Sunday, July 6, 2014

GANTI PER CVT RACING 1500RPM YAMAHA X-RIDE


Untuk meningkatkan performa x-ride ada beberapa cara yang di lakukan selain bore up, yaitu dengan ubahan di area CVT, selain penggantian Roller bisa juga dilakukan mengganti Per CVT Standar menggunkan Per CVT Racing dengan ukuran yang berVariasi , kali ini saya mencoba ganti Per CVT Bawaan dengan menggunakan Produk dari Kawahara dengan ukuran 1500RPM yang saya beli kemaren dengan harga 85 ribu, konon katanya dengan mengganti per cvt ke ukuran 1500rpm ini mampu meningkatkan sedikit reposibilitas dari motor, tapi jika belum di coba pasti ga bakal kerasa perubahannya, oke kita langsung saja ke proses penggantian nya, Untuk penggantian Per CVT ini memiliki tingkat kesulitan yang lumayan Sulit, karena untuk proses ini di perlukan Kunci Khusus pembuka CVT tapi jika tidak punya seperti saya bisa menggunakan Kunci PIPA, atau harus rela Mur pengunci Per CVT di Tap agar mur terbuka. 


Langkah pertama yang harus di lakukan adalah membongkar CVT seperti postingan saya yang sebelumnya (buka) , pengerjaan di fokus kan ke area secondary Sheave tempat di mana  Per CVT Itu berada. Jika Area Secondary Sheave sudah terbuka dan kampas ototmatis dan per CVT Sudah terlapas, langsung aja ke proses penggantian nya, 


Per CVT Standar

Perbandingan Per CVT Standar dan Per CVT Racing terlihat per racing lebih tinggi


Secondary Sheave

Kampas Otomatis

Per Racing 1500rpm
Per Racing Sudah Terpasang


PENGUJIAN
**CATATAN PENTING
Perlu di ketahui mungkin pengujian saya ini akan berbeda dengan yang lain mengingat kondisi motor,track/kondisi jalan dan berat badan rider pun sangat berpengaruh kehasil uji coba. mengingat kondisi jalan di sukabumi itu jarang sekali track lurus lebih banyak tanjakan maka kemungkinan besar hasil yang di capai jika anda mencoba akan berbeda. 
pengujian ini saya lakukan dengan kondisi motor baru ganti Oli mesin, Filter udara menggunakan Filter udara Standar yang saya modif menggunakan busa (modifikasi Filter udara X-ride) , Bahan Bakar Pertamax, Berat badan 64kg, Ban Depan 80/80 ban Belakang 100/90, stelan CO standar . Kondisi Jalan sedikit track lurus lebih banyak tanjakan, 

PENGUJIAN DENGAN ROLLER STANDAR 8GRAM
Setalah semuanya terpasang kembali saatnnya melakukan ujicoba, uji coba pertama saya mempertahankan Roller Bawaan (8gram), pada saat uji coba terasa tarikan sedikit berbeda dari Sebelumnya Peningkatan tarikan sangat terasa, bukaan gas pertama untuk mencapai kecepatan dari 40kpj-60kpj terAsa sangat cepat dan dari 60-80kpj pun sama lebih respon dari sebelumnya, pengujian di lakukan di track lurus dengan jarak kira-kira 200meter, Selanjutnya saya uji lagi di track yang lebih panjang kira-kira 500meter dan tarikan pun sangat bagus, akslerasi meningkat dari seblumnya walupun jalan dalam keadaan sedikit ramai dengan mobil, Rx-robo mampu bermanufer dengan baik dan kecepatan maximal yang bisa di capai tadi di angka 90kpj, sbenernya bisa saja lebih dari 90kpj tapi karena kondisi jalan yang tidak kosong jadi saya hanya berani di kecepatan maximal 90kpj saja, dari hasil yang tadi saya coba dengan pengganti PEr CVT ini di rasakan akselerasi lebih mantap dari pada menggunkan Per standar

PENGUJIAN DENGAN ROLLER 6 Gram

Pengujian kedua saya lakukan dengan menggunkan Roller 6 gram Merk TDR rata, di Track yang sama, pada saat pegujian dari 0-40kpj terasa sangat cepat namun untuk mencapi 60kpj agak keteteran dan untuk mencapi angka 80 kpj pun aga sulit, menurut saya 6 gram dan per cvt 1500rpm kurang begitu cocok. 

