebih baik, dan ke tenaga pun sangat bagus,
NANTIKAN UPDATE - UPDATE SELANJUTNYA DI JALUR OFFROAD
Maaf a' saya mau tanya
ReplyDeleteApa bener shookbreaker bawaan x-ride rentan patah ?
Mhon pencerahaannya
Nuhun
ga bnr itu, punya ane aja sering di pake Offroad Alhamdullilah masih kuat,
Deletejadi yang paling cocok untuk jalan tanjakan pake roller 9 gram ya gan?
ReplyDeletekalau boleh tau untuk penggantian roller,rumah roller dan kampas kopling'y perKM berapa ya ???maap ane newbi gan..
ReplyDeletesalam
sobari E021
XYI Indramayu Region
Gan, kalo pake kombinasi roller 8/12 dgn per cvt 1500rpm gimana tarikannya?
ReplyDeleteMohon balasan yah..
klo ganti per cvt saja tanpa pergantian roller...ini sudah cukup berasa gak dibanding standar?
ReplyDeleteom, maaf nih sdikit mlenceng... motor ane mio sporty. klo dipasang per cvt + roller 7/9gram apa sama aja dengan kondisi xride.
ReplyDeleteSama aja gan sama xride
DeleteMenurut pengalaman saya .
mas kalo cuma ganti roller 7kg tapi engga ganti per ctv jadinya apa mas?
ReplyDeletekalo mau ganti roller 7kg gausah di kombinasikan ya mas?
Kalau roller 7 kilo, bisa bahaya banget gan. malahan jangan dicoba. kalo 7 Gram itu baru bagus.. ehehehe
Deletehaaahaa iya masa 7kilo, 7kilo dikali 6 roller udah 42kilo gan, udah hampir kaya bawa semen, hehee
DeleteMas kalo per cvtny di ganti pake punya mio sporty bisa Ngga?
ReplyDeletedsnii ngga ada jual per cvt mio injection soalny
Thanks
kalo tanpa ganti filter udara pake busa/masih standar bawaan pabrik apakah ada peningkatan tenaga..?
ReplyDeletemantap om!!!! sangat membantu,. saya pake kombinasi 7/9 dan hasilnya lumayan daripada rata 7gr,. Thx ilmunya,, :D
ReplyDeletegan,,pake cvt racing 1500rpm beat bukan mio injektor masalah gak ?
ReplyDeleteOm,, kalo per cvt racingnya xride sama kaya skuti apa ya?
ReplyDeletegan kalo kombinasi roller 9,5 gram standar mio dengan 8 gram standar x ride gimana? ditunggu ya update nya
ReplyDeleteGan, klw per cvt nya d ganti 1500 trs roller d gnti 9 gr boros gk bhan bakar nya?
ReplyDeleteThis comment has been removed by the author.
Deletepermisi gan numpang tanya, saya lgi pgen nyoba maen modif di bagian mesin nih, semua masih standard cuma filter udara aja udah di pindahin ke bagasi (nengok dari temen" x rider indonesia buat stelan offroad nya) nah kalo filter udara yang udh di pindahin gitu saya pgen nyoba ganti per cvt sma coba mainin roler nya jga kira" yg cocok pake roller brp gram ? apa pake yang 7gram rata ? thanks
ReplyDeleteAsalamualaikum gan
ReplyDeleteSaya mau berbagi pengalaman di skutik X ride saya.
Semenjak di service ko motor saya ga enak ya gan
Rasanya ada bunyi citcit gt sama getaran pas awal gas ..
Tapi saya penasaran
Saya ganti sama mangok kopling punya mio lawas dan alhamdulilah suara sma getaran ilang dan tarikan jadi lebih enteng.
Mantab om..
DeleteIjin simak ripiuw nya!
Coba gan roller di mix 6-10 ,
ReplyDeleteAku nunggu respon ini bang hehe
Deletegan mau tanya gan, kalau motor injeksi geter knapa ya?
ReplyDeleteGan kolo roller 6-7g di mix tambah per cvt 1500 rpm buat mioJ jadinya gimana?tambah ngacir apa gimana?
ReplyDeleteThis comment has been removed by the author.
ReplyDeleteBang,punya ane mix nouvo sama bawaan xride perfoma udah lumyan tpi kalo per cvt y dgnti yang rpm 1500 ngaruhya gmn,mksh
ReplyDeleteBang,punya ane mix nouvo sama bawaan xride perfoma udah lumyan tpi kalo per cvt y dgnti yang rpm 1500 ngaruhya gmn,mksh
ReplyDeletebang ane sekarang lagi seneng2nya rubah x ride ane.....untuk di pake advanture......ane pake roller 12gr.per cvt 1500.porting polist lubang in dan ex. kompresi di naikin sedikit. masih andalin seccer bawaan...nozel injector di ganti dengan new vixion 6 lubang......tanjakan mantap maz brow.......sayang schok belakang sering patah........saran schok belakang biar stabil pke apa gan.....
ReplyDeleteitu shock belakang ori x ride ? atau udah ditinggikan om?
DeleteYang pas roller berapa gram buat tanjakan/offroad yang bisa dipadukan per cvt 1500?
ReplyDeleteMenggunakan per cvt 1500rpm jadi berapa gram roller (buat ningkatin akselerasi dan top speed??? Mohon pencerahan.. Trims
ReplyDeleteMenggunakan per cvt 1500rpm jadi berapa gram roller (buat ningkatin akselerasi dan top speed??? Mohon pencerahan.. Trims
ReplyDeleteKyaknya per cvt 1500 pakek yg 8gr/9gr udah cakep om. Yg jd pertanyaan efisiensi BBM nya aja
DeleteROLER 7gram BRT, ring puley depan diantarany di ganti pny mio karbu agak tebal biar jd lbh kecil cvtny buat tanjakan biar cepat teriak rpmny, adopsi gaya drag race
ReplyDeletegan ane Mau Nanya Nii ,Klo Motor X-ride Ane Mau Lebih Ngacir Ganti Per Cvt Sama Kampas Ganda Racing Ukurab Brapa Sama Merk Appa,Roller Sudah Menggunakan 10Gram,Appa Roller Perlu Diganti Laggi,Klo Perlu Di Ganti Lagi Pake Ukuruan Roller Yg Brapa gram?
ReplyDeleteTerimakasih infonya sangat bermanfaat.. ane mengambil jalur tengah jadinya ganti per cvt CLD kompetisi 1500rpm dan Mio J roller 9,5gram rata. tarikkan bawah-tengah-atas semuanya mengisi, kecepatan 40-60-80 lewat pun masih enak digas nya. kalau udah dijalan bawaannya pengen ngegas terus. hehe :D
ReplyDeleteKonsumsi BBMnya gmna gan? Sbenernya per cvt 1500 rpm konsumsi bbm pda pmbkran lebih efisien atau bertambah bros karena top speed bertambah? Thanks mohon infonya
Deletesya juga xrider adventure..sya pkai roller kombinasi 6/9 dan semua spare part standar..tp tnaga motr saya lumayan buat libas jalur bukit tanah
ReplyDeleteBro jd yg cocok buat tanjakan Roller ukuran brpa bro?
ReplyDeleteklw untuk tanjakan pakai roller yg lebih ringan dari roller standar
DeleteMas Faizal Ribbyulloh tlong buat group d sosial media dong...biar saling berbagi ilmu.thanks :D
ReplyDeleteuntuk daerah yang banyak tanjakan, cocoknya
ReplyDelete- roller????
- per??????
pencerahan sekalian dengan merek dan type dan ukuran ya biar tak bungkus
Makasih atas impormasi tentang motor kutu lumpur sangat memuaskan
ReplyDeleteMakasih atas impormasi tentang motor kutu lumpur sangat memuaskan
ReplyDeleteMakasih atas impormasi tentang motor kutu lumpur sangat memuaskan
ReplyDeleteHaturnuhun infonya gan...sngt bermanfaat...
ReplyDeletegan kalo 7gram terus ane ganti pernya jadi 1500rpm kira"perubahannya apa ya?terus bisa gak ngangkat"ban depan?
ReplyDeleteRoller yang 7 gram mereknya apa mas ?