UPDATE 17-4-2014
Pengujian Dengan Roller 7 Gram
Setelah mencoba berberapa Roller, akhirnya hari ini saya punya kesempatan untuk mecoba Roller 7gram untuk di ujicoba, Hasil yang di peroleh dengan menggunakan Roller 7 gram sangat memuaskan buat saya, dari tarikan awal motor sangat responsif, bukaan gas sedikit saja sangat enteng, sedikit buka gas langsung naik dari angka 20kpj-40kpj-60kpj sangat responsif itupun dengan jarak yang sangat kalau di kira-kira panjang track kurang dari 40meter, karena baru keluar dari gang masuk jalan raya betot gas langsung naik ke angka 60kpj, yang sebelumnya setelah menguji dengan Roller dari 6gram,8gram,8/10gram,9gram,9.5 gram dengan jarak sependek itu ga bisa naik di angka 60kpj, untuk naik lebih atas pun engga keteteran, masih jarak kurang dari 100meter motor udah bisa sampe angka 80kpj, dan gas pun belum full di tarik, begitu juga tadi dengan mencoba sedikit mengankat ban depan sedikit , di tarikan bawah , lumayan ban depan bisa ngangkat, ya walaupun suara dari CVT sedikit mendengung untuk tarikan awal, mungkin mesin masih penyesuaian, tapi suara mengdengung itu hilang, pada saat motor sudah berada di kecepatan 60 kpj di atas, So dengan uji coba kali ini menggunakan Roller 7gram menurut saya sangat memuaskan sekali


UPDATE
Pengujian Dengan Roller 9 Gram
Pengujian Roller 9 gram saya menggunakan Roller merk Kitaco, yang saya rasain setelah menggunakan Roller 9 gram, pada saat pegujian buka gas sedikit dari 0-20kpj terasa sangat responsif pada kecepatan ini motor terasa loncat apalagi pada saat melewati polisi tidur motor sedikit ngangkat ban depannya, sebelum ganti per cvt 1500rpm dan Roller ini motor saya tidak bisa "loncat-loncat" lumayan lah motor sedikit Standing, masuk ke kecepatan 40kpj-60kpj-80kpj pun lumayan cepat namun lewat dari itu terasa kurang ngisi tarikan atasnya , ini saya tes melalui jalan yang banyak tanjaknnya, dan juga tadi sempat di tes jajal track tanah, walaupun pake ban standar dengan kombinasi ini lebih enak karena tarikan bawahnya ngisi Track tanah pun bisa di lewati dengan mudah, berbeda sekali dengan menggunakan Roller dan per CVT Bawaan, Menurut saya Menggunakan Roller ini sangat Enak sekali, karena bawah nya lebih ngisi dari pada roller 8gr dan 6gr yang sebelumnya di Uji.




Update
Pengujian Dengan Roller 9.5 Gram
Pengujian Roller 9,5 gram saya menggunakan Roller Mio J, yang saya rasain setelah menggunakan Roller 9,5 hampir smsa dengan menggunakan Roller 9gram tidak ada perubahan yang signifikan di motor, hanya terasa lebih berisi saja pada saat tarik gas, apalagi pas tanjakan, sedikit lebih ngisi dari pada roller 9gram

Pengujian Dengan Roller 8/10 Gram
Pengujian Roller 8/10gram, Seperti postingan yang sbelumnya yang pernah bahas mix roller 8/10 gram, motor lebih responsif, jarak kurang dari 20 meter saja kecepatan motor sudah naik di angka 60kpj , tarikan bawah sama tengah nya ngisi, cuman namanya roller di mix, ada sedikit Vibrasi kecil  di tarikan awal dan hilang sendirinya begitu motor jalan. tapi tetap saja ga senyaman pada saat menggunakan Roller 9 gram.

Update 20-07-2014
Pengujian Dengan Roller 7/9 Gram
Setelah kemaren puas dengan pengujian Roller 7gram rata, kali ini saya melakukan kembali Uji coba dengan menggunakan Roller kombinasi 7gram/9gram , pengujian dengan kombinasi ini yang saya dapet dari tarikan bawah emang tidak begitu responsif dari pada Roller 7gram , untuk dapet tarikan sampe 20kpj-40kpj Slow but sure, tapi begitu naik di atas 40kpj mulai teras berbeda dari Roller yang udah di Ujicoba sebelumnya, kali ini yang saya rasakan Tarikan Tengah nya mulai terisi, dari angka 40kpj-60kpj-80kpj dst nya sangat mulus sekali dan ga butuh waktu lama, Roller yang sudah saya ujicoba sebelumnya rata-rata responsif di tarikan bawah dan tengah saja, untuk roller 7/9gram ini sedikit berbeda bawahnya tidak terlalu bagus, tapi untuk tarikan tengah dan atas nya terasa lebih bagus dari sebelumnya, dari angka 40-80kpj sangat cepat, saya rasakan. kesimpulanya kalau mau cari tarikan tengah dan atas bisa coba kombinasi roller ini, oh iya kombinasi roller ini sama sekali tidak menimbulkan Vibrasi kalau sebelumnya pada saat menggunakan Roller 8/10 ada sedikit Vibarsi untuk roller ini saya rasakan tidak ada Vibrasi sama sekali