ReplyDeleteRoller yang 7 gram mereknya apa mas ?
ReplyDeleteRoller dan per cvt yg pas buat xride merk apa bang bro
ReplyDeleteXride Saya coba kombinasi roller TDR 7 gram + roller kawahara 11 gram tarikannya lebih dari cukup.
ReplyDeletetapi perbedaan berat yg lumayan jauh apa tidak ngaruh apa-apa pada mesin?
Gan ane mau nanya.. v-belt Motornya masih bawaan apa udh di ganti..? Mohon pencerahannya
ReplyDelete#masih_newbie.
Gan ane mau nanya.. v-belt Motornya masih bawaan apa udh di ganti..? Mohon pencerahannya
ReplyDelete#masih_newbie.
Bang lihat foto roller uk 7 sma kode nya ?
ReplyDeleteBang sepeda x-ride ane mau ane pasagin per cvt + roller ? Itu yg enak brp gr + per cvt nya dikasih brp rpm , ? Sama cantum kan brand nya :D
ReplyDelete#posisi masih standart
Bang itu review yg rooller 7 udah ganti an sma per cvt 1500 kah ?
ReplyDeleteGan kalau pake percvt sma roller 10 gram gimna
ReplyDeleteGan motor ane xride supaya tarikannya mantap buat track naik dan lurus harus pake roller brapa gram sama ganti apa aja.thxs
ReplyDeleteMaaf om mau nanya.
ReplyDeleteXride ane sdh BU.
Roller masih bawaan 8gr.
Per cvt masih bawaan pabrik.
Kl di tanjakan suka agak ngeden.
Biar di tanjakan engga ngeden dan enteng harus bagaimana om.
Mohon sarannya karena mau dipakai mudik.he he
Maaf om mau nanya.
ReplyDeleteXride ane sdh BU.
Roller masih bawaan 8gr.
Per cvt masih bawaan pabrik.
Kl di tanjakan suka agak ngeden.
Biar di tanjakan engga ngeden dan enteng harus bagaimana om.
Mohon sarannya karena mau dipakai mudik.he he
maaf om ane mau nanya, roller ane udh di ganti sama ukuran 8 gram dan 10 gram tapi tetep g ada tenaganya, apa panyebabnya om tolong kasih tau
ReplyDeleteOm saya sudah ganti per cvt 1500. Tp tinggi nya kok sama ya dengan yg std nya.
ReplyDeleteTrus roller 7gr BRT.
Tetapi rasa nya enakan pakai roller n per std. Mohon pencerahan ny om.
jadi mending 7gram atau 9gram gan?
ReplyDeleteKenapa shockbreaker blkg xride baru (tabung) kok keras ya? Ada solusi kah??
ReplyDeleteThis comment has been removed by the author.
ReplyDeleteGan, terimakasih info nya...
ReplyDeleteAda 1 lagi, kalau tips diatas ditambah lagi Ring Pulley nya pake Mio lama pengaruh ga? Sy diberi saran spt itu...
Sy liat memang ukuran ring nya jauh beda...tp belum dicoba..
Like it
ReplyDeleteX-ride ku....mentok di 70KPJ....track naek malah kedodoran...apa ya?....kebengkel gkda yg cocok terus
ReplyDeleteSaya mau ganti per cvt 1500rpm, ganti roller 7gr, sama ring pulley punya mio karbu.. Kira2 mantep ga ya.? Thanks
ReplyDeleteMas mau tanya, kl motor saya kan mio gt, saya mau pakai untuk wheelie lebih baik saya ganti roller yg berapa gr yh?
ReplyDeleteMohon infonya yh. Terima kasih
Gan ane pake roller 8gr, per cvt 1500rpm, per kanvas ganda otomatis 1500rpm, ko tarikan awal berat ya? Biar enteng tarikan bawah sm atas cocoknya gmn .. mohon pencerahan nya 😅
ReplyDeleteMotor ane honda beat tapi hehehe
DeleteCoba dong klo 5/9gram di mix bang
ReplyDeleteJika pingin kuat ditanjakan dan enteng di track datar..menggunakan roller berpa gan..
ReplyDelete