**Catatan Kecil
dalam pengujian Semua Roller ini pun saya  melakukan beberapa kali penggantian Filter Udara dari yang After market Merk F dan filter Modifikasi busa, dan dari yang saya rasakan Tarikan paling enak hanya saya temukan di Filter Modifkasi busa, dari pada menggunakan Filter After market tersebut, nafas motor tersa lebih baik, dan ke tenaga pun sangat bagus,

NANTIKAN UPDATE - UPDATE SELANJUTNYA DI JALUR OFFROAD



Roller untuk Uji Coba 






76 comments:

  1. Maaf a' saya mau tanya
    Apa bener shookbreaker bawaan x-ride rentan patah ?
    Mhon pencerahaannya
    Nuhun

    ReplyDelete
    Replies
    1. ga bnr itu, punya ane aja sering di pake Offroad Alhamdullilah masih kuat,

      Delete
  2. jadi yang paling cocok untuk jalan tanjakan pake roller 9 gram ya gan?

    ReplyDelete
  3. kalau boleh tau untuk penggantian roller,rumah roller dan kampas kopling'y perKM berapa ya ???maap ane newbi gan..
    salam
    sobari E021
    XYI Indramayu Region

    ReplyDelete
  4. Gan, kalo pake kombinasi roller 8/12 dgn per cvt 1500rpm gimana tarikannya?
    Mohon balasan yah..

    ReplyDelete
  5. klo ganti per cvt saja tanpa pergantian roller...ini sudah cukup berasa gak dibanding standar?

    ReplyDelete
  6. om, maaf nih sdikit mlenceng... motor ane mio sporty. klo dipasang per cvt + roller 7/9gram apa sama aja dengan kondisi xride.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama aja gan sama xride
      Menurut pengalaman saya .

      Delete
  7. mas kalo cuma ganti roller 7kg tapi engga ganti per ctv jadinya apa mas?
    kalo mau ganti roller 7kg gausah di kombinasikan ya mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau roller 7 kilo, bisa bahaya banget gan. malahan jangan dicoba. kalo 7 Gram itu baru bagus.. ehehehe

      Delete
    2. haaahaa iya masa 7kilo, 7kilo dikali 6 roller udah 42kilo gan, udah hampir kaya bawa semen, hehee

      Delete
  8. Mas kalo per cvtny di ganti pake punya mio sporty bisa Ngga?
    dsnii ngga ada jual per cvt mio injection soalny

    Thanks

    ReplyDelete
  9. kalo tanpa ganti filter udara pake busa/masih standar bawaan pabrik apakah ada peningkatan tenaga..?

    ReplyDelete
  10. mantap om!!!! sangat membantu,. saya pake kombinasi 7/9 dan hasilnya lumayan daripada rata 7gr,. Thx ilmunya,, :D

    ReplyDelete
  11. gan,,pake cvt racing 1500rpm beat bukan mio injektor masalah gak ?

    ReplyDelete
  12. Om,, kalo per cvt racingnya xride sama kaya skuti apa ya?

    ReplyDelete
  13. gan kalo kombinasi roller 9,5 gram standar mio dengan 8 gram standar x ride gimana? ditunggu ya update nya

    ReplyDelete
  14. Gan, klw per cvt nya d ganti 1500 trs roller d gnti 9 gr boros gk bhan bakar nya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
  15. permisi gan numpang tanya, saya lgi pgen nyoba maen modif di bagian mesin nih, semua masih standard cuma filter udara aja udah di pindahin ke bagasi (nengok dari temen" x rider indonesia buat stelan offroad nya) nah kalo filter udara yang udh di pindahin gitu saya pgen nyoba ganti per cvt sma coba mainin roler nya jga kira" yg cocok pake roller brp gram ? apa pake yang 7gram rata ? thanks

    ReplyDelete
  16. Asalamualaikum gan
    Saya mau berbagi pengalaman di skutik X ride saya.
    Semenjak di service ko motor saya ga enak ya gan
    Rasanya ada bunyi citcit gt sama getaran pas awal gas ..
    Tapi saya penasaran
    Saya ganti sama mangok kopling punya mio lawas dan alhamdulilah suara sma getaran ilang dan tarikan jadi lebih enteng.

    ReplyDelete
  17. Coba gan roller di mix 6-10 ,

    ReplyDelete
  18. gan mau tanya gan, kalau motor injeksi geter knapa ya?

    ReplyDelete
  19. Gan kolo roller 6-7g di mix tambah per cvt 1500 rpm buat mioJ jadinya gimana?tambah ngacir apa gimana?

    ReplyDelete
  20. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  21. Bang,punya ane mix nouvo sama bawaan xride perfoma udah lumyan tpi kalo per cvt y dgnti yang rpm 1500 ngaruhya gmn,mksh

    ReplyDelete
  22. Bang,punya ane mix nouvo sama bawaan xride perfoma udah lumyan tpi kalo per cvt y dgnti yang rpm 1500 ngaruhya gmn,mksh

    ReplyDelete
  23. bang ane sekarang lagi seneng2nya rubah x ride ane.....untuk di pake advanture......ane pake roller 12gr.per cvt 1500.porting polist lubang in dan ex. kompresi di naikin sedikit. masih andalin seccer bawaan...nozel injector di ganti dengan new vixion 6 lubang......tanjakan mantap maz brow.......sayang schok belakang sering patah........saran schok belakang biar stabil pke apa gan.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu shock belakang ori x ride ? atau udah ditinggikan om?

      Delete
  24. Yang pas roller berapa gram buat tanjakan/offroad yang bisa dipadukan per cvt 1500?

    ReplyDelete
  25. Menggunakan per cvt 1500rpm jadi berapa gram roller (buat ningkatin akselerasi dan top speed??? Mohon pencerahan.. Trims

    ReplyDelete
  26. Menggunakan per cvt 1500rpm jadi berapa gram roller (buat ningkatin akselerasi dan top speed??? Mohon pencerahan.. Trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kyaknya per cvt 1500 pakek yg 8gr/9gr udah cakep om. Yg jd pertanyaan efisiensi BBM nya aja

      Delete
  27. ROLER 7gram BRT, ring puley depan diantarany di ganti pny mio karbu agak tebal biar jd lbh kecil cvtny buat tanjakan biar cepat teriak rpmny, adopsi gaya drag race

    ReplyDelete
  28. gan ane Mau Nanya Nii ,Klo Motor X-ride Ane Mau Lebih Ngacir Ganti Per Cvt Sama Kampas Ganda Racing Ukurab Brapa Sama Merk Appa,Roller Sudah Menggunakan 10Gram,Appa Roller Perlu Diganti Laggi,Klo Perlu Di Ganti Lagi Pake Ukuruan Roller Yg Brapa gram?

    ReplyDelete
  29. Terimakasih infonya sangat bermanfaat.. ane mengambil jalur tengah jadinya ganti per cvt CLD kompetisi 1500rpm dan Mio J roller 9,5gram rata. tarikkan bawah-tengah-atas semuanya mengisi, kecepatan 40-60-80 lewat pun masih enak digas nya. kalau udah dijalan bawaannya pengen ngegas terus. hehe :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Konsumsi BBMnya gmna gan? Sbenernya per cvt 1500 rpm konsumsi bbm pda pmbkran lebih efisien atau bertambah bros karena top speed bertambah? Thanks mohon infonya

      Delete
  30. sya juga xrider adventure..sya pkai roller kombinasi 6/9 dan semua spare part standar..tp tnaga motr saya lumayan buat libas jalur bukit tanah

    ReplyDelete
  31. Bro jd yg cocok buat tanjakan Roller ukuran brpa bro?

    ReplyDelete
    Replies
    1. klw untuk tanjakan pakai roller yg lebih ringan dari roller standar

      Delete
  32. Mas Faizal Ribbyulloh tlong buat group d sosial media dong...biar saling berbagi ilmu.thanks :D

    ReplyDelete
  33. untuk daerah yang banyak tanjakan, cocoknya
    - roller????
    - per??????
    pencerahan sekalian dengan merek dan type dan ukuran ya biar tak bungkus

    ReplyDelete
  34. Makasih atas impormasi tentang motor kutu lumpur sangat memuaskan

    ReplyDelete
  35. Makasih atas impormasi tentang motor kutu lumpur sangat memuaskan

    ReplyDelete
  36. Makasih atas impormasi tentang motor kutu lumpur sangat memuaskan

    ReplyDelete
  37. Haturnuhun infonya gan...sngt bermanfaat...

    ReplyDelete
  38. gan kalo 7gram terus ane ganti pernya jadi 1500rpm kira"perubahannya apa ya?terus bisa gak ngangkat"ban depan?

    ReplyDelete
  39. Roller yang 7 gram mereknya apa mas ?

    ReplyDelete
  40. Roller yang 7 gram mereknya apa mas ?

    ReplyDelete
  41. Roller dan per cvt yg pas buat xride merk apa bang bro

    ReplyDelete
  42. Xride Saya coba kombinasi roller TDR 7 gram + roller kawahara 11 gram tarikannya lebih dari cukup.
    tapi perbedaan berat yg lumayan jauh apa tidak ngaruh apa-apa pada mesin?

    ReplyDelete
  43. Gan ane mau nanya.. v-belt Motornya masih bawaan apa udh di ganti..? Mohon pencerahannya
    #masih_newbie.

    ReplyDelete
  44. Gan ane mau nanya.. v-belt Motornya masih bawaan apa udh di ganti..? Mohon pencerahannya
    #masih_newbie.

    ReplyDelete
  45. Bang lihat foto roller uk 7 sma kode nya ?

    ReplyDelete
  46. Bang sepeda x-ride ane mau ane pasagin per cvt + roller ? Itu yg enak brp gr + per cvt nya dikasih brp rpm , ? Sama cantum kan brand nya :D
    #posisi masih standart

    ReplyDelete
  47. Bang itu review yg rooller 7 udah ganti an sma per cvt 1500 kah ?

    ReplyDelete
  48. Gan kalau pake percvt sma roller 10 gram gimna

    ReplyDelete
  49. Gan motor ane xride supaya tarikannya mantap buat track naik dan lurus harus pake roller brapa gram sama ganti apa aja.thxs

    ReplyDelete
  50. Maaf om mau nanya.
    Xride ane sdh BU.
    Roller masih bawaan 8gr.
    Per cvt masih bawaan pabrik.
    Kl di tanjakan suka agak ngeden.
    Biar di tanjakan engga ngeden dan enteng harus bagaimana om.
    Mohon sarannya karena mau dipakai mudik.he he

    ReplyDelete
  51. Maaf om mau nanya.
    Xride ane sdh BU.
    Roller masih bawaan 8gr.
    Per cvt masih bawaan pabrik.
    Kl di tanjakan suka agak ngeden.
    Biar di tanjakan engga ngeden dan enteng harus bagaimana om.
    Mohon sarannya karena mau dipakai mudik.he he

    ReplyDelete
  52. maaf om ane mau nanya, roller ane udh di ganti sama ukuran 8 gram dan 10 gram tapi tetep g ada tenaganya, apa panyebabnya om tolong kasih tau

    ReplyDelete
  53. Om saya sudah ganti per cvt 1500. Tp tinggi nya kok sama ya dengan yg std nya.
    Trus roller 7gr BRT.
    Tetapi rasa nya enakan pakai roller n per std. Mohon pencerahan ny om.

    ReplyDelete
  54. jadi mending 7gram atau 9gram gan?

    ReplyDelete
  55. Kenapa shockbreaker blkg xride baru (tabung) kok keras ya? Ada solusi kah??

    ReplyDelete
  56. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  57. Gan, terimakasih info nya...
    Ada 1 lagi, kalau tips diatas ditambah lagi Ring Pulley nya pake Mio lama pengaruh ga? Sy diberi saran spt itu...
    Sy liat memang ukuran ring nya jauh beda...tp belum dicoba..

    ReplyDelete
  58. X-ride ku....mentok di 70KPJ....track naek malah kedodoran...apa ya?....kebengkel gkda yg cocok terus

    ReplyDelete
  59. Saya mau ganti per cvt 1500rpm, ganti roller 7gr, sama ring pulley punya mio karbu.. Kira2 mantep ga ya.? Thanks

    ReplyDelete
  60. Mas mau tanya, kl motor saya kan mio gt, saya mau pakai untuk wheelie lebih baik saya ganti roller yg berapa gr yh?
    Mohon infonya yh. Terima kasih

    ReplyDelete
  61. Gan ane pake roller 8gr, per cvt 1500rpm, per kanvas ganda otomatis 1500rpm, ko tarikan awal berat ya? Biar enteng tarikan bawah sm atas cocoknya gmn .. mohon pencerahan nya 😅

    ReplyDelete
  62. Coba dong klo 5/9gram di mix bang

    ReplyDelete
  63. Jika pingin kuat ditanjakan dan enteng di track datar..menggunakan roller berpa gan..

    ReplyDelete